5 Contoh Bisnis Model Canvas (BMC) Makanan [Lengkap]

5 Contoh Bisnis Model Canvas (BMC) Makanan

Business plan merupakan hal penting yang wajib di miliki ketika ingin memulai bisnis. Salah satu metodenya yaitu menggunakan bisnis model canvas makanan.

Apa sih bisnis model canvas? Lalu apa saja elemen yang di butuhkan untuk memulai bisnis dengan model ini? lalu apa saja contoh bisnis model canvas makanan?

Yuk, simak artikel ini sampai akhir agar kamu memahami dan mengetahui jawabannya. Karena akan di bahas lengkap di sini.

Mengenal Bisnis Model Canvas

Sebelum beranjak ke contohnya langkah baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa itu bisnis model canvas. Jadi bisnis model canvas ini adalah strategi pengelolaan bisnis dengan melibatkan desain dan gambar.

Setelah itu, desain dan gambar tersebut dikerucutkan menjadi beberapa aspek bisnis yang menjadi suatu strategi bisnis utuh yang mudah untuk di pahami.

Metode ini sangat sederhana di bandingkan dengan model bisnis lain pada umumnya. Dengan model bisnis canvas kamu bisa memetakan alur strategi bisnis lebih efektif. Dan bertujuan untuk memudahkan pemilik usaha dalam menjalankan bisnis.

Elemen Bisnis Model Canvas

Dalam membuat rangkaian contoh bisnis model canvas makanan kamu perlu mengetahui terlebih dahulu elemen bisnis model tersebut.

Apa saja elemennya? Di bawah ini akan di jelaskan elemen apa saja yang terdapat dalam bisnis model canvas.

  1. Costumer segments (segmentasi konsumen)
  2. Value Proposition (Posisi nilai konsumen)
  3. Channels (saluran)
  4. Revenue Streams (sumber pendapatan)
  5. Key Resource (sumber daya)
  6. Costumer Realationship (hubungan konsumen)
  7. Elemen Key Activities ( Aktivitas yang dijalankan)
  8. Key Partnership (kerja sama)
  9. Cost Structure (struktur biaya)

Contoh Bisnis Model Canvas Makanan

Berikut adalah salah satu contoh bisnis model canvas makanan apa saja yang harus di tentukan berdasarkan elemen di atas agar semakin paham, diantaranya adalah:

1. Nama Produk Bisnis

Nama produk yang menggunakan model canvas contohnya Salad Wrap Maknyos.

2. Costumer Segments

Jadi segmentasi konsumen nya yaitu para karyawan dan mahasiswa di sekitar tempat penjualan yang sedang menjalankan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat.

3. Value Proportion

Posisi penilaian konsumen yang bisa kamu gunakan yaitu bahwa Salad Wrap Maknyos ini menggunakan bahan-bahan alami semua bumbu menggunakan bumbu homemade dan pilihan sayur dan buah yang segar tanpa bahan pengawet atau pestisida.

4. Channels

Dan saluran yang digunakan dalam bisnis ini yaitu promosi menggunakan sosial media khususnya instagram dan aplikasi pesan antar Gofood atau Grab.

5. Key Resoerce

Sumber daya agar salad ini dapat beroperasi yaitu kulkas, pemanggang, kompor, mesin kasir dan Moka Pos untuk menerima pesanan.

6. Revenue Streams

Pemasukan utama dari Salad Wrap Maknyos ini yaitu adalah menu salad yang di sediakan dan penjualan ofline serta online.

7. Costumer Realatioship

Salad Wrap Maknyos ini menggunakan sosial media berkoneksi dengan para pelanggan dan akan menyediakan beberapa promo menarik untuk menjawab tips diet apa saja bagi pelanggan kita.

8. Key Aktivities

Sejumlah proses yang penting adalah memasak bahaan makanan untuk toping salad dan isinya. Menyetok buah yang segar dan tidak basi dan mengantar makanan antar lewat pesanan online.

9. Key Partnership

Salad Maknyos ini bekerjasama dengan pihak lain sebagai pemasok tortilla, daging, sayur sayuran, minyak goreng. Salad Maknyos ini juga bekerjasama dengan ahli nutrisi untuk menyediakan menu spesifik yang sedang diet.

10. Cost Structure

Pengeluaran biaya seperti ruko listrik dan internet dalam sebulan di kurangi dengan biaya pengeluaran. Salad Maknyos masih mempunyai keuntungan sekitar 3,5 juta.

Contoh Perusahaan Makanan yang Menjalankan Bisnis Model Canvas

Berikut merupakan contoh perusahaan makanan yang menjalankan bisnis model canvas makanan, diantaranya adalah:

1. Salad Wrap SCBD

Perusahaan pertama yang menggunakan model canvas yaitu Salad Wrap SCBD dimana kelebihan dari salad ini yaitu sangat di sukai bagi pecinta makanan sehat, memiliki banyak varian, dan rasa yang enak.

2. Korean Steet Food

Perusahaan ini menyediakan berbagai makanan khas dari negara gingseng yaitu Korea. Bagi kalian pecinta makanan Korea sebaiknya coba beberapa varian di perusahaan ini.

3. Raja Makaroni

Selanjutnya perusahaan yang menggunakan bisnis model canvas adalah raja makaroni. Makanan ini memiliki rasa yang khas yaitu pedas dan gurih bagi pecinta pedas pastinya akan suka dan berbagai varian rasa lainnya.

4. Yummy Burgers

Yumy Burgers merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan model canvas. Yummy Burger ini memiliki kelebihan dengan rasa yang enak dan harga yang terjangkau serta mudah di pesan.

5. Ayam Geprek Mantap

Terakhir ada makanan ayam geprek mantap ayam gorek dengan bumbu geprek ini bisa kamu coba mulai dari porsi Rp.15.000,- saja. dan perusahaan ini juga menerapkan model canvas dalam penjualannya.

Akhir Kata

Nah, itu dia penjelasan saya mengenai contoh bisnis model canvas makanan. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Walau tidak lulus dengan predikat cumlaude, gini-gini saya adalah lulusan manajemen bisnis. Walau pada akhirnya hanya saya curahkan ke dalam tulisan saja pengetahuannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: