
Promosi bisnis secara online menjadi trend saat ini. Bahkan hal ini dilakukan oleh perusahaan kecil hingga besar. Sebagai pebisnis baru, kita harus tahu dulu kelebihan dan kekurangan media promosi online ini sebelum ikut nyemplung kesana.
Karena kita belum tahu apakah strategi promosi bisnis secara online ini wort it bagi bisnis kita atau tidak.
Selain butuh modal yang tidak sedikit, promosi secara online juga butuh strategi yang matang. Pesaing bisnis kita sudah ada di sana yang siap berperang dengan bisnis kita.
Dengan adanya internet yang berkembang hingga saat ini, hampir semua orang mengaksesnya.
Tak terkecuali kita sebagai pelaku usaha, salah satu cara memanfaatkan internet yaitu dengan menggunakan metode promosi online.
Pemasaran online atau promosi online saat ini menjadi salah satu cara yang paling potensial.
Dengan kita mempromosikan produk kita di berbagai platform online akan memudahkan kita untuk meluaskan serta meningkatkan pemasaran untuk brand dan produk kita.
Menggunakan internet untuk mempromosikan suatu brand atau produk sangatlah potensial. Dikarenakan cakupan internet ini luas, maka kita dapat mempromosikan produk kita kepada pelanggan atau wilayah yang sudah diperkirakan seberapa besar potensialnya.
Maksud dari melintasi batas geografis disini yaitu dengan internet kita dapat memasang atau menempatkan iklan dari brand atau produk kita pada wilayah lain. Contohnya kita memasang iklan dari brand kita untuk dinegara Singapore dengan tujuan meluaskan promosi.
Ketika kita mengiklankan ataupun promosi diinternet, biaya yang kita keluarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan metode promosi secara langsung. Dengan begitu kita harus memanfaatkan semaksimal mungkin untuk mengenalkan produk kita lebih luas.
Apabila kita mendaftarkan brand atau toko kita disuatu platform jual beli online dengan begitu memungkinkan kita terhubung dengan konsumen selama 24 jam. Jika kita menerapkan diskon, maka kita dapat memberi tahu konsumen kita dengan cara mengirimkan email.
Online marketing ini sangat memudahkan kita untuk bersosialisasi dengan konsumen atau pelanggan. Dengan begini kita lebih mudah untuk menanggapi dan menerima saran serta kritikan dari konsumen agar masukan tersebut menjadi bahan evaluasi untuk bisnis kita.
Pemasaran secara online pun dapat menghemat waktu kita sebagai produsen dan pelanggan sebagai konsumen. Maka setiap orang dapat mendapatkan informasi secara cepat dan tepat untuk membeli serta menanyakan akan keterangan suatu produk.
Tersedia setiap waktu disini adalah bisnis atau toko yang kita jalankan diplatform jual beli online dapat tersedia selalu bahkan 24 jam. Dengan begitu kita pun dapat meningkatkan kinerja terhadap konsumen serta penjualan dan keuntungan pun ikut meningkat.
Terdapat perbedaan mendasar dari sisi harga yang ditawarkan ditoko online. Harga yang ditetapkan ditoko online cenderung lebih murah, dikarenakan barang yang dijual merupakan barang transaksi hanya dari dua pihak ataupun langsung dari produsen itu sendiri.
Begitu pun halnya dengan batas geografis, waktu dalam mengiklankan produk yang kita jual pun tidak ada batas waktunya atau fleksibel. Baik itu pagi, siang atapun malam, kita juga bisa memasang iklan diberbagai platform online marketplace .
Nilai tambah dari marketing online ini iklan akan terukur serta teratur. Data yang dihasilkan dari iklan dapat kita lihat untuk membantu kita dalam mengevaluasi, mempertimbangkan dan, menentukan strategi promosi atau marketing yang lebih baik kedepannya untuk bisnis kita.
Belum banyak yang tahu bahwa disamping banyaknya kelebihan dalam media promosi online.
Namun ternyata, banyak juga kekurangan media promosi online. Beberapa cara yang kurang sesuai pun menjadi salah satu faktor kurangnya media promosi online.
Karena pada dasarnya niat dan tekad kita sendiri juga yang menentukan serta menguatkan jalannya dalam menekuni usaha atau bisnis yang kita jalani.
Jangkauan dari promosi online memanglah luas, tapi biaya awal untuk mendaftarkan toko atau akun kita disebuah situs memerlukan biaya yang lumayan tinggi. Serta diperlukan biaya pemeliharaan perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
Masih banyak pula orang-orang yang menyukai belanja secara langsung atau membeli barang secara offline. Dikarenakan membeli secara langsung kita dapat memeriksa barang yang akan dibeli dan menghindari dari salahnya ukuran atau warna barang pesanan.
Meskipun majunya perkembangan internet sangat pesat tetapi tidak menutupi kemungkinan masih banyak orang yang sulit mengakses internet. Bisa saja dikarenakan pembagian atau penempatan menara sinyal yang belum merata diberbagai daerah sulit dijangkau.
Aturan perubahan media online yang terus berkembang dalam pemasaran atau promosi online. Yang dimana itu semua sangat membutuhkan perhatian dan pemantauan secara konstan. Dikarenakan media online sangatlah cepat perkembangannya.
Dengan banyaknya situs ataupun website non-resmi serta mengatas namakan perusahaan jual beli online. Salah satunya dengan Spamming yang menjadi tantangan terbesar bagi pemasaran online karena data-data rahasia pun rawan dan mudah untuk diretas.
Dalam metode pemasaran online, disini tidak ada sentuhan antara penjual dan pembeli saat transaksi jual beli berlangsung. Tentu saja hal ini dapat menghambat prospek dalam membangun hubungan yang penting dalam kegiatan jual beli.
Maka dari itu, kita sebagai penjual harus bisa menjaga hubungan baik dengan para konsumen. Agar konsumen pun berkesan senang serta merasakan aman saat berbelanja di toko online kita.
Media pemasaran online sangat bergantung dengan teknologi menjadikannya rentan terhadap kesalahan-kesalahan teknis. Dengan begitu kita pun harus selalu teliti dalam mengelola toko online kita sehingga dapat mengantisipasi dalam kesalahan yang bisa terjadi.
Kegiatan secara online ini sangatlah bergantung pada kecanggihan teknologi yang saat ini berkembang. Maka sangat banyak resiko yang dapat muncul contohnya seperti kesalahan teknis, error server, gangguan dari marketplace sehingga tidak dapat diakses.
Begitu banyaknya pesanan barang yang diorder maka akan mudah membuat kita lengah dalam menyesuaikan barang yang dipesan oleh konsumen. Dengan begitu kita harus ekstra jeli dalam memisahkan barang yang sesuai dengan pesanan konsumen.
Selain ketidak sesuaian barang yang dipesan, kita juga harus mengantisipasi dalam kesalahan pengiriman barang. Salah satu kesalahan yang sering terjadi ini bisa saja dikarenakan oleh konsumen yang salah dalam memberikan alamat jelasnya.
Seorang penulis konten bisnis dan financial yang sudah aktif sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini.