[Panduan] Cara Membuat Rekening Atas Nama Toko

Memiliki rekening atas nama perusahaan atau toko dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Terutama, bagi Anda yang berkecimpung dalam bisnis online. Sebelum memulai usaha, sebaiknya pahami cara membuat rekening atas nama toko.

Syarat Membuat Rekening Atas Nama Toko

Dokumen administrasi valid bukan data orang lain karena setiap bank akan meminta data berikut ini:

  • KTP/KITAS(WNA), SIM, Paspor
  • TDP
  • NPWP
  • Membayar setoran awal
  • SIUP
  • Akta perizinan
  • Surat kuasa

Cara Membuat Rekening Atas Nama Toko

Membuat rekening atas nama toko itu tidaklah sulit. Anda bisa membuatnya melalui beberapa langkah berikut:

1. Rekening Bank BCA Bisnis

Salah satu layanan bank BCA untuk bisnis adalah BCA Giro. Untuk membuat rekening usaha ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi pemilik toko. Pemilik usaha tidak masuk ke dalam daftar hitam BI.

Selain itu data administrasi yang harus disiapkan di antaranya identitas pemilik usaha, pas photo, TDP, SIUP, Akta Perusahaan, surat referensi, anggaran dasar dan NPWP.

Biasanya bank akan mengatur minimal biaya setoran, yaitu pendapatan awal minimum 1.000.000. Pemilik toko wajib membayar biaya admin senilai Rp. 30.000- 40.000 berdasarkan jenis kartu.

2. Rekening Bank Mandiri Bisnis

Syarat daftar rekening toko via bank Mandiri tidak ada bedanya dengan bank lain. Penggunaannya atas nama toko dapat menunjukkan cash management yang sesuai. Selain itu, pengusaha bisa transaksi via cash deposit machine hingga 100 juta perhari.

Khusus nasabah perorangan siapkan dokumen pendukung untuk membuka rekening seperti KTP, SIM, atau Paspor serta tambahkan surat izin usaha. Khusus WNA yang membuka usaha di Indonesia, gunakan KITAS atau KITAP untuk mendaftarkan akun bank.

Apabila usaha sudah menjadi lembaga besar seperti yayasan, PT, Firma, CV, hingga koperasi terdapat perbedaan syarat. Nasabah harus mempersiapkan NPWP, anggaran dasar, surat kuasa, bukti identitas yang memberi kuasa dan penerima kuasa, serta akta pendirian.

3. Rekening Bank BNI bisnis

Ada 2 program yang disediakan BNI untuk mendukung usaha rakyat yaitu Taplus perorangan dan Taplus non-perorangan.

Khusus nasabah perorangan, calon nasabah mendaftar di cabang BNI sesuai domisili KTP, bila Anda domisili di kota lain lampirkan surat domisili.

Minimal setoran awal serta saldo setiap bulan Rp. 1000.000. Anda bisa membuka rekening usaha sebagai wiraswasta, pegawai swasta, PNS, dan perorangan.

Setiap badan usaha seperti PT, CV, firma, koperasi dan instansi dapat memilih taplus non perorangan.

Syaratnya sangat mudah yaitu memiliki surat kuasa pengelolaan akun bank, surat bukti dari pengurus, izin usaha, NPWP, SITU, dll.

4. Rekening Bank BRI bisnis

Syarat membuka tabungan Britama bisnis sama dengan bank lainnya. Dokumen administrasi baik usaha perorangan maupun lembaga non- perorangan harus melengkapi data asli.

Minimal setoran awal pun senilai Rp 1.000.000. Untuk mempercepat proses pendaftaran pastikan data yang dibutuhkan sudah sesuai.

5. Rekening Bank CIMB NIAGA

CIMB Niaga menyediakan layanan giro untuk transaksi badan usaha perorangan maupun non-perorangan.

Bila syarat dokumen yang diminta sudah sesuai dalam sehari pendaftaran selesai diproses.

Setoran awal lebih murah yaitu Rp 500.000 sedangkan saldo minimum hanya Rp 100.000, bahkan biaya administrasi bulanan hanya 20.000.

Keuntungan Membuat Rekening Atas Nama Toko

Bank memiliki fitur yang menguntungkan pemilik usaha kecil maupun besar salah satunya pengelolaan uang.

Meski usaha baru skala UMKM, memiliki rekening atas nama perusahaan mempermudah pengguna mengontrol pengeluaran dan pendapatan.

Setelah cash management teratur, Anda dapat mencari solusi terbaik untuk menjalankan bisnis. 

Dengan memahami cara membuat rekening atas nama toko, penjualan produk serta usaha yang dikelola bisa maju.