Seperti Ini Cara Menghitung Engagement Rate dengan Tepat!

Seperti ini cara menghitung engagement rate dengan tepat!

Saat ini media sosial sudah menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan. Hampir setiap orang menggunakannya sebagai sarana berkomunikasi, belajar, bahkan hingga berbisnis. Bagi kamu yang menggunakan platform Instagram sebagai keperluan bisnis sangat perlu mengetahui cara menghitung engagement rate.

Sudah tahu apa itu engagement rate? Atau merasa baru kali ini mendengar tentang hal tersebut? Tenang, berikut ulasan lengkap mengenai engagement rate. Perhatikan ulasannya agar kamu tidak salah mengerti dan bisa tahu cara menghitungnya dengan tepat.

Apa Sih Engagement Rate itu?

Instagram adalah platform yang banyak penggunanya, baik untuk bersosialisasi maupun lainnya. Namun, platform satu ini tidak memiliki fitur khusus untuk mempermudah menghitung engagement rate. Kamu jadi harus menghitungnya secara manual.

Namun, sebelum membahas cara menghitungnya, kamu harus paham dulu apa sebenarnya engagement rate itu. Engagement rate  adalah suatu data penting bagi pelaku bisnis, di mana merupakan suatu matriks guna menentukan sebaik apa konten yang telah kamu buat. Apa sudah cukup menarik audience ataukah belum?

Baik itu konten dalam wujud foto, video, maupun reels Instagram. Semakin besar nilai engagement rate akan semakin meningkatkan kualitas dari akun kamu, baik dari sisi pengguna hingga klien. Kamu bisa menggunakan data engagement rate sebagai bekal memilih campaign yang tepat sesuai kebutuhan followers.

Mudah, Inilah Cara Menghitung Engagement Rate

Nah, setelah kamu memahami apa sih engagement rate dan seperti apa kegunaannya, kamu wajib tahu cara menghitungnya. Agar kedepannya kamu bisa mengetahui seberapa besar angka engagement rate dari akun kamu. Dan kamu pun bisa mengetahui apa saja yang menarik perhatian pengunjung.

Agar tidak berlama-lama, perhatikanlah penjelasan berikut. Semoga bisa bermanfaat dan kamu gunakan dengan bijak cara yang ada pada ulasan ini!

Menghitung engagement rate sebenarnya tidak hanya bisa dengan cara manual. Kamu juga bisa menggunakan website khusus untuk melakukannya. Untuk kamu yang ingin menghitung secara manual bisa memperhatikan langkah-langkah berikut:

  1. Membuka “Professional Dashboard” pada akun Instagram.
  2. Setelah muncul beberapa opsi, pilih opsi “See all”.
  3. Lanjut dengan memilih opsi “Last 30 Days”.
  4. Setelahnya, kamu akan disuguhkan jumlah “Account Reached” dari akun Instagram kamu.
  5. Untuk mengetahui nilai engagement rate dari akun tersebut, kamu bisa membagi angka account reached dengan angka account engaged yang juga ditampilkan pada opsi “Last 30 Days” dan kalikan dengan angka 100.
  6. Contohnya kamu memiliki 500 account reached dan sebanyak 1500 account engaged. Maka kamu bisa menghitungnya seperti ini: 500/1500 x 100 = 33,3% angka engagement rate dari akun kamu.

Sudah Tahu Cara Menghitung Engagement Rate?

Nah, itulah ulasan mengenai cara menghitung engagement rate secara manual. Kamu bisa menggunakannya atau coba menggunakan website dengan tool menghitung engagement rate. Jika perlu kamu pun bisa menggunakan jasa sosial media tertentu untuk meningkatkan popularitas akun kesayangan kamu.

Bagaimana caranya? SMM Panel bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk keperluan kamu tersebut. Di SMM Panel kamu bisa meraih likes, followers, views, hingga berinteraksi secara aktif lainnya di media sosial tanpa harus ribet. Tim SMM Panel akan mengurus semua keperluan kamu dalam suksesi dunia digital.

Mulai dari mempromosikan produk bisnis kamu, layanan yang tersedia, hingga mendatangkan banyak sekali pengunjung dan peminatnya. Kamu dijamin tidak rugi setelah memutuskan menggunakan jasa SMM Panel dari lapaksosmed.com. Jasa ini pun akan langsung membantu kamu dalam cara menghitung engagement rate. Menarik bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: