10 Strategi Promosi Produk Olahan Makanan Khas Daerah

Strategi promosi produk olahan makanan khas daerah jadi langkah yang bisa dilakukan para pelaku usaha UMKM di daerah. Dalam memajukan sebuah usaha kuliner di daerah lewat produk olahan makanan khasnya, kebutuhan strategi yang tepat sangat diperlukan.

Menjual produk yang segmentasinya ada di luar daerah dan kebanyakan untuk wisatawan pastinya tidak sembarang. Ada banyak aspek yang harus diperhatikan selain kualitas dari produk sehingga olahan tersebut laris manis. Strategi penjualan jadi bagian penting yang sudah harus diperhatikan UMKM daerah.

Strategi Promosi Produk Oalahan Makanan Khas Daerah untuk UMKM

Ada banyak strategi promosi yang bisa dilakukan oleh para pelaku UMKM makanan olahan di berbagai daerah. Strategi ini mampu menghadirkan banyak daya tarik bagi pembeli. Beberapa strategi terbaik dalam mempromosikan produk olahan makanan tersebut, di antaranya :

1. Berjualan di Tempat Wisata

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk bisa menarik minat orang terhadap produk olahan makanan khas daerah yakni berjualan di tempat wisata. Kebanyakan orang yang tertarik dengan produk olahan makanan khas daerah tertentu tersebut yakni wisatawan.

Daya tarik makanan olahan daerah memang lebih menarik bagi para pendatang yang merupakan wisatawan dibandingkan penduduk lokal. Anda bisa berjualan di tempat wisata untuk menemukan banyak pembeli di sana.

2. Memberikan Tester atau Produk yang Bisa Dicoba

Pada saat berjualan di tempat wisata, pastikan Anda memberikan produk tester untuk bisa dicoba. Lewat cara tersebut, akan banyak orang lebih tertarik membelinya. Pastikan produk yang Anda juga merupakan olahan makanan terbaik, berkualitas, dan punya ciri khas daerah.

Strategi promosi produk olahan makanan khas daerah ini menjadi satu cara yang memudahkan untuk menarik daya tarik orang. Makanan olahan daerah pasti menarik bagi wisatawan sehingga adanya tester bisa meyakinkannya untuk membeli.

3. Membuat Kemasan yang Lebih Menarik dan Modern

Salah satu bentuk cara promosi makanan khas daerah lainnya yang dapat menarik minat pembeli yakni membuat inovasi kemasan. Desain dan bentuk kemasan yang unik dan menarik serta merepresentasikan daerah asal makanan tersebut.

Dari kemasan yang lebih menarik tersebut, tampilannya membuat orang penasaran dan cocok sebagai oleh – oleh yang dibawa ke daerah asalnya. Kemasan sangat penting untuk mencitrakan kualitas dari produk tersebut.

4. Membuat Akun Media Sosial

Cara promosi selanjutnya yang cocok untuk makanan daerah yakni dengan membuat akun media sosial. Promo online sekarang ini jadi salah satu pilihan yang dapat memberikan dampak besar terhadap penjualan. Membuat akun sosial menjadi langkah awal untuk bisa mendapatkan pembeli online.

Anda perlu konsisten agar bisa membuat akun sosial media tersebut dengan menampilkan produk sehingga lebih menarik. Pastikan Anda upload tiap hari agar lebih banyak orang yang menonton maupun melihat konten sosial media produk tersebut sehingga cepat laku.

5. Membuat Toko di E-Commerce

Cara lain sebagai bagian dari strategi promosi produk olahan makanan khas daerah yakni dengan membuat toko di E-Commerce. Dengan ada toko tersebut, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan menjadi strategi promosi saat berjualan secara offline.

6. Melakukan Iklan Berbayar

Setelah memiliki sosial media dan E-Commerce yang punya cukup informasi produk lengkap, Anda bisa memanfaatkan iklan berbayar di internet. Iklan tersebut sebagai media promosi makanan khas daerah yang tentunya dapat menjangkau banyak pembeli.

Pelajari cara pembuatan iklan yang tepat di mana sekarang ini ada banyak pelatihan online di internet. Anda juga bisa melihat cara iklan yang benar melalui konten – konten sosial media yang dapat diakses secara gratis.

7. Bergabung dalam Komunitas

Cara yang juga sebaiknya Anda lakukan ketika sudah punya modal kuat seperti disebutkan di atas yakni bergabung dalam komunitas. Anda bisa menemukan banyak saran dan masukan terkait dengan strategi promosi produk.

8. Ikut Acara Instansi Pemerintahan

Strategi tepat untuk promosi produk hasil usaha makanan khas daerah lainnya yakni dengan mengikuti acara dari instansi pemerintah daerah. Akan ada banyak aktivitas acara terkait wisata daerah yang bisa Anda ikuti sehingga dapat menjadi bagian promosi produk olahan khas daerah.

9. Bekerja Sama dengan Agen Wisata

Cara lain yang juga bisa Anda tempuh sebagai bagian dari strategi promosi makanan khas daerah yakni kerja sama dengan agen wisata. Lewat kerja sama ini, Anda bisa menawarkan produk olahan khas langsung ke para wisatawan.

Kerja sama ini yang sering dilakukan oleh banyak pelaku usaha makanan khas daerah. Anda bisa mencoba untuk menawarkan paket kerja sama yang menarik sehingga para pelaku usaha agen wisata akan lebih tertarik membawa wisatawannya.

10. Membuat Paket Pembelian yang Menarik

Cara promosi yang juga bisa Anda lakukan agar dapat meningkatkan penjualan dari produk makanan olahan khas daerah yakni membuat paket pembelian. Anda bisa memberikan diskon kuantitas maupun paket dalam jumlah tertentu.

FAQ | Pertanyaan Tentang Strategi Promosi Produk Olahan Makanan Khas Daerah

Apakah ada strategi promosi yang gratis untuk meningkatkan penjualan produk makanan daerah ?

Ada, Anda bisa membuat sosial media maupun berjualan langsung di tempat wisata serta menawarkan sistem konsinyasi di toko oleh – oleh.

Apa yang menjadi kunci produk makanan daerah bisa laris manis terjual ?

Ada banyak aspek mulai dari kualitas produk, rasanya yang unik namun tetap enak, hingga pilihan paket maupun kemasan menarik yang cocok sebagai oleh – oleh para wisatawan maupun strategi pasarnya.

Web developer dan content writer yang suka menulis seputar dunia bisnis. Aktif menulis sejak 2005 di berbagai media lokal dan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: