Jualan di Facebook Vs Instagram Lebih Bagus Mana?

Lebih baik mana jualan di Facebook vs Instagram? Setidaknya inilah 2 pertanyaan yang banyak ditanyakan banyak seller. Terutama mereka yang masih pemula.

Padahal keduanya punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kamu bahkan bisa menggunakan keduanya untuk targetkan market yang berbeda.

Buat kamu yang belum tahu, artikel ini akan memberikan jawaban dan gambaran sederhana antara komparasi jualan di Facebook vs Instagram

Kelebihan Jualan di Facebook

Kita mulai dari Facebook, Facebook punya banyak kelebihan jika kita gunakan sebagai tempat promosi produk. Beberapa kelebihannya, yaitu:

1. Fitur fans page dapat mendatangkan konsumen lebih banyak

Jualan di Facebook tidak lagi menggunakan fitur status karena bisa lebih optimal menggunakan fan page.

Pengguna harus mengubah sosial media menjadi fans page untuk menjangkau orang lain melebihi 5000 orang.

Baca juga: Cara Jualan di Marketplace Facebook Biar Laris

2. Informasi bisa diperbarui setiap hari

Sosial media ini dapat memudahkan seller memperbarui informasi berupa konten photo produk maupun video.

Penjual bisa memperbarui informasi seperti tawaran dan program yang bisa menarik banyak orang.

3. Terlihat profesional

Punya akun jualan di platform sebesar ini memudahkan konsumen agar bisa mengetahui profil bisnis dan tidak dianggap penipuan.

4. Bisa memasang iklan berdasarkan target

Penjual disarankan menggunakan Facebook ads sebagai fitur tambahan. Seller bisa mengatur target sesuai minat dan usia, domisili, dan jenis kelamin.

Baca Juga: Produk yang Dilarang di Facebook

Kelebihan Jualan di Instagram

Begitu pula dengan Instagram, mereka juga punya banyak kelebihan yang tidak di miliki oleh Facebook. Ini juga bisa jadi pertimbangan mendasar untuk pilih memilihnya.

Adapun beberapa kelebihan Instagram, di antaranya yaitu:

1. Pengguna aplikasi sangat banyak

Data Juli 2021 menyebutkan negara Indonesia merupakan pengguna Instagram terbanyak nomor 4 di dunia.

2. Penjual bisa mengetahui tren yang sedang populer

Ini sangat berguna bagi penjual barang seperti fashion mereka bisa mengetahui tren saat ini dari berbagai postingan orang lain. Platform ini juga selalu meningkatkan fitur sehingga pengguna bisa lebih mudah ketika jualan.

3. Tidak harus perang harga

Berbeda dengan marketplace, sosial media ini tidak akan bikin orang lain gagal beli kalau melihat harga. Karena visual dari photo dan deskripsi lebih cepat mempengaruhi konsumen. Konsumen tidak akan melakukan sortir harga.

4. Dilengkapi fitur pendukung promosi

Seller dapat menggunakan berbagai fitur untuk marketing seperti membuat story, reels, IG Tv, dsb. Fitur tersebut dapat dimanfaatkan untuk membagikan konten jualan ke orang lain.

Baca Juga: Produk yang Paling Laris di Facebook

Kekurangan jualan di Facebook

Selain memiliki beberapa kelebihan, Facebook juga punya banyak kekurangan. Di antaranya:

1. Harus jualan pada jam prime time

Jualan terbatas waktu prime time, biasanya jam 10 – 8 malam merupakan waktu ibu-ibu menggunakan platform tersebut.

2. Sering terjadi kendala

Biasanya kendala ketika beriklan karena iklan yang kamu buat bersatu dengan iklan jualan lain yang kurang relevan dengan pasar yang ingin dijangkau.

3. Postingan mudah hilang

Postingan barang atau jasa yang dibagikan mudah tenggelam oleh akun lain.

4. Klik dan konversi iklan rendah

Leads dari iklan yang terhubung ke whatsapp hanya 2% dari target.

Kekurangan Jualan di Instagram

Begitu juga dengan instagram. Mereka juga punya beberapa kekurangan seperti:

1. Konsumen tidak dapat klik foto profil

Tidak seperti akun sosial media seperti twitter atau facebook. Padahal foto profil dapat meyakinkan calon konsumen.

2. Tidak bisa menjelaskan bisnis secara panjang lebar

Bio Instagram hanya bisa memuat informasi terbatas 150 karakter. Untuk mengatasi hal ini optimalkan pada halaman feeds.

3. Persaingan meningkat

Sejak ada fitur insta shopping, kamu harus bekerja keras lagi ketika beriklan supaya tidak kalah saing.

4. Sering dianggap spam 

Pebisnis memang bisa lebih mudah promosi melalui platform ini, namun tak sedikit kejadian yang kurang nyaman terjadi. Biasanya terlalu sering dm ke akun lain dalam sehari melebihi 20 akun bisa dianggap spam.

Baca Juga: Contoh Kata Kata Promosi di Facebook Menarik

Jadi Manakah yang Lebih Baik untuk Jualan?

Jualan di Facebook vs Instagram manakah yang lebih baik? Keduanya baik dan punya plus dan minus.

Gunakan kedua platform tersebut, Facebook fans page maupun Instagram shopping keduanya bisa menarik perhatian konsumen.

Bangun bisnis online dari 2 platform sekaligus agar memudahkan kamu menganalisis pasar. 

Kombinasi keduanya akan sangat membantu kamu dalam mengembangkan bisnis jualanmua.

Seorang content writer dan praktisi bisnis digital. Terimakasih sudah membaca artikel-artikel saya. Jangan lupa share setiap tulisan saya ya.

Artikel Menarik: