20 Kelebihan dan Kekurangan Jualan di Instagram [Lengkap]

kelebihan dan kekurangan jualan di Instagram

Banyak orang yang menggunakan Instagram untuk berjualan. Bahkan brand besar juga memanfaatkannya. Kamu juga mau? Jangan asal. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan jualan di Instagram yang perlu kamu pahami.

Karena mungkin platform ini tidak cocok untuk produk yang akan kamu jugal atau mungkin Instagram tidak cocok dengan skill kamu untuk berjualan.

Kelebihan dan Kekurangan Jualan di Instagram

Media sosial Instagram ini cukup banyak penggunanya meskipun aplikasi ini lebih muda dibandingkan dengan media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter. Meskipun demikian, media sosial Instagram ini masih cukup banyak kekurangannya. Namun juga memiliki banyak kelebihannya dalam beberapa fiturnya.

Kelebihan dan kekurangan tersebut banyak terdapat pada beberapa fitur yang harusnya mendukung saat berjualan online. Namun seperti yang sudah saya katakan di atas tadi, bahwa media sosial atau aplikasi Instagram ini bukanlah suatu aplikasi khusus berjualan seperti aplikasi merketplace lain pada umumnya.

1. Kelebihan Jualan di Instagram

Jika kamu ingin mencoba bisnis dengan berjualan online di Instagram. Kamu bisa mencobanya, dengan mengetahui kelebihan berjualan di Instagram. Untuk lebih lengkap dan jelasnya, simak uraian serta penjelasannya berikut ini:

Kelebihan yang pertama pada berjualan online di Instagram adalah kamu dapat menautkan suatu link media sosial lain dengan mudah. Contohnya seperti menautkan pada akun Facebook, Twitter dan lainnya. Sehingga jika kamu memosting produk atau brand, maka akan muncul pada akun lain yang ditautkan.

1.2. Dapat Menggunakan Hashtag

Lalu jika kamu menggunakan hashtag pada suatu postingan produk yang kamu jual. Maka produk kamu tersebut akan lebih mudah untuk ditemukan oleh calon pembeli atau konsumen. Ini dapat menjadi suatu peluang untuk kamu terhubung dengan akun atau pengguna baru pada aplikasi media sosial Instagram.

1.3. Display Produk dan Barang yang Simpel

Kemudian kamu dapat dengan mudah mengunggah atau meng-upload konten foto dan video dari produk yang kamu jual. Dengan display layout atau penempatan konten dengan 3 kolom, ini membuat tampilan konten lebih mudah untuk ditata sedemikian rupa dan kamu upload sebagai reels atau post.

1.4. Membuat Bisnis Lebih Resmi

Akun bisnis pada Instagram yang kamu miliki dapat terlihat lebih profesional. Namun hal ini perlu diikuti juga dengan banyaknya followers, karena ini akan memberikan kesan bahwa akun Instagram kamu tersebut serius dalam menekuni bisnis berjualan online.

1.5. Dapat Meningkatkan Trafik pada Website

Kamu bisa memaksimalkan dalam meningkatkan trafik pada situs web atau website. Yang mana ini bisa kamu manfaatkan sebagai platform dalam membagikan postingan yang terdapat di website.

1.6. Dapat Menghemat Biaya

Dengan mendirikan bisnis jualan online di media sosial Instagram, kamu dapat menghemat biaya. Seperti yang kamu ketahui, jika menjual dan mempromosikan suatu produk yang kamu jual tidak akan dikenai biaya.

1.7. Insight yang Jelas Mengenai Target Audiens

Kamu dapat dengan mudah mengetahui data terkait produk yang kamu jual tersebut dalam menentukan cocoknya dipasarkan di market yang mana. Yang kemudian dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan cara promosi dalam mengembangkan suatu produk yang kamu sediakan untuk dipasarkan.

1.8. Dapat Meningkatkan Penjualan dan Pemasaran

Jika kamu memiliki konten serta konsep yang unik terhadap produk yang kamu jual. Maka akan mudah untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran pada Instagram tersebut karena konsumen tertarik dengan konten yang kamu posting dan bagikan.

1.9. Meningkatkan Brand Awareness

Lalu mudahnya meningkatkan brand awareness yang mana hal ini penting dalam suatu bisnis. Karena tanpa brand awareness ini, maka akan sulit untuk membuat orang lain tahu akan bisnis yang anda tekuni.

1.10. Memiliki Fitur Efek Foto atau Filter Foto

Instagram ini memiliki berbagai macam efek unik dan menarik yang dapat digunakan oleh setiap penggunanya. Dengan bantuan filter foto dan video tersebut maka akan memperindah dan juga memperbagus postingan produk kamu.

2. Kekurangan Jualan di Instagram

Namun selain kelebihan yang dimiliki Instagram dalam berbisnis jualan online. Instagram juga memiliki kekurangan, seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi bahwa terdapat kelebihan dan kekurangan jualan di instagram, Untuk lebih jelasnya kamu bisa perhatikan uraian kekurangannya di bawah ini:

2.1. Deskripsi pada Bio Terbatas

Kekurangan yang pertama ini adalah terbatasnya deskripsi pada kolom Bio. Dengan begitu, kamu harus mencantumkan deskripsi bsinis kamu seminimal mungkin namun jelas. Karena kamu hanya dapat menuliskan 150 karakter saja pada kolom Bio tersebut.

2.2. Spamming

Spamming merupakan suatu hal yang wajar di Instagram, namun sangat mengganggu. Karena akun BOT dengan program auto-comment ini dapat memenuhi kolom komen Instagram. Maka dari itu spamming menjadi salah satu kekurangan pada jualan online di Instagram.

2.3. Persaingan Ketat

Banyak pengguna akun bisnis dalam berbisnis jualan online di Instagram ini menjadikan persaingan di dalamnya sangat ketat. Karena banyaknya kompetitor bisnis yang banyak, maka kamu harus selalu berinovasi dalam berbisnis agar menjadi pembeda.

2.4. Resolusi Foto Dapat Menurun

Kekurangan selanjutnya adalah resolusi foto yang dapat menurun secara otomatis. Untuk itu, kamu harus selalu memastikan jika foto produk yang akan kamu unggah atau upload menjadi reels, Instastory tidak berubah atau menurun resolusinya.

2.5. Sangat Fokus Pada Visualisasi

Jika kamu membuat suatu konten produk jual, kamu harus mengedepankan visualisasi yang sangat baik. Karena jika di Instagram, visual itu nomor 1 dan teks hanyalah sebagai pelengkap saja.

2.6. Rawan Terjadi Penipuan

Sering terjadinya penipuan ini menjadi salah satu kekurangan saat berjualan online di Instagram. Karena banyak calon pembeli yang menipu menggunakan akun kloningan dan akun fake (palsu).

2.7. Transaksi Pembelian Kurang Praktis

Selanjutnya transaksi saat pembelian yang kurang praktis. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi, jika Instagram bukanlah aplikasi khusus untuk jual beli produk secara online. Maka tidak heran jika tidak Instagram tidak memiliki fitur transaksi pembelian dan pembayarannya.

2.8. Harus Sering Update

Berjualan online di media sosial seperti Instagram ini kamu dituntut untuk selalu update. Mengapa demikian? Ini di karenakan, jika kamu jarang update konten produk yang akan dijual. Maka akun bisnis kamu akan dianggap sudah tidak aktif.

2.9. Jasa Pengiriman Kurang Lengkap

Kemudian kamu juga tidak bisa menentukan jasa pengiriman produk ke alamat pelanggan dengan simpel atau otomatis. Karena Instagram tidak menyediakan fitur untuk pengiriman tersebut.

2.10. Foto Profil Tidak Dapat Diklik

Dan kekurangan terakhir ini masih dapat ditolelir, yang mana pada aplikasi sosial media Instagram ini kamu tidak dapat mengklik untuk melihat lebih jelas foto profil akun seseorang termasuk akun bisnis.

Kesimpulan

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan jualan di instagram yang harus kamu ketahui terlebih dulu sebelum memulai bisnis berjualan di Instagram. Mohon maaf apabila terdapat salah tulisan dan informasi, sampai jumpa pada kesempatan berikutnya. Terimakasih..

Seorang penulis konten bisnis dan financial yang sudah aktif sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: