18 Kiat Sukses Jualan di Instagram, Coba Deh Pasti Laris!

Kiat Sukses Jualan di Instagram

Saat ini kegiatan usaha atau berbisnis dengan cara jualan sudah memiliki berbagai metode. Salah satu metode yang sering digunakan adalah berjualan secara online. Tidak terkecuali pada media sosial Instagram, untuk menjalaninya tentu harus mengetahui kiat sukses jualan di instagram terlebih dulu.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan coba memberikan beberapa tips jualan di instagram. Tips ini memfokuskan bagaimana caranya agar bisnis jualan online kamu di Instagram bisa berkembang dan pastinya sukses.

Kiat Sukses Jualan di Instagram yang Perlu Kamu Coba

Seperti yang sudah saya katakan di awal tadi, untuk kesempatan kali ini akan ada beberapa kiat sukses jualan online di Instagram. Tentunya kiat atau strategi yang akan dibahas ini merupakan suatu hal yang mendasar pada suatu kegiatan bisnis berjualan suatu produk di aplikasi media sosial Instagram.

Penasaran dengan strategi tersebut? Yuuk langsung saja simak beberapa poin uraian di bawah ini:

1. Buat Tampilan Profil yang Menarik

Kiat atau taktik dalam berjualan online di Instagram yang pertama adalah membuat tampilan pada akun profil terkesan menarik. Mengapa demikian? Ini karena setiap calon konsumen yang ingin membeli produk kamu maka akan terlebih dulu melihat profil.

Maka dari itu, buatlah konsep semenarik mungkin pada tampilan profil akun Intagram kamu. Contohnya dengan menyusun highlight story berdasarkan kategori produk.

2. Perbanyak Jumlah Followers

Kamu bisa memperbanyak jumlah followers pada akun jualan Instagram kamu. Baik menggunakan jasa menjual dan kemudian beli followers maupun dengan cara manual. Yang contohnya membagikan dan follow akun Instagram bisnis milik kamu mulai dari kerabat hingga saudara.

3. Buat Postingan di Reels & Cerita Instagram yang Menarik

Kamu harus aktif membuat postingan pada fitur “Reels” video dan juga pada “Instastory“. Tentunya dengan konten suatu produk yang kamu jual. Buat konten tersebut semenarik mungkin, agar calon konsumen bisa tertarik dan membelinya.

4. Tambahkan Web Bisnis Produk di Profil

Jika kamu memiliki situs web atau blog pribadi tentang produk dan toko online kamu. Maka kamu bisa mencantumkan link situs web tersebut di menu “Edit Profil” kemudian tambahkan link situs web dibagian kolom “Bio” agar nampak dan terbaca di profil nantinya.

5. Tuliskan Caption yang Menarik Pembaca

Beri caption atau keterangan dalam suatu postingan, baik postingan tersebut berupa foto maupun berupa video. Usahakan untuk mencantumkan caption yang menarik untuk di baca oleh seluruh pengguna Instagram. Contohnya seperti “Kamu tau apa yang menjadi kebanggaan kami? Yaitu kepuasan kamu”.

6. Perhatikan Kualitas Foto yang Diupload

Selanjutnya kamu harus selalu memperhatikan kualitas foto yang akan kamu upload di Instagram. Karena beberapa foto jika di-upload ke Instagram, maka biasanya kualitas dari foto akan menurun. Dengan begitu, kamu harus selalu memperhatikan kualitas foto produk yang akan kamu upload.

7. Aktifkan Fitur Belanja di Instagram

Untuk mengaktifkan fitur belanja pada akun Instagram, kamu harus mengubah akun Instagram menjadi akun bisnis. Setelah itu sambungkan atau hubungkan dengan akun Facebook beserta katalognya. Hubungkan juga akun Instagram dengan website jual online yang kamu miliki dan verifikasi domainnya.

8. Buat Profil Instagram Khusus Bisnis

Kamu dapat membuat ulang akun Instagram yang baru dan kemudian jadikan sebagai akun bisnis. Yang mana akun bisnis ini biasa digunakan oleh pelaku bisnis jualan online di Instagram. Kelebihan dari akun bisnis ini adalah calon konsumen dapat menghubungi seller melalui telepon, alamat e-mail yang tertera.

9. Optimasi Akun Instagram Hingga Centang Biru

Untuk pengoptimasian akun bisnis Instagram hingga mendapatkan badge checklist atau centang biru. Kamu harus memaksimalkan banyak followers pada akun tersebut. Jika followers sudah mencapai 10.000 maka selanjutnya kamu bisa dengan mudah mendapatkan centang biru pada akun.

10. Konsisten Posting Konten Menarik di Instagram

Dengan konsistensi yang tinggi, terutama pada kegiatan posting konten yang menarik. Maka ini bisa meningkatkan peluang produk kamu untuk diketahui oleh orang banyak karena biasa muncul pada fitur “Explore

11. Gunakan Fitur Promosi di Instagram

Kiat sukses jualan di instagram selanjutnya yaitu kamu bisa memanfaatkan fitur promosi yang terdapat di Instagram. Contohnya dengan mempromosikannya saat sedang livestreaming di Instagram kemudian fitur “Reels” “Hashtag” dan lainnya.

12. Lakukan Kolaborasi dengan Akun Populer

Jika kamu memiliki teman yang akun Instagramnya cukup populer, coba hubungi dan minta untuk mebuat suatu kolaborasi. Tentu kolaborasi antara teman kamu tersebut dengan beberapa produk yang kamu jual. Ini bertujuan untuk mempopulerkan akun bisnis serta produk yang dijual.

13. Gunakan Jasa Promote

Hampir sama dengan strategi di atas sebelumnya, namun kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk membayar jasa promote ini. Karena jasa ini biasanya dilakukan oleh selebgram atau akun yang memiliki followers yang banyak.

14. Endorse Influencer Sesuai Budget yang Dimiliki

Kamu bisa melakukan endorse dengan membayar uang sesuai kesepakatan di awal maupun melakukan barter atau menukarkan produk. Lebih baik untuk membayar dengan barter produk, agar produk kamu bisa lebih diakui.

15. Iklankan Akun Instagram di IG dan Facebook

Lakukan pengiklanan akun Instagram toko online kamu tersebut pada beberapa akun media sosial lainnya. Contohnya dengan mengiklankan produk serta tokonya melalui media sosial Facebook.

16. Respon Pembeli dengan Ramah dan Cepat

Usahakan untuk merespon pembeli atau pelanggan secepat mungkin. Ini bertujuan agar konsumen bisa merasa dihargai dan diperhatikan saat ingin berbelanja.

17. Pasang Testimoni Pelanggan di Profil Instagram

Jika kamu sudah mendapatkan beberapa pelanggan, jangan lupa screenshot percakapan kamu dengan pelanggan tersebut. Untuk kemudian di-upload pada Instastory sebagai bentuk produk dan toko kamu sudah terpercaya.

18. Permudah Proses Pembelian

Cukup dengan melakukan pembayaran melalui transfer rekening bank milik kamu pribadi. Karena pada dasarnya, setiap pembeli tidak ingin merasa repot saat proses pembelian dan pembayaran.

Hal yang Bikin Jualan Kamu Tidak Dilirik Pembeli di Instagram

Namun kamu juga harus memperhatikan beberapa hal yang membuat jualan di instagram menjadi tidak laku bahkan tidak dilirik oleh konsumen sama sekali. Silahkan simak beberapa poin berikut ini:

1. Akun Tidak Update

Faktor atau hal yang membuat jualan kamu tidak laku di Instagram bisa di karenakan akun bisnis kamu sudah lama tidak update. Atau sudah tidak beroperasi lagi, sehingga konsumen akan mengacuhkan.

2. Layanan Tidak Memuaskan

Layanan yang kamu berikan pada pelanggan kurang memuaskan. Ini bisa terjadi pada saat seorang pembeli akan melakukan pembelian namun respon yang didapat kurang memuaskan.

3. Tidak Ramah

Salah satu faktor gagalnya bisnis jualan online di Instagram yaitu dengan pelayanan yang tidak ramah. Contohnya seperti membalas chat pembeli namun tanpa memberikan ucapan selamat datang atau salam.

4. Foto di Feed Instagram Tidak Menarik

Foto dan video yang kamu upload di fitur “Feed” tidak menarik. Dengan begitu, tidak aneh jika banyak orang yang mengacuhkan feed tersebut.

5. Harganya Mahal

Kemudian harga dari produk yang kamu jual tidak masuk akal atau tidak sesuai dengan harga pasaran. Hal ini yang membuat jualan di Instagram menjadi sepi pembeli dan tidak laku.

6. Tidak Ada Testimoni

Lalu tidak terdapat highlight dari testimoni pelannggan. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi, bahwa testimoni ini bentuk pembuktian bahwa toko dan produk kamu terpercaya.

7. Susah Melakukan Transaksi

Dan yang terakhir adalah sulit atau susahnya metode pembayaran pada saat melakukan transaksi pembelian dan pembayaran. Maka dari itu, janganlah membuat mekanisme transaksi menjadi rumit.

Akhir Kata

Demikian pembahasan serta uraian yang dapat saya sampaikan seputar kiat sukses jualan di instagram. Semoga dengan uraian dan penjelasan di atas tadi dapat membantu kamu sebagai seorang seller atau penjual di media sosial Instagram. Jangan lupa share atau bagikan artikel ini yaaa.. Terimakasih.

Seorang penulis konten bisnis dan financial yang sudah aktif sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: