Cara Melakukan Promosi yang Menarik Minat Calon Pelanggan

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Untuk membangun sebuah promosi dalam perusahaan dapat dilakukan dengan cara menggunakan berbagai macam media, dalam melakukan promosi juga tidak selalu mengeluarkan biaya yang mahal. Melakukan promosi juga bisa dilakukan dengan cara sederhana seperti menyebarkan selebaran brosur ataupun dengan mencoba melakukan promosi secara langsung kepada calon pelanggan.

Tentunya untuk menarik perhatian dan minat calon pelanggan pelaku usaha dan karyawan harus bisa menguasai teknik pemasaran dengan baik, salah satunya strategi pemasaran yang sering dilakukan oleh perusahaan yaitu strategi promosi.

Banyak sekali berbagai macam cara yang biasa dilakukan perusahaan dalam menarik minat calon pelanggan agar mau membeli jasa dan produk mereka, tentunya setiap perusahaan berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik bagi calon pelanggannya.

Dimulai dari berusaha memberikan pelayanan yang memuaskan hingga menawarkan bermacam-macam keuntungan yang menarik bagi setiap calon pelanggan nya, berikut ini ada beberapa cara promosi yang biasanya sering diterapkan dalam beberapa perusahaan.

Cara Melakukan Promosi yang Menarik Minat Calon Pelanggan

1. Pemilihan Kata yang Tepat

Dalam mempromosikan sebuah produk maupun jasa tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah memperhatikan pemilihan kata yang tepat untuk digunakan promosi. Tujuan memilih kata yang tepat yaitu untuk mempermudah calon pelanggan mengenal dan paham akan  keunggulan produk maupun jasa yang kita tawarkan atau promosikan.

Jika dalam melakukan promosi asal berbicara tanpa memikirkan dan memilih kata yang tepat, maka tindakan tersebut terkadang dapat membuat calon pelanggan kurang paham tentang penjelasan mengenai produk maupun jasa yang telah kita sampaikan .Tentu saja tindakan tersebut dapat membuat calon pelanggan tidak tertarik dengan produk maupun jasa yang kita tawarkan.

Agar calon pelanggan minat membeli produk atau memakai jasa yang ditawarkan maka kita harus bisa memilih kata yang tepat untuk promosi. Bagaimana cara memilih kata yang tepat untuk promosi? Tentunya pelaku usaha maupun karyawan harus mengenal produknya dengan baik terlebih dahulu. Mulai dari komposisi, keunggulan, manfaat, kualitas hingga perbedaan produk mereka dengan produk lainnya yang terpenting jangan sampai menjelekkan produk lain.

Jika sudah mengenal dan menguasai produk dengan baik cobalah memilih kata yang tepat untuk digunakan dalam promosi, pastikan memilih kata-kata yang ringkas namun mudah dipahami oleh calon pelanggan dan hindari menyampaikan promosi secara berbelit-belit supaya calon pelanggan tertarik dan yakin dengan informasi atau promosi yang kita sampaikan.

2. Menyediakan Tester

Biasanya perusahaan yang baru mengeluarkan produk selalu menyediakan tester bagi calon pelanggannya. Tujuan menyediakan tester tentunya sebagai bentuk mengenalkan produk baru pada calon pelanggan, supaya calon pelanggan mengenal dan tertarik membeli produk mereka. Biasanya perusahaan makanan, minuman hingga make up selalu menyediakan tester untuk calon pelanggannya.

Meskipun tester disediakan secara gratis tidak akan membuat perusahaan menjadi rugi sebab salah satu tujuan menyediakan tester adalah untuk menarik minat calon pelanggan untuk membeli produk, biasanya calon pelanggan selalu mempunyai rasa penasaran terhadap produk baru dan mempunyai keinginan untuk mencoba. Salah satu cara yang tepat menarik perhatian calon pelanggan adalah dengan menyediakan tester.

Jika calon pelanggan merasa suka setelah mencoba tester maka timbullah rasa keinginan untuk memiliki produk yang kita tawarkan, sehingga hal tersebut dapat mendorong minatnya untuk membeli produk yang kita tawarkan. Memberikan tester gratis pada calon pelanggan sama halnya dengan strategi marketing win-win solution dimana pelanggan merasa puas dan perusahaan mendapatkan keuntungan.

3. Memberikan Bonus

Beberapa perusahaan yang  mengeluarkan produk baru untuk mendapatkan target pasar atau calon pelanggan agar bisa bersaing dengan produk lain, biasanya selalu memberikan bonus di setiap minimal pembeliannya dan terbukti sekali bahwa cara ini cepat menarik minat pelanggan.

Pemberian bonus bisa berupa beberapa tambahan produk ataupun sovenir seperti sendok, piring, mangkok, gelas dan lainnya tentunya bonus tersebut dapat membuat calon pelanggan tertarik dan merasa hemat serta beruntung.

Sebelum memutuskan untuk memberikan bonus pada calon pelanggan tentunya perusahaan sudah memperhatikan keuntungan dan kerugiannya, tetapi tentu perusahaan mempunyai cara tersendiri untuk mendapatkan keuntungan jadi memberikan bonus pada calon pelanggan sudah dipertimbangkan dan tidak akan membuat perusahaan menjadi rugi.

4. Memilih Waktu yang Tepat

Dalam melakukan promosi kita juga harus bisa memperhatikan waktu agar calon pelanggan tidak merasa terganggu dengan kehadiran kita, jika mempromosikan produk secara langsung pilihlah calon pelanggan yang terlihat sendang santai dan tidak tergesa-gesa.

Jika sudah menemukan cobalah untuk meminta waktunya sejenak untuk melakukan promosi, jika calon pelanggan bersedia manfaatkan waktu tersebut sebaik mungkin dan jika tidak jangan pernah memaksa dan berkata kasar pada calon pelanggan. Sebab kita harus bisa menghargai keputusan orang lain dan harus menjaga image perusahaan.

5. Memanfaatkan Sosial Media

Saat ini semuanya sudah serba modern dan canggih untuk melakukan promosi kita juga bisa menggunakan beberapa media sosial yang kita miliki, tentu saja biaya yang dikeluarkan lebih murah dan kelebihannya jangkauannya lebih luas serta menghemat waktu dan tenaga.

Tentu adanya media sosial sangat membantu setiap orang terlebih lagi bagi setiap pelaku usaha dalam mengenalkan dan mempromosikan produknya hingga mencari calon pelanggannya.

Itulah beberapa cara melakukan promosi yang bisa pelaku usaha terapkan untuk menarik minat calon pelanggan agar mendapatkan pelanggan, dalam melakukan promosi memang diperlukan beberapa usaha agar dapat mendorong minat daya beli calon pelanggan.

Seorang penulis konten bisnis dan financial yang sudah aktif sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: