ShopeePay Riba atau Tidak?

Banyak yang masih mempertanyakan terkait dengan ShopeePay riba atau tidak. Pemahaman terkait hal tersebut sering ditanyakan oleh mereka yang sangat menjaga ibadahnya dan segala hal berkaitan dengan ketentuan agama.

Fenomena dompet digital termasuk ShopeePay tentu jadi hal yang menarik untuk dibahas terutama karena penggunanya sudah begitu banyak. Penjelasan terkait riba dan tidaknya ShopeePay bisa Anda pahami melalui penjelasan lengkap dalam artikel kali ini.

ShopeePay Riba atau Tidak?

Menjawab pertanyaan mengenai riba atau tidaknya ShopeePay tersebut tentu harus Anda perhatikan dalam beberapa fakta maupun ulasannya. Penjelasan mengenai fakta dan ulasan tersebut bisa Anda perhatikan lewat uraian di bawah ini.

1. Ada pendapat yang mendukung ShopeePay Riba atau Tidak

Hal pertama yang perlu diperhatikan dengan baik terkait penggunaan ShopeePay yakni ada pendapat yang menyatakan bahwa ShopeePay riba dan ada juga yang menjelaskan tidak. Anda perlu memahami keduanya dengan benar.

2. Belum Ada Konsensus Ulama

Hal kedua yang juga harus diperhatikan secara tepat terkait penggunaan ShopeePay riba atau tidak yakni belum adanya konsensus ulama. Konsensus tersebut terkait dengan penetapan apakah ShopeePay riba atau memang tidak.

3. Memilih Opsi Sesuai Keyakinan

Dengan adanya pendapat yang berbeda tersebut, Anda harus mempertimbangkan dengan baik terkait opsi yang perlu dipilih. Anda bisa memilih opsi untuk menggunakan ShopeePay atau tidak sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Ketiga penjelasan di atas memberikan gambaran awal terkait kondisi apakah ShopeePay riba atau tidak. Anda harus memahami dan memperhatikan dengan benar ketiga penjelasan tersebut demi punya pertimbangan yang tepat.

Pendapat ShopeePay Riba dan Juga Tidak

Seperti disebutkan di atas, ada dua pendapat mengenai penggunaan ShopeePay yakni riba dan tidak. Penjelasan mengenai pendapat tersebut bisa jadi pertimbangan keyakinan Anda dalam memilih. Penjelasan yang dimaksud bisa Anda perhatikan melalui ulasan di bawah ini.

1. ShopeePay Riba

Pendapat mengenai ShopeePay yang riba dikarenakan adanya biaya tambahan dan bunga. Seperti dalam penggunaan ShopeePay Later, ada bunga yang harus dibayarkan. Untuk Top Up ShopeePay juga ada biaya admin yang perlu dibayarkan sebagai unsur dari riba qard dan riba jahiliyah.

Kedua jenis riba tersebut tentu diharamkan dalam Islam. Selain karena biaya, ketidak jelasan akad juga jadi pendapat yang menyatakan ShopeePay riba. Akad untuk ShopeePay later terutama yang tidak jelas apakah jual beli atau utang piutang.

2. ShopeePay Tidak Riba

Selain pendapat yang menyatakan ShopeePay riba di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan pendapat lainnya. Simpang siur ShopeePay riba atau tidak bisa Anda perhatikan dari pendapat tidak ribanya sebagai salah satu pertimbangan.

ShopeePay tidak riba karena menjadi fasilitas pembayaran semata yang tidak memberikan pinjaman maupun bunga. Selain itu, ShopeePay juga dapat memberikan kemudahan dalam proses pembayaran maupun manfaat lainnya bagi pengguna.

Kedua penjelasan terkait dengan ShopeePay apakah riba atau tidak tersebut bisa Anda pertimbangkan dengan baik sebagai bagian untuk memilih menggunakannya atau tidak. Keputusan penggunaan layanan ShopeePay ada ditangan individu masing-masing.

Ragu Menggunakan ShopeePay Sebagainya Dihindari

Seperti penjelasan di atas, sejauh ini ada beberapa perbedaan pendapat yang menyatakan ShopeePay riba atau mungkin tidak di atas menjadi pertimbangan Anda. Keraguan dalam menggunakan ShopeePay sebaiknya menjadi dasar Anda tidak menggunakannya.

Anda dan semua orang lainnya punya hak masing—masing untuk menentukan penggunaan ShopeePay apakah bisa dilakukan atau tidak. ShopeePay jadi salah satu pembayaran resmi yang disediakan oleh aplikasi Shopee untuk kemudahan.

Keuntungan Menggunakan ShopeePay

Selain mempertimbangkan riba atau tidaknya, Anda yang sudah menggunakan ShopeePay tentu punya keuntungan sebagai bahan pertimbangan. Beberapa bentuk keuntungan dalam menggunakan ShopeePay tersebut bisa Anda perhatikan di bawah ini.

1. ShopeePay Mudah Daftarnya

Anda yang akan menggunakan ShopeePay punya kemudahan dalam hal pendaftaran. Pembuatan akun ShopeePay bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat sehingga dapat menguntungkan. Pastikan Anda menggunakan data yang benar agar proses daftar bisa berjalan dengan baik.

2. ShopeePay Mudah Transaksinya

Anda juga bisa memperoleh kemudahan dalam proses penggunaan ShopeePay. Dengan kemudahan tersebut, pembayaran setiap transaksi yang diinginkan bisa berjalan dengan cepat ketika sudah memiliki saldo yang cukup.

3. Top Up yang Mudah

Keuntungan ketiga yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan ShopeePay yakni terkait dengan kemudahan dalam proses Top Up. Anda akan memperoleh kemudahan dalam proses Top Up ShopeePay dengan berbagai cara seperti lewat bank maupun retail.

4. Fungsinya Banyak

Keuntungan lain yang juga bisa Anda peroleh saat menggunakan ShopeePay yakni fungsinya yang banyak. Anda dapat menggunakan ShopeePay untuk pembayaran di Shopee maupun pembayaran lainnya yang menggunakan QR Shopee.

Dengan beberapa keuntungan yang ada serta pertimbangan terkait riba atau tidak, Anda bisa memutuskan untuk memakai ShopeePay atau tidak. Anda bisa menggunakan ShopeePay untuk pembayaran dan tidak memanfaatkan layanan hutangnya seperti SPayLater atau SPinjam.

FAQ | Pertanyaan Tentang ShopeePay Riba atau Tidak

Apakah ShopeePay Later riba?

Iya, ShopeePay later merupakan layanan pinjaman yang memiliki bunga maupun biaya keterlambatan sehingga termasuk riba dalam hukum Islam.

Apakah penggunaan ShopeePay juga termasuk riba jika tidak memanfaatkan layanan kreditnya?

Tidak, jika dilihat dari fungsinya maka ShopeePay tidak riba karena hanya sebagai alat pembayaran namun tentunya ada pertimbangan lain yang perlu diperhatikan.

Web developer dan content writer yang suka menulis seputar dunia bisnis. Aktif menulis sejak 2005 di berbagai media lokal dan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: