Kode Function Mesin EDC BRI dan Fungsinya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Bank BRI merupakan salah bank yang sudah memiliki banyak nasabah yang tersebar di berbagai wilayah. Untuk menunjang kemudahan bertransaksi, Bank BRI menyediakan fasilitas mesin EDC yang bisa digunakan oleh pemegang nya untuk melakukan transaksi pembayaran.

Untuk pemegang mesin EDC tentunya harus memahami betul penggunaannya, termasuk kode function mesin EDC BRI. Nah, apa sih kode function mesin EDC BRI dan untuk apa kode tersebut? Pada artikel ini sudah kami tuliskan kode function EDC BRI dan fungsinya.

Silahkan Anda baca artikel ini sampai selesai, agar Anda bisa memahami kode function mesin EDC BRI beserta fungsinya.

Apa Itu Kode Function Mesin EDC BRI?

Untuk Anda yang baru pertama kali mengenal mesin EDC BRI mungkin masih belum mengetahui apa itu kode function meson EDC BRI? Biasanya mesin EDC BRI selaluada di bagian kasir di sebuah toko atau restoran sebagai media pembayaran.

Kode function mesin EDC BRI adalah kombinasi dari tombol function dengan angka yang nantinya akan digunakan sebagai suatu perintah pada mesin EDC BRI serta menjalankan program sesuai dengan sistem yang telah terprogram.

Penggunaan mesin EDC BRI memerlukan koneksi internet, sehingga mengharuskan pemegang mesin EDC tersebut menggunakan jaringan internet yang stabil untuk menunjang kelancaran pada saat proses transaksi pembayaran.

Pada mesin EDC juga sudah disediakan slot untuk menyimpan sebuah nomor telepon, selain itu ada banyak bagian penting lainnya dari mesin EDC BRI. Oleh karena itu, sebelum ke pembahasan utama, Anda harus mengetahui bagian-bagian mesin EDC BRI beserta fungsinya.

Bagian Mesin EDC BRI

Seperti yang dikatakan sebelumnya, jika mesin EDC memiliki bagian-bagian yang harus Anda ketahui ketika menjadi pemegang mesin EDC BRI. Bagian-bagian tersebut merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah mesin EDC BRI.

Berikut ini merupakan bagian-bagian mesin EDC BRI, diantaranya yaitu:

  • Tombol navigasi dan tombol menu
  • Tombol number
  • Tempat menggesek kartu kredit atau kartu debit
  • Layar utama atau layar monitor
  • Tempat keluar struk transaksi

Nah, itulah beberapa bagian mesin EDC BRI yang harus Anda ketahui agar Anda bisa melakukan transaksi pembayaran tanpa adanya suatu kekeliruan.

Fungsi Tombol Mesin EDC BRI

Setelah mengetahui bagian-bagian penting dari mesin EDC BRI, selanjutnya Anda juga harus mengetahui fungsi dari masing-masing bagian mesin EDC BRI. Kenapa hal tersebut harus Anda ketahui? Karena pada setiap tombol di mesin EDC BRI memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Sehingga Anda harus paham betul dengan fungsi tersebut, agar pada saat proses transaksi pembayaran tidak ada kesalahan. Berikut ini merupakan fungsi tombol mesin EDC BRI, diantaranya yaitu:

  • Tombol merah berfungsi sebagai cancel atau membatalkan suatu pembayaran dan untuk keluar dari suatu menu
  • Tombol kuning berfungsi untuk mengkoreksi atau merevisi sebuah informasi yang tertera di layar mesin EDC BRI
  • Tombol hijau berfungsi sebagai tombol Enter atau Ya jika sedang dalam menu pilihan
  • Tombol F berfungsi sebagai function

Seperti itulah fungsi dari masing-masing tombol yang ada di mesin EDC BRI. Anda bisa menggunakan tombol tersebut pada saat melakukan transaksi pembayaran, seperti membayar tagihan, membeli pulsa HP atau pulsa listrik, atau melakukan transfer ke sesama nasabah Bank BRI dan lainnya.

Kode Function Mesin EDC BRI

Setelah mengetahui bagian-bagian mesin EDC BRI beserta fungsinya, lanjut ke pembahasan utama yaitu kode function mesin EDC BRI.

Ada beberapa kode function mesin EDC BRI yang harus Anda ketahui sebagai pemegang mesin EDC. Kode function tersebut akan menunjang kelancaran Anda pada saat melakukan transaksi pembayaran. Kode function mesin EDC BRI adalah sebagai berikut.

Nama FunctionKode FunctionFungsi Kode
Function 0F + 0Untuk tes koneksi jaringan
Function 1F + 1Log transaksi
Function 12F + 1 + 2 + Password 0000Untuk mengecek sinyal
Function 13F + 1 + 3Untuk membersihkan log transaksi EDC BRI
Function 73F + 7 + 3Untuk mencetak ulang struk atau duplikat
Function 79F + 7 + 9Untuk mencetak summary report
Function F82F + 8 + 2Untuk tes printer mesin EDC BRI
Function 91F + 9 + 1Untuk cek detail informasi mesin EDC atau cek versi EDC BRI
Function 99F + 9 + 9Untuk clear reversal

Itulah beberapa kode function mesin EDC BRI yang harus Anda ketahui. Dengan kode function tersebut, transaksi pembayaran yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lebih mudah dan praktis.

Apalagi jika koneksi internet yang digunakan stabil, sehingga transaksi pembayaran pun bisa dilakukan dengan lancar dan cepat.

Misalnya jika Anda akan melakukan cetak ulang struk transaksi, Anda bisa menggunakan Function 73 atau kombinasi dari F + 7 + 3 yang ditekan secara bersamaan dan nantinya mesin EDC akan secara otomatis mencetak ulang struk transaksi sesuai dengan perintah kode function tersebut.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda dapatkan jika ingin mengetahui kode function mesin EDC BRI. Pastikan Anda memahami semua kode function tersebut jika memang Anda adalah pemegang mesin EDC BRI.

FAQ | Pertanyaan Tentang Kode Function Mesin EDC BRI

Apakah mesin EDC BRI bisa mengalami kerusakan?

Bisa karena suatu hal, entah itu karena mesin EDC yang sudah usang atau karena hal lainnya.

Apa yang harus dilakukan jika mesin EDC BRI mengalami kerusakan?

Anda bisa menghubungi customer service atau layanan pelanggan Bank BRI di nomor 14017 atau 1500017.

Ah hanya seorang penulis pemula saja yang suka berbagi hal-hal kecil. Konten bisnis suka saya bagikan karena relate dengan kehidupan sehari-hari saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: