Kenapa Pulsa Listrik Tidak Bisa Diisi?

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Kenapa token listrik tidak bisa di isi? Token listrik atau pulsa listrik merupakan salah satu hal yang penting ketika isi ulang layanan listrik prabayar. Nantinya token listrik tersebut akan di input di meteran listrik prabayar, agar saldo listrik bertambah.

Namun, ternyata pada saat ini ada beberapa orang yang mengeluhkan jika pulsa listrik tidak bisa diisi ke meteran prabayar. Nah, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Pada artikel ini sudah kami tuliskan penyebab dan cara mengatasi pulsa listrik tidak bisa di isi di meteran prabayar.

Silahkan Anda baca artikel ini sampai selesai, agar Anda bisa mengatasi masalah pulsa listrik yang tidak bisa di isi.

Penyebab Pulsa Listrik Tidak Bisa Diisi

Pada saat ini sudah banyak orang yang menggunakan listrik prabayar sebagai salah satu pilihan listrik yang digunakan di rumah. Penggunaan listrik prabayar memang sangatlah mudah dan bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan listrik pascabayar.

Namun, penggunaan listrik prabayar juga bisa mengalami suatu masalah seperti pulsa listrik yang tidak bisa di isi. Jika pulsa listrik tidak bisa di isi, maka listrik pun tidak akan bisa digunakan. Hal tersebut bisa saja terjadi karena beberapa penyebab.

Di bawah ini merupakan hal-hal yang bisa menyebabkan pulsa listrik tidak bisa di isi, diantaranya yaitu:

1. Server PLN Error

Hal pertama yang bisa menyebabkan pulsa listrik tidak bisa di isi yaitu karena server PLN yang sedang mengalami error. Perlu Anda ketahui jika meteran digital memiliki sebuah ID yang sudah dihubungkan dengan server utama.

Jadi, jika server utama sedang bermasalah atau error, maka hal tersebut juga akan mempengaruhi meteran yang Anda gunakan dan bisa menyebabkan pulsa listrik tidak bisa di isi.

2. Salah Input Nomor Token Listrik

Selain kesalahan dari pihak PLN, pulsa listrik tidak bisa di isi juga bisa disebabkan oleh pengguna kWh itu sendiri. Jika Anda salah memasukkan token listrik maka listrik Anda tidak akan bertambah.

Kemudian jika Anda menginput token listrik tersebut berulang kali dan tetap salah, maka token listrik tersebut akan otomatis terblokir.

3. Melebihi Limit Jumlah Token Listrik

Perlu Anda ketahui jika jumlah listrik juga memiliki batas maksimal. Jadi, jika Anda memasukkan token listrik saat jumlah token listrik sudah mencapai limit, maka hal tersebut bisa menyebabkan pulsa listrik tidak bisa di isi.

4. Instalasi Listrik Tidak Bagus

Selanjutnya jika instalasi listrik yang ada di rumah atau bangunan Anda tidak bagus, maka hal tersebut juga bisa menyebabkan pulsa listrik tidak bisa di isi. Hal tersebut bisa terjadi karena dianggap dapat menyebabkan korsleting listrik bahkan sampai kebakaran.

5. Meteran Mengalami Error

Selain server PLN yang mengalami error, meteran prabayar yang Anda gunakan juga bisa mengalami error. Sehingga hal tersebut juga bisa menjadi penyebab pulsa listrik tidak bisa di isi.

Jika meteran prabayar sedang mengalami kerusakan, biasanya akan ditandai dengan meteran prabayar mati atau muncul tulisan Blocked.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan pulsa listrik tidak bisa di isi. Jika Anda mengalami masalah tersebut, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara.

Cara Mengatasi Pulsa Listrik Tidak Bisa Diisi

Setelah mengetahui penyebab dari pulsa listrik tidak bisa di isi, selanjutnya Anda harus mengetahui cara mengatasi masalah tersebut. Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi pulsa listrik tidak bisa di isi, diantaranya yaitu:

1. Periksa Limit kWh

Pada saat pemasangan meteran prabayar, PLN akan mengatur batas maksimal kWh per bulannya. Jika Anda mengisi token listrik pada saat meteran prabayar sudah mencapai batas maksimal, maka token listrik yang di input akan mengalami kegagalan.

Sehingga pastikan Anda sudah mengetahui batas maksimal meteran prabayar yang diterapkan pihak PLN, agar masalah tersebut tidak terjadi.

2. Periksa Kembali Nomor Token Listrik

Pemakai meteran prabayar yang salah memasukkan nomor token listrik juga sering menjadi penyebab umum yang menjadi masalah kegagalan dalam isi ulang pulsa listrik.

Sehingga Anda harus menginput 20 digit nomor token listrik dengan benar untuk menghindari masalah pulsa listrik tidak bisa di isi dan juga untuk menghindari meteran prabayar yang terblokir karena salah menginput nomor token berkali-kali.

3. Periksa Server PLN

Selain Anda harus memeriksa nomor token listrik yang di input, ANda juga harus memeriksa server PLN apakah sedang mengalami error atau tidak. Karena server PLN yang sedang error juga menjadi salah satu penyebab kegagalan dalam isi ulang pulsa.

Server yang sedang mengalami kerusakan tersebut bisa terjadi karena koneksi yang tidak stabil atau pihak PLN yang sedang melakukan pemeliharaan sistem. Jika terjadi gangguan pada server PLN Anda hanya perlu menunggu hingga server PLN dalam kondisi yang normal dan bisa digunakan kembali.

4. Perhatikan Kondisi Instalasi Listrik

Kemudian Anda juga harus memperhatikan instalasi listrik yang digunakan di rumah atau bangunan Anda. Jangan memaksakan menginput token listrik jika instalasi listrik sedang dalam keadaan tidak baik karena hal tersebut bisa menyebabkan korsleting listrik bahkan hingga kebakaran.

5. Hubungi Customer Service PLN

Jika cara-cara yang sudah dijelaskan di atas belum bisa mengatasi masalah pulsa listrik yang tidak bisa di isi, Anda bisa melakukan cara yang terakhir yaitu dengan menghubungi customer service PLN lewat nomor 123.

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi customer service PLN di sosial media resminya atau dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile.

FAQ | Pertanyaan Tentang Pulsa Listrik Tidak Bisa Diisi

Apakah token listrik bisa terblokir?

Bisa. Jika Anda terus menginput token listrik secara berkali-kali dan tetap salah, maka hal tersebut bisa mengakibatkan token listrik terblokir.

Apa tanda dari meteran prabayar yang sedang mengalami error?

Biasanya jika meteran prabayar sedang mengalami error maka akan muncul tulisan “Blocked” atau lambang telapak tangan yang menandakan bahwa meteran prabayar tersebut sedang mengalami kerusakan.

Ah hanya seorang penulis pemula saja yang suka berbagi hal-hal kecil. Konten bisnis suka saya bagikan karena relate dengan kehidupan sehari-hari saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: