Kenapa Pinjol Selalu Ditolak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa pinjol selalu ditolak? Dengan sistem pengajuan yang mudah, pinjaman online kini menjadi salah satu alternatif bagi banyak orang. Biasanya pinjaman online digunakan oleh orang-orang sebagai dana darurat atau untuk keperluan bisnis yang akan dijalankan.

Namun, pinjaman online tidak lah selalu disetujui oleh setiap setiap platfrom pinjaman online karena beberapa alasan. Nah, kenapa pinjol selalu ditolak? Pada artikel ini sudah kami tuliskan penyebab serta cara mengatasi pinjol yang selalu ditolak.

Silahkan Anda baca artikel ini sampai selesai, agar Anda dapat menemukan solusi terbaik untuk mengatasi pinjol selalu ditolak.

Penyebab Pinjol Selalu Ditolak

Seperti yang dikatakan sebelumnya, jika pinjaman online memang bisa menjadi salah satu alternatif yang mudah bagi banyak orang. Namun, tidak semua pengajuan pinjol akan diterima oleh pihak pinjol itu sendiri.

Pengajuan pinjaman online selalu ditolak tersebut bisa terjadi karena beberapa hal, seperti penyebab pinjol selalu ditolak berikut ini.

1. Persyaratan dan Dokumen Tidak Lengkap atau Tidak Jelas

Penyebab pertama kenapa pinjol selalu ditolak yaitu karena persyaratan dan dokumen yang diminta oleh pihak pinjaman online tidak lengkap atau tidak jelas. Dokumen yang diminta oleh pihak pinjol biasanya akan digunakan untuk melakukan verifikasi data.

Nah, jika Anda tidak melengkapi dokumen yang diminta pihak pinjol, maka otomatis pihak pinjol tersebut tidak akan menyetujui pengajuan kredit yang Anda lakukan.

2. Riwayat Kredit yang Buruk

Penyebab kedua kenapa pinjol selalu ditolak yaitu karena riwayat kredit yang buruk. Biasanya jika Anda telah melakukan pinjaman, maka aktivitas peminjaman Anda akan dicatat dan dicek oleh sistem dari OJK.

Dengan pengecekan history kredit ini, maka pihak OJK dapat mengetahui skor kredit Anda sebelumnya. Jika Anda memiliki history kredit yang buruk seperti telat membayar tagihan, maka pengajuan pinjaman online yang Anda lakukan akan gagal atau tidak disetujui.

3. Pengajuan Pinjaman Melebihi Limit

Pengajuan pinjaman melebihi limit juga bisa menjadi penyebab kenapa pinjol selalu ditolak. Limit pinjaman online setiap orang biasanya akan berbeda-beda. Hal tersebut bisa ditentukan dari slip gaji, bukti penghasilan atau dari riwayat kredit yang pernah dilakukan.

Jika Anda mengajukan pinjaman melebihi limit yang diberikan oleh pihak pinjaman online, maka peminjaman dana yang Anda lakukan akan ditolak.

4. Jaminan yang Tidak Sesuai

Penyebab lainnya pinjol selalu ditolak ialah jaminan yang tidak sesuai. Salah satu hal yang menentukan pinjaman akan disetujui atau tidak yaitu aset yang dijadikan jaminan. Biasanya jika debitur menawarkan aset yang tidak setara dengan nominal pinjaman maka pengajuan kredit juga akan ditolak.

5. Masih Ada Pinjaman Aktif

Kemudian jika Anda memiliki pinjaman yang masih aktif, maka pihak pinjaman online akan menolak pengajuan kredit yang Anda lakukan. Hal ini akan dilakukan oleh setiap platfrom pinjaman online untuk mencegah adanya keterlambatan pembayaran yang akan merugikan pihak kreditor.

6. Gagalnya Proses Verifikasi

Pinjol selalu ditolak juga bisa disebabkan karena gagalnya proses verifikasi. Gagalnya proses verifikasi ini bisa terjadi jika debitur tidak mengisi form pengajuan pinjaman secara lengkap dan tidak jelas.

Misalnya Anda salah memasukkan nomor telepon yang akan mengakibatkan Anda akan susah dihubungi oleh pihak kreditor.

7. Data yang Dimasukkan Tidak Sesuai

Selain gagalnya proses verifikasi, data yang dimasukkan tidak sesuai dengan yang diminta oleh pihak pinjol juga dapat menyebabkan pengajuan pinjaman ditolak.

Jika data yang dimasukkan tidak sesuai maka pihak pinjol bisa membaca hal tersebut sebagai usaha penipuan dan sistem akan secara otomatis menolak pengajuan pinjaman.

8. Domisili Tidak Dalam Jangkauan

Biasanya setiap pinjaman online memiliki ketentuan tentang domisili mana saja yang bisa mengajukan pinjaman. Nah, jika domisili debitur tidak termasuk ke dalam jangkauan kreditur maka pihak pinjaman online akan langsung menolak pengajuan pinjaman.

9. Pekerjaan yang Tidak Stabil

Jika Anda melakukan pengajuan kredit kepada pinjaman online, namun kondisi pekerjaan Anda tidak stabil maka akan ada kemungkinan jika pengajuan kredit yang Anda lakukan akan ditolak.

Hal ini bisa saja terjadi jika pihak pinjol ragu apakah Anda bisa membayar tagihan hingga lunas atau malah menunggak. Karena pastinya pihak pinjol tidak ingin tidak ingin ada pinjaman yang macet.

10. Nama Pemilik Rekening dan Peminjam Tidak Sama

Perbedaan nama pemilik rekening dan peminjam yang tidak sama juga dapat memungkinkan pihak pinjol menolak pengajuan kredit. Hal ini dapat terjadi karena pihak pinjol akan mendeteksi adanya resiko yang besar yang akan berpengaruh pada pemberi pinjaman itu sendiri.

Sehingga untuk menghindari resiko tersebut, maka pihak pinjaman online akan menolak pengajuan kredit yang dilakukan oleh debitur.

11. Kondisi Internal Pihak Pinjol Tidak Stabil

Selain penyebab yang disebutkan di atas, hal lainnya yang bisa menyebabkan pinjol selalu ditolak yaitu karena kondisi internal pihak pinjol itu sendiri.

Misalnya jika pihak pinjaman online tersebut sedang mengalami masalah dan memiliki tingkat kredit kurang lancar yang cukup tinggi maka pengajuan pinjaman yang dilakukan oleh Anda akan ditolak.

Cara Mengatasi Pinjol Selalu Ditolak

Setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa pinjol selalu ditolak, lanjut ke pembahasan cara mengatasi pinjol selalu ditolak. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pengajuan pinjaman online selalu ditolak, diantaranya yaitu:

1. Baca Persyaratan yang Tertera

Cara mengatasi pinjol selalu ditolak yang pertama yaitu pastikan Anda membaca persyaratan yang diberlakukan oleh pihak pinjol. Pastikan jika Anda susah sesuai dengan kualifikasi dari persyaratan yang diterapkan oleh pihak pinjol serta lengkapi juga dokumen yang diminta oleh pihak pinjol.

Jika ada persyaratan yang tidak dimengerti oleh Anda, maka Anda bisa menanyakannya secara langsung kepada pihak customer service instansi tersebut.

2. Jangan Melakukan Pemalsuan Data

Kemudian Anda juga tidak boleh melakukan pemalsuan data. Pastikan semua data yang Anda masukkan merupakan data yang sudah valid, benar dan bisa dipertanggungjawabkan. Jika ada data yang dipalsukan maka pihak pinjol akan langsung menolak pengajuan pinjol Anda.

3. Pinjam Dana Sesuai Dengan Kebutuhan

Selanjutnya pastikan juga Anda meminjam dana yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini bisa menghindari keterlambatan pembayaran, yang nantinya jumlah tagihan pinjol Anda akan menunggak dan menumpuk.

4. Perbaiki Riwayat Kredit

Selain itu jika Anda memiliki riwayat kredit yang buruk, maka Anda harus memperbaiki riwayat kredit tersebut terlebih dahulu. Karena riwayat kredit tentunya sangat berpengaruh terhadap pengajuan kredit yang akan Anda lakukan selanjutnya.

5. Pastikan Proses Verifikasi Lancar

Cara mengatasi pinjol selalu ditolak yang terakhir yaitu pastikan proses verifikasi data lancar. Biasanya jika Anda melakukan pengajuan pinjaman secara online maka Anda akan membutuhkan koneksi internet yang stabil serta foto dokumen yang di upload juga harus jelas.

FAQ | Pertanyaan Tentang Kenapa Pinjol Selalu Ditolak

Apakah mengajukan kredit di pinjaman online aman?

Keamanan pinjaman online biasanya ditentukan dari izin resmi dari pihak OJK. Jika pinjaman online tersebut sudah diberi izin dan diawasi oleh OJK maka pinjaman online tersebut bisa dikatakan aman.

Apakah pengajuan pinjaman online dapat disetujui jika semua persyaratan dan dokumen telah lengkap?

Kemungkinan besar akan disetujui, apalagi jika Anda tidak memiliki riwayat kredit yang buruk serta telah memasukkan data yang benar.

Ah hanya seorang penulis pemula saja yang suka berbagi hal-hal kecil. Konten bisnis suka saya bagikan karena relate dengan kehidupan sehari-hari saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: