Cara Take Over Kredit Mobil dari Leasing ke Bank dan Syaratnya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Cara take over kredit mobil dari leasing ke bank, mengapa kamu perlu memahaminya jika ingin melakukan hal tersebut? Hal ini tentunya khusus untuk kamu yang ingin mengambil kredit mobil dari leasing ke bank karena mungkin saja merasa jika pembayaran cicilan ke leasing memberatkan.

Dengan pembayaran cicilan yang kamu rasa memberatkan tersebut, salah satu solusi yang bisa kamu ambil adalah memindahnya dari leasing ke bank. Karena bank memberikan bunga yang lebih rendah dan tenor yang cukup lama. Sehingga dalam pembayaran cicilan akan lebih ringan.

Sekilas Tentang Take Over Kredit Mobil

Take over kredit mobil sendiri merupakan sebuah proses pengalihan tanggung jawab pembayaran cicilan mobil dari leasing ke bank.

Pada proses satu ini, bank nantinya akan membayarkan sisa pokok pinjaman mobil tersebut pada Perusahaan leasing. Kemudian kamu akan melanjutkan pembayaran cicilannya kepada bank itu sendiri.

Proses take overnya sendiri memang bisa menjadi salah satu pilihan yang bijak jika kamu tidak nyaman degan kondisi kredit mobil sekarang ini.

Tapi, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan take over kredit mobil, sebaiknya pertimbangkan dulu dari berbagai aspek sehingga prosesnya nanti bisa lancar.

Kelebihan Pengalihan Kredit Mobil dari Leasing ke Bank

Ketika kamu memutuskan untuk pengalihan kredit mobil dari leasing ke bank sendiri tentu saja mendapatkan keuntungan apa saja? Inilah di antaranya:

  • Bunga pinjamannya lebih renda karena secara umum pihak bank menawarkan bunga pinjaman yang lebih rendah jika dibandingkan dengan Perusahaan leasing tersebut.
  • Secara umum bank menawarkan fleksibilitas ketika penyesuaian durasi cicilan. Jadi, nantinya kamu bisa mengatur cicilan sesuai dengan kemampuan kamu.

Kekurangan Pengalihan Kredit Mobil dari Leasing ke Bank

Selain beberapa keuntungan, kamu juga perlu tahu kekurangannya. Adapun, beberapa kekurangannya adalah sebagai berikut:

  • Kemungkinan nantinya kamu perlu membayarkan beberapa biaya tambahan, misalnya saja biaya administrasi, proses dan yang lainnya.
  • Untuk cara pengalihan kredit mobil dari leasing ke bank memang dapat memakan waktu serta membutuhkan dokumen yang cukup banyak.

Syarat dan Ketentuan Pengalihan Kredit Mobil dari Leasing ke Bank

Untuk bisa mengalihkan tanggung jawab pembayaran cicilan mobil dari leasing ke bank, tentunya kamu harus memenuhi minimal cicilan yang sudah berjalan selama 6 bulan. Kemudian untuk sisa cicilannya tidak lebih besar dari nilai kendaraan sekarang ini.

Selain itu ada beberapa syarat dokumen yang perlu kamu penuhi jika ingin take over kredit mobil. Apa saja? Inilah di antaranya:

  • Surat perjanjian kredit mobil yang berasal dari perusahaan leasing.
  • Fotokopi identitas diri misalnya KTP, SIM ataupun paspor.
  • Fotokopi NPWP.
  • Fotokopi buku tabungan ataupun rekening Koran.
  • Surat keterangan penghasilan.
  • Dokumen kendaraan seperti BPKB dan STNK.
  • Surat pernyataan jika bersedia untuk melakukan take over kredit mobil.

Cara Take Over Kredit Mobil dari Leasing ke Bank

Jika memang kamu sudah yakin untuk pengalihan cicilan mobil idaman dari leasing ke bank, tentunya kamu bisa menggunakan cara take over kredit mobil dari leasing ke bank berikut ini, dan pastikan semuanya sudah kamu persiapkan:

  • Sebelum melakukan pengalihan, ada baiknya jika kamu mengevaluasi dulu kondisi dari kredit mobil yang sekarang ini kemudian membandingkannya dengan penawaran yang terdapat pada beberapa bank.
  • Jika kamu sudah menemukan bank yang tepat dan sesuai, tentu saja kamu harus mengumpulkan beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan proses pengalihan.
  • Setelah itu, ajukan permohonan take over kredit mobil ke bank yang sudah kamu pilih dengan cara melampirkan dokumen yang dibutuhkan.
  • Bank nantinya akan mengevaluasi permohonan kamu, termasuk melakukan pengecekan BI Cheking untuk bisa mengetahui rekaman kredit kamu.
  • Jika evaluasi tersebut sudah selesai, tentu saja bank akan menghitung besar sisa angsuran serta suku bunga yang sudah menjadi ketetapan. Selain itu bank juga akan membayarkan sisa pokok pinjaman mobil tersebut ke perusahaan leasing.
  • Yang terakhir adalah kamu akan melanjutkan pembayaran angsuran ke bank yang baru tersebut. Kamu juga harus memastikan tenor yang kamu ambil sesuai kemampuan finansial. Sehingga nantinya pembayaran angsuran juga bisa berjalan lancar tanpa adanya kendala kredit macet.

Biaya Pengalihan Kredit Mobil dari Leasing ke Bank

Untuk bisa lebih memahami bagaimana cara pengalihan kredit mobil dari leasing ke bank, tentu saja kamu juga perlu tahu beberapa biaya yang akan kamu bayarkan. Kamu juga harus tahu berapa besaran biaya pengalihan dari beberapa bank pilihan sebelum akhirnya mengambil keputusan.

  • Biaya administrasi.
  • Biaya proses take over kredit mobil.
  • Biaya percepatan pelunasan.

Tips Menghindari Resiko Ketika Pengalihan Kredit Mobil dari Leasing ke Bank

  • Kamu harus memastikan paham semua syarat dan ketentuan yang sudah menjadi ketentuan bank sebelum menandatangani surat perjanjiannya.
  • Ada baiknya jika kamu membandingkan penawaran take over kredit mobil dari beberapa bank terlebih dulu untuk bisa memperoleh opsi yang terbaik dan sesuai kebutuhan serta kemampuan kamu.
  • Pastikan memperhitungkan biaya tambahan yang mungkin saja akan dikenakan selama proses take over kredit mobil tersebut. Sehingga nantinya tidak akan kaget jika memang terdapat biaya lain yang harus kamu bayarkan. Ada baiknya jika kamu bertanya terlebih dulu.

Setelah benar-benar paham mengenai bagaimana cara take over kredit mobil dari leasing ke bank, tentu saja kamu bisa mengambil keputusan secara tepat. Dalam artian apakah ingin kredit menggunakan leasing atau bank. Jadi, diharapkan pilihan kamu benar-benar tepat.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Take Over Kredit Mobil dari Leasing ke Bank

Apa yang harus diperhatikan saat akan melakukan pengalihan kredit mobil?

Tentunya kondisi mobil, kelengkapan surat-surat dan juga berbagai persyaratan untuk melakukan pengalihan.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: