Cara Mengembalikan ShopeePay yang Dinonaktifkan dan Syaratnya

Bagaimana cara mengembalikan ShopeePay yang diblokir? ShopeePay merupakan salah satu alat transaksi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Namun kini ada satu masalah yang muncul, dimana ada beberapa pengguna ShopeePay yang mengeluhkan akun ShopeePay yang tiba-tiba dinonaktifkan.

Penonaktifan akun ShopeePay bisa saja terjadi karena beberapa alasan. Namun, ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengaktifkan akun ShopeePay yang dinonaktifkan. Nah, pada artikel ini sudah kami tuliskan cara mengembalikan ShopeePay yang dinonaktifkan beserta syaratnya.

Silahkan Anda baca artikel ini sampai selesai, agar Anda bisa segera mengatasi ShopeePay yang dinonaktifkan.

Penyebab ShopeePay Dinonaktifkan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika ShopeePay yang dinonaktifkan bisa terjadi karena beberapa alasan yang dapat merugikan pengguna. Jika ShopeePay dinonaktifkan, maka pengguna tidak bisa lagi menggunakan ShopeePay untuk bertransaksi.

Adapun penyebab ShopeePay dinonaktifkan adalah sebagai berikut.

1. Adanya aktivitas mencurigakan yang dilakukan oleh pengguna seperti penyalahgunaan akun ShopeePay untuk melakukan penipuan dan aktivitas lainnya yang bisa merugikan berbagai pihak

2. Pengguna ShopeePay yang masih aktif telah melanggar syarat, ketentuan dan kebijakan dari pihak ShopeePay yang mengakibatkan akun ShopeePay dinonaktifkan

3. Pengguna ShopeePay yang masih aktif salah memasukkan PIN ShopeePay sebanyak 5 kali secara berurutan

Syarat Mengembalikan ShopeePay yang Dinonaktifkan

Setelah mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan ShopeePay dinonaktifkan, lanjut ke pembahasan mengenai cara mengembalikkan ShopeePay yang dinonaktifkan.

Namun, sebelum mengembalikan akun ShopeePay yang dinonaktifkan, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Syarat tersebut akan mendukung proses pengembalian akun ShopeePay. Adapun syarat mengembalikan akun ShopeePay adalah sebagai berikut.

1. Memiliki Kartu Identitas

Syarat yang pertama yaitu memiliki kartu identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP). Namun, jika Anda tidak memiliki KTP, Anda bisa menggunakan kartu identitas lain seperti KITAS, KITAP, Paspor maupun SIM. Kartu identitas ini akan dijadikan bukti bahwa Anda benar pemilik akun ShopeePay.

2. Nomor Telepon atau Alamat Email yang Masih Aktif

Syarat yang kedua yaitu memiliki nomor telepon atau alamat email yang masih aktif. Pastikan nomor telepon atau email yang masih aktif tersebut sudah terhubung dengan akun Shopee milik Anda.

Pastikan juga nomor telepon atau email tersebut masih bisa dihubungi karena akan digunakan untuk melakukan verifikasi data.

3. Alasan Aktivasi ShopeePay

Syarat yang ketiga yaitu Anda harus memiliki alasan kenapa akun ShopeePay yang Anda miliki harus diaktifkan kembali. Pastikan alasan tersebut merupakan alasan yang valid dan bukan alasan karangan atau alasan yang dimanipulasi.

4. Mempunyai Bukti Foto atau Video

Syarat yang terakhir yaitu mempunyai bukti foto atau video. Bukti foto atau video tersebut seperti bukti foto transaksi yang pernah Anda lakukan menggunakan ShopeePay atau menggunakan bukti lainnya yang bisa mendukung akun ShopeePay untuk diaktifkan kembali.

Cara Mengembalikan ShopeePay yang Dinonaktifkan

Setelah Anda memenuhi semua syarat yang telah dijelaskan di atas, lanjut ke pembahasan utama yaitu cara mengembalikan ShopeePay yang dinonaktifkan.

Jika pihak Shopee mendeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan pada akun ShopeePay milik Anda, maka pihak Shopee akan langsung menonaktifkan akun ShopeePay tersebut, Hal tersebut harus dilakukan untuk keamanan.

Namun, jika akun ShopeePay milik Anda sudah terlanjur dinonaktifkan, ada tiga cara yang bisa Anda coba untuk mengembalikan akun ShopeePay yang dinonaktifkan. Untuk lebih jelasnya simaklah penjelasan mengenai cara mengembalikan ShopeePay yang dinonaktifkan berikut ini.

1. Menghubungi Customer Service Shopee Melalui Telepon

Cara mengembalikan ShopeePay yang dinonaktifkan yang pertama yaitu dengan menghubungi customer service Shopee melalui telepon.

Jika akun ShopeePay Anda dinonaktifkan karena salah memasukkan PIN sebanyak 5 kali maka Anda bisa melakukan aktivasi kembali melalui customer service Shopee di nomor 1500702.

Jika Anda sudah terhubung dengan pihak customer service Shopee, selanjutnya Anda tinggal katakan maksud dan tujuan Anda menelepon yaitu ingin mengembalikan ShopeePay yang dinonaktifkan.

Nantinya pihak customer service Shopee akan mengarahkan Anda untuk melakukan aktivasi ulang akun Shopee Anda. Jika informasi yang ada di akun Shopee tersebut sudah valid, maka akun ShopeePay Anda akan dikembalikan dan akan diaktifkan kembali.

2. Melalui Shopee ID Help Center

Selain lewat telepon, Anda juga bisa mengembalikan ShopeePay yang dinonaktifkan melalui Shopee ID Help Center. Jika Anda ingin menggunakan cara ini, akan lebih baik jika Anda menggunakan laptop atau komputer.

Jika Anda ingin melakukan cara ini, ada beberapa bukti yang harus Anda siapkan seperti nama ibu kandung, alamat yang sesuai dengan data yang ada di KTP, username akun Shopee Anda, dan foto masalah yang dialami.

Jika Anda sudah memiliki bukti-bukti tersebut, Anda bisa segera melakukan pengembalian ShopeePay. Jika Anda belum mengetahui caranya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  • Kunjungi situs Contact Us Shopee di https://help.shopee.co.id/s/contactusform
  • Apabila Anda berhasil masuk ke situs tersebut, maka Anda bisa mengisi formulir yang telah disediakan
  • Kemudian isi masalah yang sedang terjadi yaitu Anda ingin mengembalikan akun ShopeePay yang dinonaktifkan
  • Lalu Anda juga harus melampirkan bukti foto akun ShopeePay yang dinonaktifkan, foto KTP dan bukti lainnya
  • Selanjutnya jika semua data yang diminta sudah di isi dengan benar, silahkan klik centang pada “Saya Bukan Robot”, lalu klik “Kirim”
  • Setelah itu Anda tinggal menunggu hingga pihak Shopee menghubungi Anda mengenai aktivasi kembali ShopeePay yang Anda lakukan

3. Melalui Email Shopee

Selain menggunakan kedua cara di atas, Anda juga bisa mengembalikan akun ShopeePay melalui email. Anda bisa mengembalikan ShopeePay yang dinonaktifkan dengan cara mengajukan aktivasi ulang ke alamat email support@shopee.co.id.

Pada saat proses pengajuan aktivasi ShopeePay yang dinonaktifkan Anda hanya perlu mengisi alasan aktivasi ShopeePay serta tuliskan juga kronologi dari penonaktifan akun ShopeePay yang Anda miliki.

Kemudian Anda juga harus menyertakan informasi pribadi seperti nama, username akun Shopee, dan nomor telepon yang aktif dan terhubung dengan Shopee.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Mengembalikan ShopeePay yang Dinonaktifkan

Apakah akun ShopeePay akan aktif kembali jika sudah melakukan aktivasi ulang ShopeePay?

Jika Anda sudah melakukan aktivasi ulang ShopeePay, maka Anda hanya perlu menunggu kebijakan dari pihak Shopee itu sendiri apakah akun ShopeePay akan dikembalikan atau tidak.

Apa saja hal yang bisa menyebabkan ShopeePay dinonaktifkan?

ShopeePay bisa dinonaktifkan karena adanya aktivitas mencurigakan, salah memasukkan PIN ShopeePay sebanyak 5 kali dan pengguna yang telah melanggar syarat, ketentuan dan kebijakan dari pihak ShopeePay.

Ah hanya seorang penulis pemula saja yang suka berbagi hal-hal kecil. Konten bisnis suka saya bagikan karena relate dengan kehidupan sehari-hari saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: