Cara Jualan di Akulaku Bagi Pemula [Panduan Lengkap]

Cara Jualan di Akulaku Bagi Pemula [Panduan Lengkap]

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mencari tutorial bagaimana cara jualan di Akulaku. Berjualan online, lebih simple dan tetap bisa mendapatkan untung.

Akulaku sendiri adalah aplikasi, atau platform eCommerce yang penggunanya dapat berperan sebagai penjual. Atau juga pembeli. Jika kamu ingin coba berjualan di Akulaku, maka akan disebut sebagai merchant Akulaku namun harus tahu dahulu syarat serta cara jualannya bagaimana.

Bagaimana Cara Jualan di Akulaku?

Sangat mudah kok, asalkan kamu dapat mengetahui dan memenuhi segala bentuk ketentuan yang ditetapkan oleh Akulaku itu sendiri.

Nah, nanti  juga harus tahu jenis merchant yang ada di Akulaku apa saja. Kemudian tentukan akan memilih jenis merchant apa, kemudian lakukan pendaftaran dengan mengetahui syarat ketentuannya bagaimana.

Agar lebih jelas lagi mengenai hal tersebut, bahkan tahu terkait dengan tips jualan laku di Akulaku. Yuk simak pembahasan selanjutnya, sampai mengerti dan kamu mengaplikasikannya secara baik.

Berikut Jenis-jenis Merchant untuk Bisa Jualan di Akulaku

Sebelum melakukan pendaftaran, maka  harus tahu terlebih jenis merchantnya apa. Karena akan memengaruhi proses berjualan ke depannya. Pun biasanya masing-masing jenis merchant, akan memiliki atau menawarkan produk barang yang berbeda. Apa saja jenisnya?

1. Official Store

Merupakan store atau toko resmi yang memiliki otorisasi atau hubungan langsung dengan brand aslinya.

Pada umumnya jenis merchant satu ini dimiliki oleh brand-brand ternama dan sangat terkenal. Mulai dari Asus, Philips, Vivo, Samsung, hingga Huawei atau beberapa brand terkenal lainnya.

2. Toko Biasa

Nah, sedangkan untuk toko biasa. Merupakan merchant milik perorangan yang menjadi penjual di Akulaku.

Menjadi jenis merchant yang sama seperti penjual online pada umumnya, kamu juga dapat menemukannya di eCommerce lain.

Setelah  menentukan akan berjualan, dan membuka toko di Akulaku seperti apa. Maka bisa langsung penuhi atau ketahui syarat daftar merchantnya bagaimana. Agar toko segera dibuka dan barang dagangan bisa dibeli oleh buyer.

Berikut Syarat Daftar Merchant Toko Biasa untuk Jualan di Akulaku

Cara Jualan di Akulaku Bagi Pemula [Panduan Lengkap]
Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Ya, mengetahui apa saja syarat daftarnya. Tentu menjadi salah satu prosedur cara jualan di Akulaku yang wajib kamu ketahui dengan baik. Namun memang, syarat untuk daftar yang akan dibahas di bawah ini adalah untuk toko biasa.

Jika ingin berjualan dan membuka toko official, maka harus berkomunikasi langsung dengan brandnya. Dengannya, jika kamu ingin membuka toko pribadi di Akulaku. Bisa langsung simak syaratnya di bawah ini.

  1. Seller harus WNI atau Warga Negara Indonesia
  2. Calon seller memiliki Nomor Induk Kependudukan atau KTP asli dan masih aktif
  3. Menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP
  4. Wajib memiliki nomor rekening bank
  5. Memiliki alamat email masih aktif dan juga nomor HP masih aktif
  6. Sediakan foto KTP sebagai dokumen untuk kebutuhan verifikasi
  7. Mempersiapkan nama toko di Akulaku, sebagai identitas merchant dan pembeda dengan toko lain.

Itulah beberapa ketentuan dan syarat yang harus kamu siapkan untuk dapat berjualan pada toko biasa di Akulaku. Jika semua datanya atau syaratnya terkumpul, maka bisa langsung lakukan proses pendaftaran.

Cara Jualan di Akulaku dengan Daftar Terlebih Dahulu

Sebelum melakukan penjualan barang atau produk yang kamu miliki, maka sudah dipastikan kamu harus menjadi bagian dari Akulaku terlebih dahulu. Dan prosedurnya harus melakukan pendaftaran, bagaimana caranya?

  1. Pertama, siapkan laptop atau PC dan buka halaman website di www.merchant.akulaku.com
  2. Jika sudah, langsung masuk di halaman utama website dan cari menu Register Now
  3. Pilih Indonesia sebagai negara asal, dan klik Confirm untuk melanjutkan
  4. Lanjutkan prosesnya dengan memilih jenis toko sesuai yang kamu inginkan. Karena kamu akan membuka Toko Biasa, maka pilih Merchant Perorangan Lokal
  5. Langsung masukkan informasi untuk proses pendaftaran. Mulai dari mengisi nama lengkap, nomor HP aktif yang tadi sudah disiapkan, kode verifikasi. Hingga email serta kata sandi untuk akun
  6. Selanjutnya halaman website akan menampilkan keterangan yang harus kamu setujui sebagai calon seller. Isinya berupa perjanjian dan wajib dipahami dengan baik
  7. Kemudian setelah akun berhasil dibuat, lengkapi data penjualan dengan baik
  8. Kelengkapan tersebut mulai dari informasi dasar toko, informasi pengiriman produk, identitas toko, NPWP atau SIUP jika ada. Serta informasi lain yang harus diisi sebagai kelengkapan informasi di toko Akulaku kamu
  9. Pastikan semua informasi diisi lengkap, dan jika sudah sesuai serta lengkap. Itu berarti kamu sudah resmi sebagai merchant di Akulaku.

Nah, dengan semua langkah-langkah tersebut. Maka kamu bisa mulai jualan serta berkomunikasi dengan pembeli secara langsung.

Pastikan agar produk yang kamu tawarkan, dilengkapi dengan informasi lengkap. Tujuannya agar pembeli pun bisa mendapatkan informasi pada barangnya dengan baik. Pun kamu sebagai seller di Akulaku juga akan mendapatkan tanggapan baik dari pembelinya.

Tips Jualan di Akulaku Agar Laku

Selain tahu bagaimana cara jualan di Akulaku, maka kamu pun harus tahu bagaimana agar produk jualannya laku. Karena jika sekadar bergabung menjadi merchant di Akulaku, tidak akan mendapatkan keuntungan. Lalu apa tips yang bisa dilakukan?

1. Memilih Produk dengan Baik

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ketika menjadi seller untuk pertama kali di Akulaku. Adalah memilih produk dengan baik, pun akan lebih tepat sasaran jika kamu melakukan riset terlebih dahulu.

Menganalisa produk, apakah persaingannya banyak atau tidak. Jika nanti sudah ditentukan akan menjual produk apa, maka pastikan juga untuk dapat memilih nama toko yang gampang diingat. Atau unik.

2. Menyiapkan Akun Bisnis di Sosial Media

Walaupun toko yang kamu buka di Akulaku adalah toko biasa, akan lebih nampak profesional jika kamu juga membuka akun bisnis. Jadi ada media promosi yang lebih profesional, serta lebih khusus.

Agar kamu juga dapat menggunakan fitur insight, guna mengetahui berapa banyak auidens yang sudah kepoin atau menjangkau barang jualan kamu. Hal ini pun tentu saja bisa menjadi bahan evaluasi, sekaligus membantu memperluas produk yang kamu jual.

3. Foto Produk

Pastikan untuk dapat menampilkan foto produk yang lebih menjanjikan, nampak lebih profesional. Jika perlu, sewa jasa foto yang memang berpengalaman. Tujuannya tentu saja untuk menarik minat calon pembeli. Agar foto lebih jelas, tidak buram dan tentu jadi lebih menarik.

4. Testimoni dan Lakukan Evaluasi

Testimoni adalah salah satu hal vital yang biasanya diperhatikan oleh calon pembeli. Dengan adanya testimoni, akan jadi pengaruh serta memberikan kepercayaan kepada calon pembeli.

Dengan hadirnya testimoni, maka kamu pun bisa menilai sekaligus mengevaluasi terhadap barang dan produk yang kamu jual.

FAQ │Pertanyaan Tentang Cara Jualan di Akulaku

Apakah untuk Bergabung Jadi Merchant Akulaku Harus Bayar?

Tidak, gratis.

Siapa Saja yang Bisa Berjualan di Akulaku?

Semua masyarakat Indonesia, asalkan memenuhi syarat dan ketentuan berlaku.

Walau tidak lulus dengan predikat cumlaude, gini-gini saya adalah lulusan manajemen bisnis. Walau pada akhirnya hanya saya curahkan ke dalam tulisan saja pengetahuannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: