Ebisnis.co.id

Kumpulan Ide & Peluang Usaha Rumahan

November 28, 2022
Advertisement

Mungkin beberapa waktu belakangan ini, para pengguna Shopee sering mendengar istilah dari eskalasi penanganan shopee. Yang mana eskalasi ini dibebankan kepada para pengguna aplikasi e-Commerce Shopee. Khususnya pada pengguna atau nasabah fitur ShopeePayLater pada saat membeli suatu produk.

Namun tidak sedikit juga pengguna atau nasabah fitur ShopeePayLater yang belum mengetahui jelasnya eskalasi penanganan Shopee tersebut. Untuk lebih jelasnya, bisa perhatikan pembahasan berikut ini.

Apa Itu Eskalasi Penanganan Shopee?

Eskalasi penanganan shopee adalah suatu penambahan biaya yang dibebankan atau dijatuhkan kepada para pengguna atau nasabah aplikasi e-Commerce Shopee pada fitur PayLater-nya sebagai bentuk sanksi. Eskalasi ini akan dikenakan, apabila pengguna ShopeePayLater terlambat dalam membayar kewajibannya.

Yang mana inti dari eskalasi penanganan Shopee ini, merupakan suatu denda yang dikenakan kepada para pengguna fitur ShopeePayLater oleh pihak Shopee secara langsung. Dengan begitu, pengguna fitur ShopeePayLater ini akan dikenakan kenaikan suku bunga atau denda dalam periode waktu bayar tertentu.

Berapa Eskalasi Penanganan Shopee?

Selanjutnya yaitu informasi mengenai berapa besaran eskalasi penanganan Shopee yang dikenakan pada pengguna atau nasabah fitur ShopeePayLater yang terlambat dalam membayar cicilan tagihannya. Seperti yang kita ketahui saat proses pembelian suatu produk maka akan dibayarkan terlebih dulu oleh Shopee.

Yang kemudian akan dibayar oleh pengguna baik dengan cicilan tenor beberapa bulan maupun dibayar bulan selanjutnya. Denda atau sanksi biaya dan besaran dari eskalasi penanganan Shopee ini, akan mengalami kenaikan suku bunga sebesar 5% jika pengguna terlambat membayar 1 bulan cicilannya.

Cara Membayar Shopee Paylater

Cara membayar Shopee ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Sebagian dari kamu pasti ada yang sudah mengerti atau paham dalam langkah atau bayar ShopeePayLater di aplikasi e-Commerce ini. Namun informasi yang saya sampaikan kali ini, mengacu kepada pengguna baru fitur ShopeePayLater.

Untuk lebih lengkapnya, langsung saja simak beberapa langkah berikut ini:

1. Cara bayar Tagihan ShopeePayLater yang Mudah

  • Pertama-tama yang harus dilakukan tentunya membuka aplikasi e-Commerce Shopee diponsel
  • Jika sudah masuk aplikasi Shopee, selanjutnya tekan menu “Saya” yang terdapat pada pojok kanan bawah halaman awal Shopee
  • Lalu tekan menu “SPayLater” pada bagian menu “Dompet Saya”. Atau tepatnya disamping menu koin Shopee
  • Kemudian pilih dan tekan menu “Bayar Sekarang”
  • Pilih dan klik “Tagihan Bulan Ini”, maka akan muncul periode dari tagihan yang harus dibayarkan
  • Selanjutnya pada layar akan ditampilkan rincian tagihan dari ShopeePayLater ini. Lalu kamu tinggal tekan menu “Bayar Sekarang” yang terdapat di bagian bawah
  • Untuk selanjutnya, kamu pilih metode pembayaran yang ingin digunakan
  • Misalnya kamu ingin membayar via virtual account bank, maka akan muncul kode virtual account untuk acuan membayar pada mobile banking
  • Masukkan kode tersebut pada menu virtual account mobile banking dan masukkan PIN bank
  • Selesai, kamu berhasil membayar tagihan ShopeePayLater dengan mudah

2. Cara bayar Tagihan ShopeePayLater Sebelum Jatuh Tempo

  • Langkah pertama yaitu dengan membuka aplikasi e-Commerce Shopee diponsel
  • Tekan menu “Saya” yang terdapat pada pojok kanan bawah halaman awal Shopee
  • Selanjutnya tekan “SPayLater” pada bagian menu “Dompet Saya”
  • Kemudian pilih dan klik mmenu “Jumlah yang Harus Dibayarkan”
  • Terdapat beberapa tagihan, jika kamu memiliki banyak tagihan. Namun jika sedikit, kamu langsung pilih tagihan pembayaran yang akan jatuh tempo beberapa hari kedepan atau seminggu lebih awal
  • Kamu pilih metode pembayaran yang ingin digunakan
  • Misalnya kamu ingin membayar via gerai minimarket, maka akan muncul kode pembayaran untuk acuan membayar pada minimarket nantinya
  • Datangi minimarket yang dipilih, katakan ingin membayar tagihan ShopeePayLater. Tunggu sesaat dan berikan kode pembayarannya
  • Dengan begitu, kamu berhasil membayar tagihan ShopeePayLater sebelum jatuh tempo

Tips Menghindari Eskalasi Penanganan Shopee

Advertisement

Besarnya suku bunga yang meningkat dari denda eskalasi penanganan Shopee ini memanglah suatu masalah serius karena jika seseorang tidak dapat membayar atau terlambat bayar. Maka meningkatnya besaran suku bunga tersebut, jika tidak dibayarkan akan semakin membengkak atau makin besar.

Namun kamu tidak perlu panik, karena saya memiliki beberapa tips yang ampuh untuk menghindari eskalasi penanganan shopee. Tentunya tips ini tidak berlawanan dengan hukum atau ketetapan dari Shopee sendiri. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak uraian dari beberapa poin tips di bawah ini:

1. Mempertimbangkan Saat Menggunakan ShopeePayLater

Tips yang pertama adalah dengan mempertimbangkan terlebih dulu saat menggunakan ShopeePayLater tersebut. Mengapa demikian? Ini bertujuan agar ketika kamu sudah memperhitungkan secara matang untuk pembayaran cicilan agar tidak terlambat. Maka otomatis kamu juga tidak akan dikenakan denda.

Dengan begitu, sangat penting untuk mempertimbangkan terlebih dulu penggunaan fitur ShopeePaylater ini. Seperti yang kita ketahui, bahwa denda atau sanksi yang akan dikenakan kepada pengguna yang melakukan pembayaran telat. Maka akan dikenakan kenaikan suku bunga setiap bulannya.

2. Selalu Mengingat Tagihan

Lalu ada juga tips selalu mengingat tagihan, maksud dari mengingat tagihan ini adalah sebisa mungkin kamu harus selalu ingat bahwa kamu memiliki kewajiban yang harus dibayarkan. Tentu dalam periode bayar atau tenor waktu tertentu untuk membayar ShopeePayLater tersebut.

Karena banyak orang atau pengguna fitur ShopeePayLater ini beralasan bahwa dirinya lupa pada saat akan melakukan pembayaran ataupun lupa bahwa dia memiliki tagihan cicilan dari ShopeePayLater. Dengan begitu, akan lebih baik jika kamu selalu mengingat tagihan tersebut agar tidak kena sanksi bayar.

3. Segera Melakukan Pembayaran

Kemudian melakukan pembayaran secara cepat pun menjadi salah satu tips yang bisa kamu terapkan ada saat memiliki tagihan pada fitur ShopeePayLater ini. Seperti yang kita ketahui, bahwa pada fitur metode pembelian kredit dari Shopee ini memiliki beberapa opsi tenor waktu pembayaran dalam pelunasannya.

Nahh jika kamu sudah memiliki uang yang cukup untuk membayar tagihan ShopeePayLater namun masih memiliki waktu yang cukup lama ke hari tenor pembayaran. Maka kamu tidak perlu menunggu atau harus membayar pada saat waktu jatuh tempo. Langsung bayarkan saja agar terhindar dari sanksi eskalasi tadi.

4. Menggunakan Metode Pembayaran yang Mudah

Dan tips yang terakhir adalah dengan menggunakan metode pembayaran yang mudah. Seperti yang kita semua tau, bahwa Shopee menyediakan berbagai macam metode pembayarannya. Mulai pembayaran via rekening bank, gerai minimarket, dan banyak lainnya yang bisa kamu lakukan tentunya.

Metode pembayaran yang mudah pada fitur pembelian atau pembayaran di Shopee ini memanglah mudah semua metodenya. Namun yang lebih mudah dan praktis untuk digunakan sebagai metode bayar adalah metode pembayaran via rekening bank atau virtual account bank yang sangat praktis dan aman.

Kesimpulan

Itulah penjelasan seputar eskalasi penanganan shopee yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Dari pembahasan ini, kamu menjadi lebih tau tentang apa itu eskalasi dalam fitur ShopeePayLater tadi. Penambahan biaya yang dibebankan pada pengguna merupakan suatu sanksi denda atas keterlambatan.

Semoga dengan adanya informasi di atas tadi dapat bermanfaat dan tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan pembelian kredit pada aplikasi Shopee ini. Hanya mengingatkan, karena suku bunga dari eskalasi ini terbilang besar. Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya dan terimakasih..

Advertisement