Cara Cek Penerima BLT El Nino dengan Mudah

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Bagaimana cara cek penerima BLT El Nino? Pada saat ini pemerintah sudah mengeluarkan berbagai macam bantuan kepada masyarakat. Salah satu bantuan dari pemerintah yang menjadi obrolan akhir-akhir ini yaitu bantuan BLT El Nino.

Namun, ternyata masih ada beberapa orang yang belum mengetahui apakah dia menerima BLT ElNino atau belum. Jika Anda termasuk orang-orang yang belum mengetahui daftar penerima BLT El Nino, pada artikel ini sudah kami tuliskan cara cek penerima BLT El Nino melalui dua metode.

Silahkan Anda baca artikel ini sampai selesai, agar bisa mengetahui apakah Anda termasuk penerima BLT El Nino atau bukan.

Apa Itu BLT El Nino?

Untuk Anda yang baru mengetahui BLT El Nino, tentu masih bingung apa sih BLT El Nino itu? BLT (Bantuan Langsung Tunai) El Nino adalah bentuk bantuan dari pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia yang tidak mampu di tengah musim kemarau yang panjang.

Karena musim kemarau yang panjang, banyak barang yang mengalami kenaikan harga dan tidak semua orang mampu untuk membelinya. Oleh sebab itu pemerintah mengeluarkan bantuan tersebut untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.

BLT El Nino sendiri bisa dicairkan oleh masyarakat yang penerima pada bulan Desember 2023 dengan besaran bantuan sebesar Rp. 400.000 per bulan. Kemensos akan mentransfer bantuan BLT El Nino ini sebanyak satu kali.

Lalu, siapa saja penerima BLT El Nino tersebut? Penerima BLT El Nino adalah mereka yang sudah terdaftar di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), termasuk mereka yang menerima BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) serta termasuk dalam program PKH (Program Keluarga Harapan).

Kemensos sendiri sudah menyiapkan anggaran Rp. 7,52 triliun untuk 18,8 juta KPM yang menerima BLT El Nino. Dengan adanya bantuan BLT El Nino ini pemerintah berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti pemenuhan kebutuhan gizi.

Cara Cek Penerima BLT El Nino di Situs Kemensos

Banyak orang yang saat ini penasaran, apakah dia mendapatkan bantuan BLT El Nino atau tidak. Oleh karena itu, kemensos menyediakan fasilitas untuk memeriksa apakah Anda termasuk penerima BLT El Nino atau bukan.

Salah satu fasilitas yang bisa digunakan untuk memeriksa penerima BLT El Nino yaitu dengan mengunjungi situs resmi dari Kemensos. Jika Anda belum mengetahui caranya, silahkan Anda ikuti langkah-langkah cek penerima bantuan BLT El Nino di situs resmi Kemensos di bawah ini.

1. Kunjungi Situs Kemensos

Langkah pertama, pastinya Anda harus mengunjungi situs resmi Kemensos. Dengan cara buka web browser yang ada di ponsel Anda, kemudian ketikan alamat web cekbansos.kemensos.go.id.

2. Isi Wilayah Penerima Bantuan

Jika sudah halaman utama situs Kemensos sudah muncul, akan ada beberapa data yang harus di isi. Data yang harus Anda isi adalah wilayah penerima manfaat.

Silahkan Anda pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan kelurahan/desa tempat tinggal Anda. Pastikan data yang dimasukkan sudah sesuai dengan data yang ada di KTP Anda saat ini.

3. Isi Nama Penerima

Kemudian Anda juga harus mengisi kolom nama penerima. Silahkan masukkan nama Anda yang sesuai dengan nama di KTP untuk mengecek apakah Anda termasuk orang yang menerima bantuan BLT El Nino atau bukan.

4. Masukkan Kode

Selanjutnya Anda harus memasukkan empat huruf kode yang tertera dalam kotak kode. Jika kode tersebut kurang jelas, silahkan klik ikon refresh agar Anda bisa mendapatkan kode yang baru. Pastikan Anda mengisi kode dengan benar.

5. Klik Cari Data

Setelah itu klik tab “Cari Data” yang ada di bagian pojok kanan bawah halaman utama situs Kemensos. Lalu akan ditampilkan nama penerima manfaat sesuai dengan data wilayah yang Anda masukkan.

Jika Anda termasuk penerima bantuan BLT El Nino maka akan berstatus “Ya” di kolom BPNT. Jika tidak termasuk penerima BLT El Nino maka akan muncul informasi “Tidak Terdapat Peserta / PM”.

Cara Cek Penerima BLT El Nino di Aplikasi Cek Bansos

Selain mengunjungi situs resmi Kemensos, Anda juga bisa cek penerima BLT El Nino di aplikasi Cek Bansos. Caranya pun hampir mirip dengan mengunjungi situs Kemensos, namun pada cara ini Anda perlu menginstall aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu.

Langkah-langkah cek penerima BLT El Nino di aplikasi Cek Bansos adalah sebagai berikut.

1. Install Aplikasi Cek Bansos

Langkah pertama silahkan install aplikasi Cek Bansos. Aplikasi tersebut bisa di install di Play Store untuk handphone Android atau di App Store untuk handphone iOS.

2. Login Ke Akun Cek Bansos

Jika sudah berhasil di install silahkan Anda daftar akun terlebih dahulu. Jika Anda sudah mempunyai akun silahkan login menggunakan Username dan Password.

3. Isi Wilayah Penerima Bantuan

Kemudian jika ingin mengecek penerima BLT El Nino, silahkan masukkan beberapa data yang diminta. Data yang harus di isi yaitu wilayah penerima manfaat.

Silahkan Anda isi data provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan kelurahan/desa tempat tinggal Anda. Pastikan data yang dimasukkan sesuai dengan data yang tertera di KTP Anda saat ini.

3. Isi Nama Penerima

Selanjutnya Anda juga harus mengisi kolom nama penerima. Silahkan masukkan nama Anda yang sesuai dengan nama di KTP untuk mengecek apakah Anda termasuk orang yang menerima bantuan BLT El Nino atau bukan.

4. Masukkan Kode

Lalu masukkan empat huruf kode yang tertera dalam kotak kode. Jika kode tersebut kurang jelas, silahkan klik ikon refresh agar Anda bisa mendapatkan kode yang baru. Pastikan Anda mengisi kode dengan benar.

5. Klik Cari Data

Setelah itu klik tab “Cari Data” yang ada di bagian pojok kanan bawah halaman utama situs Kemensos. Kemudian akan ditampilkan nama penerima manfaat sesuai dengan data wilayah yang Anda masukkan.

Jika Anda termasuk penerima bantuan BLT El Nino maka akan berstatus “Ya” di kolom BPNT. Jika tidak termasuk penerima BLT El Nino maka akan muncul informasi “Tidak Terdapat Peserta / PM”.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Cek Penerima BLT El Nino

Bagaimana cara mencairkan bantuan BLT El Nino?

Anda bisa mencairkan BLT El Nino lewat Bank Himbara atau lewat PT Pos Indonesia.

Kapan BLT El Nino bisa dicairkan?

BLT El Nino sudah mulai dicairkan pada tanggal 17 Desember 2023.

Ah hanya seorang penulis pemula saja yang suka berbagi hal-hal kecil. Konten bisnis suka saya bagikan karena relate dengan kehidupan sehari-hari saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: