Biaya Admin Tiktok Shop dan Cara Menghitungnya

Bagi penjual yang ada di Tiktok Shop, perhitungan dan pemahaman mengenai biaya admin Tiktok Shop tentu harus Anda perhatikan dengan baik. Pemahaman terhadap biaya admin tersebut akan mempermudah Anda mengerti mengenai acuan harga untuk produk yang dijual.

Biaya admin akan jadi beban yang harus ditanggung oleh para seller Tiktok Shop ketika menjual produk dalam platform tersebut. Penjelasan mengenai biaya admin harus bisa Anda perhatikan dengan benar melalui beberapa ulasan di bawah ini.

Biaya Admin Tiktok Shop

Agar Anda bisa menjalani bisnis jualan di Tiktok Shop dengan baik, pastikan mengerti cara untuk menghitung dan mengetahui rincian mengenai biaya admin. Penjelasan terkait dengan biaya admin tersebut bisa Anda perhatikan di bawah ini.

1. Terdiri dari Dua Bentuk Biaya

Hal pertama yang harus Anda perhatikan terkait dengan biaya admin dari layanan Tiktok Shop yakni jenisnya. Ada dua jenis biaya yang akan ditanggung oleh seller yakni biaya per transaksi dan juga biaya variabel untuk setiap produk yang terjual.

2. Biaya Transaksi

Nilai biaya pertama yang harusnya Anda perhatikan dengan baik yakni berkaitan dengan biaya transaksi. Nilai biaya terseebut akan terhitung untuk setiap transaksi dari seller yang ada di aplikasi Tiktok Shop. Biaya transaksi di Tiktok Shop yakni Rp. 2.000 per transaksi.

3. Biaya Variabel

Perhitungan biaya admin Tiktok Shop lainnnya yang juga perlu Anda perhatikan dengan baik yakni berkaitan biaya variabelnya. Nilai biaya variabel tersebut berupa persentase tergantung dari harga produk atau SKU yang Anda jual di Tiktok.

Nilai biaya variabel sangat bergantung pada jenis produk yang akan Anda pasarkan mulai dari 1,9% sampai 4,3%. Pastikan Anda memperhatikan perhitungan antara biaya transaksi dan biaya variabel sebagai rincian biaya yang perlu Anda keluarga ketika memanfaatkan Tiktok dalam berjualan.

Cara Menghitung Biaya Admin di Tiktok Shop dengan Mudah

Agar Anda bisa memahami dengan baik kebutuhan untuk bisa menghitung biaya admin secara tepat saat menggunakan Tiktok Shop, perhatikan ulasannya di bawah ini. Berikut ulasan penting yang harus Anda perhatikan agar bisa menghitung biaya admin layanan Tiktok Shop.

1. Tentukan Harga Produk

Hal pertama yang harus Anda perhatikan agar bisa mengetahui nilai biaya admin Tiktok Shop yakni harus mengetahui harga produknya. Anda perlu menghitung harga produk yang digunakan dalam proses jualan di Tiktok Shop.

2. Tentukan Kategori Produknya

Anda perlu menentukan kategori produknya untuk mengetahui persentase biaya variabel. Setiap kategori punya nilai biaya variabel yang berbeda. Nilai biaya tersebut bisa Anda hitung dengan mengalikan persentase variabelnya dengan harga produk.

3. Jumlahkan Biaya Adminnya

Langkah akhir yang perlu Anda perhatikan agar bisa menghitung biaya admin dari produk yang dijual di Tiktok Shop yakni menjumlahkan biayanya. Anda hanya perlu menjumlahkan biaya variabel dan juga biaya transaksi untuk mengetahui nilai biaya admin satu produk.

Pertimbangkan nilai biaya admin tersebut sebagai acuan dalam menentukan harga jual produk. Pastikan Anda tidak mengalami kerugian atau berkurangnya pendapatan karena kurang memahami cara penentuan biaya admin.

Contoh Perhitungan Biaya Admin Tiktok Shop

Agar Anda lebih memahaminya dengan baik, pertimbangkan contoh perhitungan dari biaya admin yang akan dikenakan pada suatu produk. Contoh perhitungan tersebut bisa Anda perhatikan melalui beberapa penjelasan berikut ini.

  • Anda menjual produk pakaian pria dengan harga 100.000
  • Persentase variabel dari produk pakaian pria yakni sebesar 4,3%
  • Biaya variabel produk tersebut yakni 4,3% dikalikan 100.000 atau Rp. 4.300
  • Biaya transaksi Rp. 2.000
  • Nilai biaya admin yang akan dibebankan pada produk Anda yakni Rp. 6.300

Anda dapat memperhitungkan berapa biaya admin untuk setiap produk yang dijual. Penetapan dan pengetahuan terkait dengan biaya admin penting Anda perhatikan dengan baik agar bisa berjualan lewat harga tepat.

Fungsi Penting Memahami Biaya Admin yang Ada di Tiktok

Ada beberapa fungsi penting yang harus Anda perhatikan dengan baik terkait dengan penggunaan biaya admin di aplikasi Tiktok Shop. Anda harus memperhatikan dengan benar fungsinya sehingga bisa menggunakan dengan baik, seperti penjelasan di bawah ini.

1. Memperhitungkan Keuntungan

Fungsi pertama yang bisa Anda temukan ketika mengetahui nilai biaya admin dari suatu produk yang dijual yakni memperhitungkan keuntungannya. Anda bisa mengerti besaran keuntungan setiap produk yang dijual lewat Tiktok Shop.

2. Menetapkan Harga Jual yang Efektif

Fungsi kedua yang juga dapat Anda perhatikan dengan baik terkait dengan biaya admin dari Tiktok Shop yakni untuk menetapkan harga jual yang efektif. Dengan memahami biaya adminnya tersebut, Anda bisa mengetahui nilai jual yang tepat sehingga produk bisa lebih kompetitif.

Perhatikan fungsi dari pemahaman terhadap biaya admin tersebut agar Anda bisa memanfaatkannya secara tepat. Pastikan Anda menjalani proses pemahaman yang baik dari biaya admin baik itu biaya transaksi maupun biaya variabelnya.

FAQ | Pertanyaan Tentang Biaya Admin Tiktok Shop

Apakah setiap produk punya biaya Admin di Tiktok Shop yang sama atau tidak?

Tidak, adanya biaya variabel menjadikan setiap produk tentu punya biaya admin berbeda satu dengan lainnya sehingga harus diperhitungkan secara tepat.

Apakah biaya admin dari Tiktok Shop sama sejak dulu?

Tidak, ada perubahan biaya admin yang awalnya terdiri dari biaya transaksi Rp. 2.000 ditambah 1% harga produk.

Web developer dan content writer yang suka menulis seputar dunia bisnis. Aktif menulis sejak 2005 di berbagai media lokal dan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: