Kenapa Aktivasi Shopee Paylater Ditolak? Ini Solusinya!

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Aktivasi Shopee Paylater ditolak? Hal ini cukup sering menjadi kendala sebagian pengguna Shopee Paylater yang ingin melakukan aktivasi ketika akan mencicil barang menggunakan paylater. Tapi, kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa cari tahu dulu apa saja sebab dan solusinya.

Untuk saat ini memang layanan Shopee Paylater begitu menarik perhatian masyarakat dan membantu untuk memenuhi kebutuhan. Penggunaannya sendiri mudah, biaya adminnya rendah dan tidak perlu kartu kredit. Tapi ketika kamu ingin menggunakan layanan ini pastikan untuk membayar cicilannya.

Kenapa Aktivasi Shopee Paylater Ditolak?

Sebelum membahas tentang bagaimana cara mengatasi penolakan aktivasi Shopee Paylater dan juga cara mengaktifkannya, kamu juga perlu tahu apa penyebab penolakan tersebut. Jika kamu tidak tahu sebab dari aktivasi yang ditolak tentu saja tidak akan menemukan solusi yang tepat.

Shopee Paylater memang menawarkan kemudahan dalam belanja dan membayarkan cicilan. Tapi memang tidak semua pengguna bisa menikmati layanan satu ini. Hal tersebut karena biasanya aktivasi Shopee Paylater ditolak. Hal tersebut bisa terjadi tentu saja karena ada sebabnya, berikut di antaranya:

1. Ada Kendala Pada Pengajuan Data

Salah satu syarat untuk bisa mengaktifkan fitur satu ini tentu saja harus memberikan data yang lengkap. Misalnya saja KTP, nomor ponsel dan kontak darurat. Bahkan kamu juga harus melakukan verifikasi wajah menggunakan gambar yang jelas.

Jika kamu sudah memberikan semua informasinya secara lengkap tapi tetap mendapat penolakan, biasanya karena penggunanya masih punya riwayat kredit yang buruk pada OJK. Yang tak kalah penting adalah kamu harus mencantumkan kontak aktif dan juga bukan nomor bodong.

2. Aplikasi yang Belum Update

Penolakan ketika aktivasi Shopee Paylater juga bisa disebabkan oleh aplikasi yang belum kamu update. Biasanya memang ada smartphone yang belum bisa mengupdate suatu aplikasi secara otomatis. Sehingga tidak tahu apakah aplikasi tersebut sudah update atau belum.

3. Akun Belum Memenuhi Kriteria

Shopee sendiri akan memberikan limit kredit yang bernilai Rp 750 ribu untuk para pengguna baru. Jika kamu bisa melunasinya secara tepat waktu serta nilai transaksinya tinggi, tentu saja limit dan juga keuntungan lain akan terus saja meningkat.

Jika aktivasi Spaylater kamu mendapatkan penolakan, salah satu penyebabnya adalah karena akun kamu belum memenuhi kriteria. Untuk fitur paylater biasanya karena akun kamu yang belum memenuhi kriteria. Fitur Shopee Paylaternya adalah tersedia untuk para member sivler, gold dan platinum.

4. Lokasi Pada Perangkat Belum Aktif

Penyebab dari penolakan Shopee Paylater tersebut juga bisa karena lokasi pada perangkat kamu belum aktif. Hal ini mungkin terdengar sepele. Tapi justru sangat penting untuk kamu ketahui.

5. Data Sudah Digunakan untuk Transaksi Ilegal

Salah satu penyebab dari Spaylater yang mengalami penolakan juga bisa disebabkan karena riwayat transaksi kamu yang kurang baik. Kamu harus berhati-hati, terlebih jika sebelumnya kamu pernah melakukan gesek tunai pada beberapa aplikasi lain. Hal itu menimbulkan penolakan pengajuan.

Cara Atasi Aktivasi Shopee Paylater yang Ditolak

Untuk bisa mendapatkan manfaat dari Shopee Paylater, tentunya kamu harus memenuhi semua syarat yang sudah menjadi ketentuan dari Shopee. Untuk mengatasi penolakan aktivasi Shopee Paylater yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

1. Menghubungi Live Agent Customer Service

Jika memang terjadi suatu kendala karena aplikasi yang eror ketika aktivasi Shopee Paylater, kamu bisa mencoba beberapa langkah berikut:

  • Kamu bisa membuka Shopee kemudian pilih menu “Saya”.
  • Kemudian kamu bisa klik layanan “Chat Dengan Shopee”.
  • Setelah nantinya tampil menu live chat, kamu bisa memilih menu “Chat with Live Agent”.
  • Kamu bisa menyampaikan kendala yang kamu alami dan selesaikan dengan bantuan dari live agent.

2. Menghubungi Customer Service Shopee Lewat Email

Selain melalui live agent, kamu juga bisa menghubungi customer service melalui email resmi dari Shopee. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka halaman Help Center pada situs resmi Shopee.
  • Kemudian kamu bisa memilih keterangan apakah seorang pembeli, merchant, penjual atau driver Shopeefood.
  • Lalu masukkan alamat email.
  • Pastikan untuk mengisi nomor ponsel lama kamu dan yang terbaru untuk verifikasi.
  • Jangan lupa untuk memasukkan nomor KTP/SIM/KK.
  • Kamu bisa mengunggah foto selfie.
  • Setelah itu kamu bisa menjelaskan kendala ataupun masalah tentang aktivasi Shopee Paylater yang mengalami penolakan.
  • Jangan lupa juga untuk mengunggah bukti masalah tersebut.
  • Setelah selesai melengkapi beberapa hal yang kamu butuhkan tersebut bisa langsung kirimkan pengaduannya.

3. Melunasi Tunggakan Pembayaran

Untuk bisa menghindari aktivasi Shopee Paylater yang mendapatkan penolakan, tentu saja kamu harus melunasi semua tunggakan tersebut untuk memulihkan BI Checking pada OJK. Jika sudah lunas semuanya kamu bisa mencoba untuk mengaktifkan Shopee Paylater kembali.         

Cara Aktivasi Shopee Paylater

Untuk bisa melakukan aktivasi pada Shopee Paylater, tentu saja kamu perlu melakukan beberapa langkah. Berikut di antaranya:

  • Pastikan penuhi persyaratan untuk mengaktivasi Shopee Paylater kamu. Adapun beberapa di antaranya adalah akun harus sudah terdaftar dan terverifikasi. Kemudian akun sudah berusia minimal 3 bulan, sering kamu gunakan untuk bertransaksi, sudah update terbaru dan punya KTP yang sah.
  • Kamu bisa tap menu Saya pada halaman utama Shopee dan pilih Shopee Paylater.
  • Setelah itu kamu bisa pilih aktifkan sekarang dan klik lanjut.
  • Upload foto KTP kemudian masukkan nama dan juga NIK, setelah itu klik Konfirmasi.
  • Lakukan verifikasi wajah dengan gambar yang jelas.
  • Tunggu sampai semuanya diproses dan Paylater aktif dan bisa kamu gunakan.

Itulah, beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika aktivasi Shopee Paylater ditolak, mulai dari penyebab sampai cara mengatasinya. Jadi, tak perlu bingung-bingung lagi jika ada penolakan ketika kamu melakukan aktivasi Spaylater.

FAQ | Pertanyaan Tentang Aktivasi Shopee Paylater Ditolak

Apa saja tips agar pengajuan Shopee Paylater cepat disetujui?

Tentunya harus memenuhi semua persyaratan dari Shopee itu sendiri. Mulai dari update aplikasi sampai dengan melengkapi dokumen.

Berapa limit Shopee Paylater?

Untuk limitnya sendiri Rp 750.000,- untuk para pengguna baru dan bisa menaikkannya menjadi Rp 6 juta dengan beberapa syarat.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: