Ebisnis.co.id

Kumpulan Ide & Peluang Usaha Rumahan

November 28, 2022
Advertisement

Tahukah kamu, ada 6 tipe kemitraan Shopee affiliate yang bisa kamu pilih ketika kamu daftar program Shopee affiliate. Hati-hati, pilih sesuai dengan background kamu.

Karena beda jenis kemitraan nya, beda pula program yang akan mereka tawarkan untuk kita. Pada akhirnya, cara dan sistem kerjanya juga beda.

Nah, buat kamu yang saat ini berencana daftar program Shopee Affiliate, penting banget untuk paham jenis dan tipe kemitraan Shopee affiliate.

Apa Itu Tipe Kemitraan Shopee Affiliate?

Tipe kemitraan Shopee affiliate merupakan pilihan jenis afiliasi yang ditawarkan oleh Shopee kepada calon membernya. Tipe kemitraan Shopee affiliate ini akan menunjukkan background member tersebut.

Karena sudah tentu, orang yang gabung program Shopee affiliate ini berasal dari berbagai kalangan. Maka dari itu, pihak Shopee menyediakan fitur tipe affiliator mereka.

Sederhananya mah kaya gini, kamu daftar Shopee Affiliate itu sebagai apa? Apakah sebagai Blogger, perusahaan atau tipe affiliator lainnya.

Daftar Tipe Kemitraan Shopee Affiliate

Ketika kamu melakukan pendaftaran program Shopee Affiliate, tahap berikutnya yang harus kamu lakukan adalah memilih tipe affilite yang harus kamu pilih.

Saat pertama kali daftar kamu pasti bingung, tipe Shopee Affiliate ini harus di isi apa? Nah jika kamu baca artikel ini dengan baik kamu akan tahu jawabannya.

Bagian tipe Shopee Affiliate itu harus kamu isi sesuai dengan background kamu sendiri. Setidaknya, Shopee menawarkan 6 tipe affiliate, di antaranya:

1. Situs Cashback atau Kupon

Tipe kemitraan yang pertama yaitu situs cashback atau kupon. Paham maksudnya?

Jadi misalnya kamu punya situs seperti picodi.com, cuponation.co.id ataupun situs sejenis yang menawarkan kupon belanja murah, kamu bisa pilih ini.

Artinya, ini adalah tipe kemitraan, di mana Shopee akan berikan kode kupon dan diskon khusus untuk kamu. Kamu akan dapatkan keuntungan dari kupon yang kamu dapatkan tadi.

2. Perbandingan Harga

Tipe yang kedua yaitu perbandingan harga. Maksudnya, jika kamu punya situs review yang suka melakukan komparasi antara 2 produk atau lebih, kamu bisa pilih tipe kemitraan ini.

Jadi, semisal kamu nanti membuat konten perbandingan harga produk, kamu bisa sisipkan link promo dari Shopee.

Jadi pembaca atau penonton kamu akan lebih mudah klik karena cocok sama yang mereka cari.

3. Network

Jika di artikan, network=jaringan.

Maksudnya itu adalah, jika kamu memiliki jaringan khusus yang dapat digunakan untuk promo program Shopee Affiliate, kamu bisa pilih tipe kemitraan ini.

Atau jika kamu punya forum atau grup tertentu, kamu bisa banget pilih tipe ini. Karena Shopee Affiliate sangat cocok dengan forum semacam ini.

Advertisement

4. Blogger/Media Sosial

Tipe kemitraan Shopee affiliate berikutnya adalah Blogger atau media sosial. Maksudnya, jika kemu merupakan seorang blogger yang notabene ngurus website setiap hari kamu bisa gabung dengan tipe kemitraan blogger.

Selain itu, jika kamu memiliki akun media sosial dengan jumlah followers banyak atau jika kamu merupakan seorang influencer, kamu bisa gabung di Shopee affiliate sebagai partner media sosial.

Nantinya, kamu bisa menggunakan blog ataupun akun media sosial kamu ini untuk melakukan promosi produk affiliate kamu dari Shopee.

5. Brand Seller

Tidak hanya itu, Shopee affiliate juga ada yang tipe brand seller. Maksudnya adalah, bagi kamu yang jualan di Shopee sebagai brand seller atau penjual, kamu juga bisa gabung di program ini.

Secara khusus Shopee menyediakan program affiliate bagi para seller. Namanya, yaitu Shopee affiliate seller.

Jadi, selain kamu bisa menawarkan link produk kamu sendiri yang dijual di Shopee, kamu juga bisa sebarkan link Shopee affiliate kamu setiap hari.

6. Lainnya

Nah, jika dari kelima tipe di atas kamu tidak ada atau kamu punya kategori lain, kamu bisa pilih tipe lainnya dan kamu tuliskan kamu sebagai apa.

FAQ | Tipe Kemitraan Shopee Affiliate

Tipe Kemitraan Shopee Affiliate Itu Apa?

Tipe kemitraan Shopee affiliate merupakan pilihan jenis affiliater di Shopee, yang menunjukkan, kamu itu sebagai apa.

Berapa Gaji Shopee Affiliate?

Perhitungan Komisi Shopee Affiliate adalah 10% dari harga barang yang dibeli. Misalnya, kamu berhasil mengajak 20 orang baru untuk membeli produk seharga Rp100.000,00 di Shopee, maka kamu akan mendapatkan komisi sebesar Rp200.000.

Berapa Minimal Followers untuk Shopee Affiliate?

Minimal memiliki 1 subscribers / followers / teman di YouTube, Instagram, TikTok, Twitter, atau Facebook untuk menjadi Shopee Affiliates.

Kenapa Daftar Shopee Affiliate Gagal Terus?

Bisa disebabkan oleh kesalahan ketika memasukkan informasi pribadi pada saat pendaftaran.

Berapa Lama Shopee Affiliate Diterima?

Email konfirmasi dan notifikasi di aplikasi Shopee akan diterima maksimal 3 (tiga) hari kerja dari waktu kamu berhasil mendaftar ke Shopee Affiliates Program.

Kapan Gajian Shopee Affiliate?

Komisi akan dibayarkan melalui ShopeePay dan Bank Transfer ke nomor rekening yang kamu daftarkan di halaman Pengaturan Pembayaran setiap 2 (dua) minggu sekali di setiap bulannya.

Advertisement