Saldo ATM BRI Minus? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Saldo ATM BRI minus, kenapa? Hal ini mungkin menjadi pertanyaan banyak orang sekaligus nasabah BRI yang kaget ketika membuka mBanking ataupun aplikasi BRIMo dan juga melihat jika saldo tabungan minus.

Hal ini memang wajar untuk nasabah yang baru tahu, tapi kalau kamu adalah nasabah lama mungkin suda bukan hal yang baru. Oleh karena itu, kalau kamu punya tabungan tapi saldonya minus tak perlu khawatir. Kali ini kita akan membahasnya.

Apa Itu Saldo BRI Minus?

Permasalahan saldo tabungan yang minus bisa kamu ketahui via mesin ATM, SMS Banking, mBanking ataupun internet banking seperti BRIMo. Ketika kamu mengecek biasanya adalah terdapat tanda – pada bagian saldo. Contohnya adalah Rp -1.000.000,- itu artinya saldo minus satu juta.

Kenapa Saldo BRI Bisa Minus?

Pada dasarnya, penyebab dari tabungan BRI yang minus ini karena adanya AGF atau Automatic Grab Fund dan juga AFT atau Automatic Fund Transfer.

Keduanya adalah transfer secara otomatis pada tanggal tertentu di setiap bulannya. Jadi, jika sudah masuk tanggalnya, secara otomatis uang kamu akan ditransfer dari rekening BRI milik kamu.

Jika nilai transfernya lebih besar daripada saldo yang ada di rekening, tentu saja akan membuat saldo menjadi minus.

Contohnya adalah saldo kamu ada Rp 400 ribu, kemudian terdapat transaksi AGF ataupun AFT Rp 500 ribu setiap tanggal 1. Sehingga pada tanggal 1 rekening kamu nantinya akan minus Rp 100 ribu.

Penyebab Saldo ATM BRI Minus

Penyebab dari saldo ATM BRI minus tadi memang adanya transaksi AGF atau AFT, yang mana hal ini bisa berupa beberapa kasus. Oleh karena itu, berikut adalah penyebab dari saldo BRI minus yang perlu kamu tahu:

1. Adanya Pinjaman atau Kredit Pada BRI

Jika kamu punya hutang, baik itu kredit di BRI ataupun aplikasi pinjaman online lain tentu saja setiap bulan akan terdapat pemotongan saldo secara otomatis untuk pembayaran cicilan pinjaman tersebut.

Hal ini tentu saja bertujuan agar kamu tidak lupa membayar sehingga secara otomatis akan terpotong. Tapi, ketika waktunya pemotongan cicilan ternyata saldo yang ada pada rekening kamu tidak cukup. Hal ini bisa membuat saldo rekening kamu menjadi minus.

2. Transfer yang Terjadwal

Sebuah fitur ini memang ada pada mobile banking dan juga internet banking, selain itu fiturnya juga sangat membantu. Karena kamu bisa mengatur tanggal serta jumlah transfer, sehingga nantinya uang yang ada di rekening kamu bisa terkirim secara otomatis sesuai dengan jadwal yang kamu tentukan.

Tapi sayangnya, jika dana yang ada dalam rekening kamu tidak cukup, tentu saja bisa membuat saldo rekening menjadi minus.

3. Asuransi

Jika kamu punya asuransi yang menggunakan sistem autodebet, tentunya rekening tabungan secara otomatis akan terpotong setiap tanggal tertentu. Ketika saldo kamu tidak cukup tentu saja akan membuat saldo menjadi minus.

4. Adanya Perbaikan Sistem

Sistem sendiri merupakan buatan manusia, sehingga tetap ada kemungkinan jika terjadi sistem eror ataupun perbaikan layanan yang sedang dilakukan bank. Hal ini juga bisa menjadi penyebab mengapa saldo yang ada pada ATM menjadi minus.

Tapi kamu tak perlu khawatir karena kamu masih bisa menggunakan rekening tersebut untuk melakukan transaksi seperti biasa.

Cara Mengatasi Saldo ATM BRI Minus

Ketika saldo pada ATM kamu minus, sebenarnya tak perlu khawatir karena kamu bisa mengatasinya. Karena sebagian besar saldo ATM bisa minus sebab saldo yang ada dalam rekening tidak cukup untuk melakukan transaksi autodebet. Berikut, adalah cara mengatasinya:

1. Memastikan Saldo Cukup Untuk Transaksi

Jika kamu memang punya pinjaman di Bank BRI ataupun aplikasi pinjaman online lain yang sistemnya autodebet, tentu saja kamu harus memastikan jika sebelum tanggal autodebet saldonya sudah cukup. Jadi, nantinya saldo kamu tidak akan minus.

2. Tunggu Sistem Normal Kembali

Kemudian jika memang penyebab dari masalah saldo ATM yang minus karena gangguan sistem, tentu saja kamu bisa menunggu sistem tersebut kembali normal. Karena seharusnya jika sistem sudah normal kembali saldo yang minus juga akan hilang dan saldo kembali normal.

3. Menghubungi Pihak Bank BRI

Tapi, jika memang masalahnya bukan kedua hal di atas dan ternyata saldo kamu masih juga minus, sebaiknya segera menghubungi Bank BRI. Kamu bisa menyampaikan laporan pengaduan karena khawatirnya adalah terjadi suatu kasus phising maupun kejahatan pencurian yang lainnya.

Untuk menghubungi Bank BRI sendiri tentu saja bisa melalui call center resmi dari Bank BRI. Tapi, jika kamu ingin mengatasinya secara langsung dan mendapatkan respon yang jelas dan pasti tentu saja bisa datang ke kantor cabang Bank BRI terdekat. Untuk langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Kamu bisa datang ke cabang Bank BRI yang terdekat untuk melakukan pengaduan masalah saldo ATM yang minus tersebut.
  • Pastikan kamu membawa kartu ATM, kartu identitas dan buku rekening.
  • Sampaikan ke bagian customer service untuk bisa mendapatkan solusi.
  • Setelah kamu sampaikan semua permasalahannya tentu saja tinggal menunggu proses yang dilakukan oleh pihak bank.
  • Jika prosesnya sudah selesai tentu saja nantinya saldo ATM BRI kamu akan kembali normal dan bisa digunakan untuk transaksi seperti biasanya.

Demikian, sedikit informasi tentang penyebab dan cara mengatasi saldo ATM BRI minus yang bisa kamu pelajari. Jadi, jika masalah ini sewaktu-waktu terjadi kamu tidak perlu bingung-bingung lagi karena sudah tahu seperti apa penyelesaiannya.

FAQ | Pertanyaan Tentang Saldo ATM BRI Minus

Apakah saldo BRI minus bisa kembali lagi?

Jika terjadi saldo BRI yang minus kemudian kamu menabung kembali tentu saja saldo tidak akan minus dan bisa kembali lagi. Tapi jika memang minus karena bukan autodebet tentu saja kamu bisa bertanya ke call center Bank BRI.

Bagaimana cara mencegah saldo BRI minus?

Tentu saja kamu bisa mengecek saldo secara rutin dan juga selalu memastikan jika saldo cukup untuk membayarkan berbagai tagihan, terutama untuk yang autodebet.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: