Kenapa BRI Mobile Tidak Bisa Aktivasi?

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Kenapa BRI Mobile tidak bisa aktivasi? BRI Mobile atau BRImo merupakan aplikasi mobile banking dari Bank BRI yang diluncurkan guna mempermudah nasabah nya untuk melakukan transaksi. Namun untuk menikmati kemudahan transaksi di BRI Mobile, nasabah BRI harus melakukan aktivasi terlebih dahulu.

Nah, ternyata saat ini ada beberapa orang yang mengeluhkan mengenai BRI Mobile tidak bisa aktivasi. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Untuk Anda yang mengalami masalah tersebut, pada artikel ini sudah kami tuliskan penyebab BRI Mobile tidak bisa aktivasi beserta cara mengatasinya.

Silahkan Anda baca artikel ini sampai selesai, agar Anda bisa menemukan penyebab dan cara mengatasi masalah BRI Mobile yang tidak aktivasi.

Penyebab BRI Mobile Tidak Bisa Aktivasi

Bank BRI sudah menyediakan kemudahan untuk nasabah nya jika ingin melakukan transaksi. Entah itu transaksi transfer, pembayaran tagihan, tarik tunai maupun lainnya. Hal tersebut bisa dilakukan di aplikasi mobile banking BRI yaitu BRI Mobile atau BRImo.

Namun, seperti yang kita ketahui bahwa untuk mengakses BRI Mobile, nasabah BRI perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu. Mungkin sebagian orang sudah berhasil melakukan proses aktivasi tersebut. Namun ternyata saat ini ada beberapa orang yang mengeluhkan jika BRI Mobile tidak bisa aktivasi.

Nah, di bawah ini merupakan beberapa hal yang bisa menyebabkan BRI Mobile tidak bisa aktivasi, diantaranya yaitu:

1. Pengaturan Belum di Setting

Penyebab pertama yang bisa menyebabkan BRI Mobile tidak bisa aktivasi yaitu pengaturan belum di setting. Salah satu pengaturan yang berpengaruh terhadap aktivasi BRI Mobile yaitu pengaturan SMS Premium.

2. Kartu SIM Tidak Terbaca

Penyebab yang kedua yaitu kartu SiM tidak terbaca. Kartu SIM yang tidak terbaca atau tidak terdeteksi di perangkat yang Anda gunakan akan mempengaruhi proses aktivasi BRI Mobile.

Hal itu akan menyebabkan perangkat yang Anda gunakan untuk aktivasi BRI Mobile, tidak bisa terkoneksi dengan sinyal dan jaringan internet.

3. Kartu SIM Belum di Aktivasi

Selain kartu SIM yang tidak terbaca oleh perangkat, kartu SiM yang belum di aktivasi atau di daftarkan juga bisa menjadi salah satu penyebab BRI Mobile tidak bisa aktivasi.

Seperti halnya kartu SIM yang tidak terbaca, kartu SIM yang belum di aktivasi juga tidak bisa terhubung dengan sinyal dan jaringan internet, sehingga hal tersebut akan menjadi penyebab gagal aktivasi.

4. Masalah Server BRI

Selain dari kesalahan pengguna atau nasabah BRI, hal yang menyebabkan BRI Mobile tidak bisa aktivasi juga bisa berasal dari server BRI itu sendiri.

Karena terkadang server BRI juga bisa mengalami gangguan, seperti server BRI yang sedang diperbaharui sehingga hal tersebut mempengaruhi pada saat aktivasi BRI Mobile.

5. Pulsa Tidak Cukup

Pulsa yang tidak cukup juga bisa menjadi penyebab BRI Mobile tidak bisa aktivasi, walaupun kartu SIM sudah ditempatkan dengan benar dan kartu SIM tersebut sudah di aktivasi.

Cara Mengatasi BRI Mobile Tidak Bisa Aktivasi

Setelah Anda mengetahui penyebab BRI Mobile tidak bisa aktivasi, selanjutnya Anda akan mengetahui cara mengatasinya. Ada berbagai cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah BRI Mobile tidak bisa aktivasi.

Cara mengatasi tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan penyebab yang sudah dijelaskan di atas. Nah, untuk lebih jelasnya simaklah penjelasan mengenai cara mengatasi BRI Mobile tidak bisa aktivasi yang ada di bawah ini.

1. Aktifkan Fitur SMS Premium

Cara yang pertama untuk mengatasi BRI Mobile tidak bisa aktivasi yaitu harus mengaktifkan fitur SMS Premium yang ada di pengaturan atau Setelan yang ada di handphone Anda. Karena ternyata ada beberapa tipe handphone yang belum bisa mengaktifkan fitur SMS Premium secara otomatis.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengaktifkan fitur SMS Premium tersebut agar proses aktivasi BRI Mobile bisa dilakukan dengan lancar.

2. Pastikan Kartu SIM Terbaca

Cara yang kedua untuk mengatasi BRI Mobile tidak bisa aktivasi yaitu pastikan Anda sudah menempatkan kartu SIM dengan benar, agar kartu SIM tersebut bisa terbaca di perangkat. Jika sudah berhasil terbaca, pastikan juga Anda sudah melakukan aktivasi terhadap kartu SIM tersebut.

3. Pastikan Pulsa Cukup

Setelah kartu SIM sudah ditempatkan di posisi yang tepat dan kartu SIM sudah di aktivasi, selanjutnya Anda juga harus mengisi pulsa kartu SIM tersebut. Karena proses aktivasi BRI Mobile hanya bisa dilakukan ketika kartu SIM yang digunakan untuk aktivasi BRO Mobile memiliki pulsa yang cukup.

4. Koneksi Internet Harus Stabil

Cara mengatasi yang terkahir dan cukup penting yaitu pastikan ponsel dan kartu SIM yang Anda gunakan untuk aktivasi BRI Mobile terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

Karena aplikasi BRI Mobile hanya bisa di akses dengan lancar ketika ponsel yang digunakan terhubung ke jaringan internet yang stabil.

Ketika Anda sudah melakukan cara tersebut, namun BRI Mobile belum bisa aktivasi, Anda bisa menghubungi call center resmi BRI. Anda bisa menyampaikan keluhan Anda melalui:

  1. Telepon : 14017 / 1500017
  2. Email: callbri@bri.co.id
  3. Website: https://bri.co.id/contact-us

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi BRI Mobile tidak bisa aktivasi yang bisa Anda baca pada artikel ini.

FAQ | Pertanyaan Tentang Kenapa BRI Mobile Tidak Bisa Aktivasi?

Apakah proses aktivasi BRI Mobile bisa dilewati?

Tidak bisa. Karena proses aktivasi berfungsi sebagai verifikasi identitas nasabah, agar tidak ada kekeliruan identitas.

Apakah proses aktivasi BRI Mobile harus ke Bank?

Tidak perlu. Karena proses aktivasi bisa dilakukan secara online.

Ah hanya seorang penulis pemula saja yang suka berbagi hal-hal kecil. Konten bisnis suka saya bagikan karena relate dengan kehidupan sehari-hari saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: