Apakah Gopay Prakerja Bisa Dicairkan? Ternyata Begini Lho

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Gopay Prakerja bisa dicairkan, apakah benar? Program kartu Prakerja sendiri adalah sebuah inisiatif dari pemerintah untuk bisa mendukung pelatihan untuk para masyarakat Indonesia yang ingin punya pekerjaan ataupun meningkatkan keterampilannya.

Oleh karena itu banyak orang yang tertarik mendaftarkan program Prakerja ini dengan harapan setelah mengikuti pelatihan bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang yang kamu kuasai. Beredar kabar jika program Prakerja ini pencairannya bisa via Gopay. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut.

Sekilas Tentang Program Kartu Prakerja

Para peserta Prakerja sendiri akan dapat biaya pelatihan dan juga insentif yang bisa kamu cairkan. Bantuannya sendiri adalah Rp 1 juta untuk membayarkan biaya pelatihan dan Rp 600 ribu yang mana pemberiannya 4 kali untuk insentif pasca pelatihan. Selain itu Rp 150 ribu setelah menyelesaikan survey.

Uang yang bisa kamu cairkan hanya dana insentif pasca pelatihan serta komisi dari hasil penyelesaian survey. Untuk cara mencairkannya sendiri terdapat lembaga maupun aplikasi yang sudah bekerjasama dengan program satu ini dan Gopay menjadi salah satunya.

Gopay sendiri adalah sebuah aplikasi yang menyediakan banyak layanan dengan layanan utamanya yang berupa ojek online. Tapi bisa juga untuk berbagai layanan lain ataupun pembayaran berbagai kebutuhan.

Untuk para peserta program kartu prakerja dan menjadi mitra Gojek tentu saja bisa mencairkan insentif prakerja ke akun Gopay kamu menggunakan alamat email dan juga nomor ponsel yang sudah terdaftar pada Gojek saat mendaftarkan program Prakerja.

Untuk pendaftaran program kartu Prakerja sendiri, tentu saja kamu bisa membuka situs resminya di www.prakerja.go.id. Setelah itu ikuti semua petunjuk dan panduan yang ada dengan benar.

Selain itu, untuk mencairkan dana insentif Prakerja via Gopay tersebut tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi.

Syarat Gopay Prakerja Bisa Dicairkan

Untuk bisa mencairkan dana insentif dari program Prakerja menggunakan Gopay tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi. Sehingga nantinya semua prosesnya bisa berjalan dengan lancar. Berikut, beberapa syaratnya:

1. Sudah Menyelesaikan Pelatihan

Tujuan utama program Prakerja ini tentu saja adalah memberikan pelatihan untuk para peserta. Oleh karena itu, sebelum kamu menerima insentif dari kartu Prakerja tersebut, tentu saja kamu sudah harus menyelesaikan pelatihan yang kamu pilih.

Pelatihan yang sudah selesai akan ditandai dengan sertifikat yang nantinya pihak pelatihan berikan kepada kamu.

2. Sudah Memberikan Ulasan dan Rating

Setelah kamu berhasil menyelesaikan pelatihan, tentu saja kamu harus memberikan ulasan dan juga rating untuk lembaga pelatihan yang kamu pilih agar mendapatkan sertifikat.

Kamu tidak akan dapat mencairkan dana insentif Prakerja jika belum memberikan penilaian. Oleh karena itu, untuk kamu yang belum tahu cara memberikan ulasan dan juga rating, bisa mencari informasinya terlebih dulu.

3. Akun Gopay Sudah Upgrade Gopay Plus

Selain itu kamu juga harus memastikan jika akun Gopay yang kamu gunakan sudah upgrade menjadi Gopay Plus. Caranya dengan verifikasi identitas dan foto diri yang sedang memegang KTP.

Cara Upgrade Akun Gopay ke Gopay Plus

Salah satu syarat Gopay Prakerja bisa dicairkan adalah mengupgrade akun menjadi Gopay Plus. Untuk kamu yang belum upgrade ke akun Gopay Plus, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Gojek kamu dan cari menu Lainnya pada deretan menu Gopay pada bagian atas.
  • Kemudian nantinya akan muncul berbagai macam menu Gopay serta banner Upgrade ke Gopay Plus Gratis. Kamu bisa tap banner tersebut.
  • Persiapkan KTP dan tap Upgrade Sekarang.
  • Ikuti semua langkahnya sesuai dengan arahan. Nantinya kamu perlu mengunggah foto KTP dan juga foto kamu memegang KTP.
  • Tunggu sampai Gopay kamu sudah mendapatkan verifikasi menjadi Gopay Plus.

Cara Mencairkan Gopay Prakerja

Setelah kamu sudah lolos seleksi dari program kartu Prakerja, tentu saja kamu perlu memilih platform yang kamu inginkan untuk pencairan insentif bantuan dari program kartu Prakerja tersebut. Kamu bisa memilih Gopay.

Kemudian kamu bisa memasukkan nomor yang sama dan sudah terdaftar pada aplikasi Gojek kamu. Pada saat program pelatihan yang sudah kamu pilih selesai, tentu saka kamu akan mendapatkan bantuan insentif ke akun Gopay.

Tapi, kamu juga perlu menambahkan akun bank untuk mengirimkan uang tersebut dari Gopay ke rekening kamu. Untuk caranya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Kamu bisa membuka aplikasi Gojek pada ponsel.
  • Tap pada opsi Bayar yang ada pada menu Gopay pada aplikasi Gojek.
  • Pilih cara bayar ke rekening bank.
  • Tap transfer instan ke rekening baru.
  • Pilih bank tujuan kemudian masukkan nomor rekening yang ada pada kolom.
  • Tap Verifikasi dan nantinya akan muncul nama pemilik rekening yang kamu masukkan secara otomatis. Lalu, kamu bisa tap Lanjut.
  • Masukkan nominal saldo yang ingin kamu transfer ke rekening bank dan pastikan jumlah dari pengiriman saldo sudah benar. Lalu, kamu bisa tap Lanjut.
  • Masukkan kode PIN pada akun Gopay kamu.
  • Lalu, kamu tinggal menunggu saldo insentif tersebut masuk ke dalam rekening bank dan tak perlu khawatir karena tidak membutuhkan waktu lama.
  • Jika saldonya sudah terkirim, tentu saja kamu bisa melihat rincian transfer yang sudah ada dan manfaatkan dana tersebut sebaik mungkin.

Demikian, sekilas tentang program kartu Prakerja dan pencairannya. Jadi memang Gopay Prakerja bisa dicairkan dan kamu manfaatkan. Selain mendapatkan pelatihan untuk bisa meningkatkan keterampilan, kamu juga bisa mendapatkan insentif yang cukup besar. Jadi, daftarkan diri kamu sekarang juga.

FAQ | Pertanyaan Tentang Gopay Prakerja Bisa Dicairkan

Apakah ada biaya admin untuk pencairan insentif Prakerja?

Untuk biaya adminnya sendiri ketika kamu melakukan transfer dari Gopay ke rekening pribadi sebesar Rp 2.500,-.

Apakah bantuan Prakerja bisa ditarik semua?

Untuk penarikan dana bantuan Prakerja tentu saja tidak bisa kamu tarik semua. Hanya dana insentif dan komisi survei saja. Untuk dana pelatihan tentu saja untuk biaya pelatihan yang kamu jalankan.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: