Cara Mengganti KTP di DANA Premium dengan Mudah

Cara mengganti KTP di DANA apakah bisa? Hal satu ini memang sering kali menjadi pertanyaan bagi para pengguna DANA yang ingin mengganti KTP karena beberapa hal. Mungkin karena adanya perubahan data atau yang lainnya.

Sebenarnya, mengganti KTP pada aplikasi DANA bisa kamu lakukan dengan cukup mudah. Selain akun DANA biasa sampai Premium bisa kamu ganti. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahasnya secara lebih jelas.

Apakah Bisa Ganti KTP DANA Premium?

Untuk mendaftar dan membuat akun DANA, terutama untuk DANA Premium tentu saja harus melampirkan foto KTP. Bahkan dalam satu akun hanya bisa dengan satu KTP saja. Jadi, jika memang nama KTP sama, kamu bisa menggantinya dengan yang baru.

Sedangkan jika satu KTP untuk dua akun DANA Premium memang tidak bisa dan tidak diizinkan karena nantinya akan mengacu pada pemalsuan identitas. Jadi, jika KTP kamu mengalami perubahan kamu bisa meminta bantuan untuk menggantinya dengan yang baru.

Dibandingkan harus menutup akun ataupun mendaftar akun baru DANA, tentu saja akan lebih mudah dengan mengganti KTP. Selain itu, resikonya juga lebih minim karena akun DANA Premium yang mana sudah upgrade statusnya tidak akan hilang.

Sangat sayang bukan jika pada DANA Premium bisa menyimpan saldo hingga Rp 20 juta dan juga maksimal limit bulanannya adalah Rp 40 juta harus turun lagi.

Syarat Ganti KTP Pada DANA Premium

Untuk mengganti KTP pada DANA memang membutuhkan beberapa persyaratan serta tidak bisa sembarangan dalam melakukannya. Oleh karena itu, kamu bisa mempersiapkan KTP yang baru serta memastikan jika identitas nama ataupun foto pada KTP sama dengan yang lama.

Hal itu karena pada sebelumnya sudah melakukan verifikasi identitas dan juga biometric, sehingga untuk bisa merubahnya tentu saja perlu alat verifikasi yaitu KTP yang baru. Untuk persyaratannya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Mempersiapkan foto KTP yang baru, dan untuk foto serta nama kamu harus memastikan masih sama pemiliknya. Sedangkan untuk perubahan bagian NIK ataupun alamat tinggal tidak menjadi masalah karena sudah diganti yang baru.
  • Nomor hp yang telah terdaftar dalam aplikasi DANA.
  • Email yang terdaftar untuk bisa menerima balasan serta verifikasi secara lebih lanjut.
  • Mempunyai aplikasi DANA dan juga bisa melakukan akses login.

Cara Mengganti KTP di DANA Versi Premium

Sedangkan untuk mengganti KTP di DANA Premium bisa kamu lakukan melalui aplikasi ataupun bisa juga dengan menghubungi call center. Jadi, misalnya kamu mengalami kegagalan dalam mengupgrade akun DANA Premium juga bisa mengganti KTP dengan yang baru, yang terpenting masih satu identitas.

Untuk manfaat utama mengganti ke KTP yang baru adalah identitas bisa verifikasi secara sah, sehingga semua transaksi yang kamu lakukan akan lebih jelas.

Kemudian nantinya agar bisa menghindari identitas ganda, sehingga pemilik dari akun DANA Premium bisa terbukti sah. Bahkan, ketika kamu melakukan transaksi nantinya bisa menggunakan semua fasilitas dari DANA tanpa perlu kamu menghapus akun ataupun melakukan pendaftaran ulang.

Lalu, bagaimana cara mengganti KTP di DANA versi Premium itu sendiri? Tak perlu bingung, karena caranya sangat mudah. Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu dari aplikasi DANA atau bisa juga melalui telepon. Berikut, penjelasannya:

1. Melalui Aplikasi

Untuk cara yang pertama kamu bisa menggunakan aplikasi secara langsung, tapi pastikan dulu jika KTP tersebut belum terdaftar. Meskipun namanya sama, tapi NIK serta detail dari alamat berbeda, tetap perlu kamu perhatikan.

KTP yang baru nantinya berguna untuk mengganti KTP lama yang tidak berlaku lagi. Kemudian kamu bisa mengambil foto KTP secara jelas agar proses verifikasi bisa kamu lakukan dengan mudah.

Selain itu, pastikan juga koneksi internet stabil untuk bisa mengakses pusat resolusi. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

  • Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan login dan masuk ke aplikasi DANA, setelah itu kamu bisa masuk ke dalam menu Saya.
  • Kemudian pada langkah yang berikutnya, dalam menu Saya tersebut nantinya akan muncul tampilan DANA Premium. Kamu bisa swipe sampai ke arah bawah.
  • Lalu kamu bisa melanjutkan langkahnya dengan masuk ke dalam Pusat Bantuan yang ada pada bagian bawah.
  • Pada menu Pusat Bantuan tersebut, kamu perlu scroll hingga yang paling bawah.
  • Lanjutkan langkahnya dengan memilih menu Pusat Resolusi pada bagian Hubungi Kami.
  • Jika sudah, pada menu Pusat Resolusi kamu bisa lanjut untuk tap menu Lainnya.
  • Nantinya akan muncul banyak topic. Kamu bisa mencari dan masuk ke bagian Akun & Keamanan.
  • Dalam menu tersebut, kamu bisa memilih opsi Kendala Lainnya.
  • Yang berikutnya, akan muncul formulir. Kamu bisa melampirkan detail masalah dengan mengetikkan permohonan penggantian KTP pada DANA Premium karena alasan perubahan identitas, kemudian perpindahan alamat maupun yang lainnya.
  • Lalu kamu bisa tap tanda + untuk melakukan upload foto KTP yang baru. Pada saat sudah mengupload, kamu bisa tap Kirim.
  • Selanjutnya, pihak DANA nantinya akan membalas pesan kamu melalui email. Isinya adalah informasi lebih lanjut tentang pengajuan penggantian KTP kamu.
  • Yang terakhir tentu saja kamu tinggal menunggu respon atau balasan apakah KTP sudah diganti atau belum. Untuk prosesnya sendiri sebenarnya bisa kamu tanyakan secara langsung via layanan chat. Karena sekarang ini ada fitur live chat yang bisa kamu manfaatkan.

2. Melalui Call Center

Selain melalui aplikasi DANA secara langsung, kamu juga bisa mengganti KTP melalui call center. Jika kamu memilih cara satu ini, tentu saja kamu harus mempersiapkan NIK, email, nomor HP ataupun foto KTP. Jika melalui telepon ataupun Whatsapp, kamu bisa langsung bicara kepada call center.

Sehingga nantinya kamu bisa mendapatkan respon yang lebih cepat karena berbicara langsung dengan pihak petugas call center DANA. Untuk waktu prosesnya sendiri tergantung dari masing-masing pengajuan akun DANA itu sendiri. Jadi, kamu bisa menanyakannya secara langsung kepada call center.

Sampaikan jika kamu ingin mengganti KTP pada akun DANA. Sedangkan jika melalui email kamu bisa langsung mengirimkan foto KTP dan melampirkan permohonan penggantian KTP menggunakan format teks. Untuk beberapa hal yang perlu kamu tahu, berikut adalah kontak resmi dari DANA:

  • Call center resmi          : 1500445
  • Alamat email                  : help@dana.id
  • Nomor Whatsapp        : 081911500445
  • Alamat                              : Capital Place Lt.18, Jl. Gatot Subroto No. Kav.18 RT.6/RW.1, Kuningan Barat,   Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12810

Cara mengganti KTP di DANA Premium memang bisa kamu lakukan jika nama pemilik akun dan juga fotonya sama. Bahkan tidak perlu upgrade lagi, kamu bisa menggantinya secara langsung tanpa perlu membuat akun baru. Hal ini tentunya akan lebih menguntungkan karena kamu tidak kehilangan fiturnya.

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Mengganti KTP di DANA

Apakah 1 KTP bisa untuk dua akun DANA?

Tentu saja tidak bisa karena kebijakan dari DANA adalah 1 KTP hanya bisa untuk 1 akun DANA saja.

Berapa lama proses penggantian KTP pada aplikasi DANA?

Hal ini biasanya tergantung dari permohonan penggantian KTP tersebut, tapi biasanya memakan waktu sekitar 3 sampai 7 hari kerja.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: