Cara Bayar Paspor Online Via ATM Mandiri & Internet Banking

Cara Bayar Paspor Online Via ATM Mandiri & Internet Banking

Cara bayar paspor online via ATM Mandiri atau via internet banking Mandiri bisa menjadi salah satu alternatif mudah yang bisa kamu gunakan untuk bayar paspor tanpa harus keluar rumah.

Kedua cara ini juga mudah banget kamu lakukan. Di artikel ini sudah saya jelaskan langkah-langkahnya. Silahkan baca dan simak.

Cara Mendapatkan Kode Pembayaran Paspor Online

Kode Pembayaran Paspor Online dapat diperoleh melalui website resmi Direktorat Jenderal Imigrasi, yaitu https://www.imigrasi.go.id/. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatkan Kode Pembayaran Paspor Online:

  1. Buka website resmi Direktorat Jenderal Imigrasi, yaitu https://www.imigrasi.go.id/.
  2. Pilih menu “Layanan Online” pada bagian atas halaman.
  3. Pilih layanan “Pembayaran Paspor”.
  4. Pilih jenis paspor yang ingin diajukan, yaitu paspor biasa, paspor diplomatik, atau paspor dinas.
  5. Masukkan data diri yang diperlukan, seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor identitas.
  6. Setelah memasukkan data diri, akan muncul halaman dengan rincian biaya pembuatan paspor beserta Kode Pembayaran.
  7. Salin atau catat Kode Pembayaran tersebut.

Setelah mendapatkan Kode Pembayaran, Anda dapat melakukan pembayaran melalui berbagai cara, termasuk melalui Mobile Banking Mandiri, ATM Mandiri, atau melalui bank-bank lain yang bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi.

Pastikan bahwa Anda membayar biaya pembuatan paspor sesuai dengan jumlah yang tertera pada Kode Pembayaran dan jangan lupa menyimpan bukti pembayaran sebagai bukti bahwa pembayaran telah dilakukan.

Cara Bayar Paspor Online Via ATM Mandiri

Untuk membayar biaya pembuatan paspor melalui ATM Mandiri, terdapat beberapa langkah yang perlu diikuti. Berikut adalah langkah-langkah lengkap cara bayar paspor online via ATM Mandiri:

  1. Pastikan Anda memiliki kartu ATM Mandiri dan PIN ATM yang masih aktif.
  2. Cari dan datang ke mesin ATM Mandiri terdekat.
  3. Masukkan kartu ATM Mandiri ke mesin ATM dan masukkan PIN ATM Anda.
  4. Pilih menu “Bayar/Beli”.
  5. Pilih “Lainnya” pada daftar menu pembayaran.
  6. Masukkan Kode Bayar yang telah Anda dapatkan dari website Direktorat Jenderal Imigrasi.
  7. Masukkan jumlah pembayaran sesuai dengan biaya pembuatan paspor yang berlaku.
  8. Konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN ATM Anda.
  9. Simpan bukti pembayaran sebagai bukti bahwa pembayaran telah dilakukan.

Syarat pembayaran paspor online via ATM Mandiri adalah memiliki kartu ATM Mandiri dan PIN ATM yang masih aktif. Selain itu, Anda juga harus memiliki Kode Bayar yang dapat diperoleh melalui website Direktorat Jenderal Imigrasi. Biaya admin untuk pembayaran paspor online via ATM Mandiri adalah Rp6.500.

Untuk kode bayar dan biaya pembuatan paspor, tergantung pada jenis paspor yang Anda ajukan. Biaya pembuatan paspor biasanya lebih tinggi untuk paspor dengan jangka waktu yang lebih lama atau paspor yang diterbitkan dengan proses yang lebih cepat.

Dalam melakukan pembayaran melalui ATM Mandiri, pastikan bahwa Anda telah memasukkan jumlah pembayaran yang tepat dan telah memasukkan PIN dengan benar. Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran sebagai bukti bahwa pembayaran telah dilakukan.

Demikianlah langkah-langkah lengkap cara bayar paspor online via ATM Mandiri beserta syarat, kode bayar, dan biaya admin.

Cara Bayar Paspor Online Via Internet Banking Mandiri

Untuk membayar biaya pembuatan paspor melalui Internet Banking Mandiri, terdapat beberapa langkah yang perlu diikuti. Berikut adalah langkah-langkah lengkap cara bayar paspor online via Internet Banking Mandiri:

  1. Pastikan Anda telah memiliki akun Internet Banking Mandiri yang telah terdaftar dan aktif.
  2. Buka website resmi Direktorat Jenderal Imigrasi, yaitu https://www.imigrasi.go.id/.
  3. Pilih menu “Layanan Online” pada bagian atas halaman.
  4. Pilih layanan “Pembayaran Paspor”.
  5. Pilih jenis paspor yang ingin diajukan, yaitu paspor biasa, paspor diplomatik, atau paspor dinas.
  6. Masukkan data diri yang diperlukan, seperti nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor identitas.
  7. Setelah memasukkan data diri, akan muncul halaman dengan rincian biaya pembuatan paspor beserta Kode Pembayaran.
  8. Salin atau catat Kode Pembayaran tersebut.
  9. Buka website resmi Mandiri Internet Banking, yaitu https://ibank.bankmandiri.co.id.
  10. Masukkan User ID dan Password untuk login ke akun Internet Banking Mandiri Anda.
  11. Setelah masuk ke dalam akun Internet Banking Mandiri, pilih menu “Bayar Tagihan”.
  12. Pilih “Tagihan Lainnya” pada daftar menu pembayaran.
  13. Masukkan Kode Bayar yang telah Anda dapatkan dari website Direktorat Jenderal Imigrasi.
  14. Masukkan jumlah pembayaran sesuai dengan biaya pembuatan paspor yang berlaku.
  15. Konfirmasi pembayaran dengan memasukkan kode OTP (One Time Password) yang akan dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar pada akun Internet Banking Mandiri Anda.
  16. Setelah pembayaran selesai dilakukan, simpan bukti pembayaran sebagai bukti bahwa pembayaran telah dilakukan.

Syarat pembayaran paspor online via Internet Banking Mandiri adalah memiliki akun Internet Banking Mandiri yang telah terdaftar dan aktif. Selain itu, Anda juga harus memiliki Kode Bayar yang dapat diperoleh melalui website Direktorat Jenderal Imigrasi. Biaya admin untuk pembayaran paspor online via Internet Banking Mandiri adalah Rp6.500.

Untuk kode bayar dan biaya pembuatan paspor, tergantung pada jenis paspor yang Anda ajukan. Biaya pembuatan paspor biasanya lebih tinggi untuk paspor dengan jangka waktu yang lebih lama atau paspor yang diterbitkan dengan proses yang lebih cepat.

Dalam melakukan pembayaran melalui Internet Banking Mandiri, pastikan bahwa Anda telah memasukkan jumlah pembayaran yang tepat dan telah memasukkan kode OTP dengan benar. Jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran sebagai bukti bahwa pembayaran telah dilakukan.

Demikianlah langkah-langkah lengkap cara bayar paspor online via Internet Banking Mandiri beserta syarat, kode bayar, dan biaya admin.

Akhir Kata

Membayar biaya pembuatan paspor melalui Internet Banking Mandiri merupakan pilihan yang praktis dan efisien. Anda tidak perlu lagi datang ke ATM atau bank untuk melakukan pembayaran, cukup dengan login ke akun Internet Banking Mandiri dan melakukan beberapa langkah sederhana untuk membayar biaya pembuatan paspor.

Namun, pastikan bahwa Anda telah memperoleh Kode Pembayaran yang tepat dari website resmi Direktorat Jenderal Imigrasi dan telah memasukkan jumlah pembayaran yang tepat. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda telah memasukkan kode OTP dengan benar untuk mengkonfirmasi pembayaran.

Biaya admin untuk pembayaran paspor online via Internet Banking Mandiri sebesar Rp6.500. Biaya pembuatan paspor sendiri tergantung pada jenis paspor yang Anda ajukan dan jangka waktu penerbitannya. Pastikan bahwa Anda telah memperoleh informasi yang tepat mengenai biaya pembuatan paspor sebelum melakukan pembayaran.

Dengan melakukan pembayaran melalui Internet Banking Mandiri, Anda juga dapat memperoleh bukti pembayaran yang dapat disimpan sebagai bukti bahwa pembayaran telah dilakukan. Hal ini dapat sangat berguna jika nantinya Anda membutuhkan bukti pembayaran untuk keperluan administrasi atau lainnya.

Secara keseluruhan, membayar biaya pembuatan paspor melalui Internet Banking Mandiri sangat praktis dan efisien. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dengan benar, Anda dapat membayar biaya pembuatan paspor dengan mudah dan cepat.

Seorang content writer dan praktisi bisnis digital. Terimakasih sudah membaca artikel-artikel saya. Jangan lupa share setiap tulisan saya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: