Cara Bayar FIF Lewat ATM BNI Beserta Biayanya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Bagaimana cara bayar FIF lewat ATM BNI? FIF merupakan perusahaan yang menyediakan fasilitas pembiayaan baik konvensional maupun syariah. FIF sendiri menyediakan berbagai metode pembayaran yang bisa digunakan untuk membayar angsurannya.

Salah satu metode pembayaran yang di sediakan oleh FIF adalah lewat ATM BNI. Namun, ada beberapa orang yang tidak mengetahui caranya. Oleh karena itu, pada artikel ini sudah kami tuliskan cara bayar FIF lewat ATM BNI beserta syaratnya.

Silahkan Anda baca artikel ini sampai selesai, agar Anda bisa membayar angsuran FIF dengan lebih mudah dan aman.

Syarat Bayar FIF Lewat ATM BNI

Sebelum ke cara bayar FIF lewat ATM BNI, Anda harus mengetahui syarat-syaratnya terlebih dahulu agar Anda paham dengan cara bayarnya. Cara bayar ini akan menunjang keberhasilan Anda dalam melakukan pembayaran di ATM BNI.

Syarat-syarat bayar FIF lewat ATM BNI adalah sebagai berikut.

1. Siapkan Kartu ATM

Syarat yang pertama yaitu Anda harus menyiapkan kartu ATM BNI sebelum membayar angsuran FIF. Kartu ATM BNI ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi seperti halnya membayar angsuran FIF. Sehingga penting bagi Anda untuk membawa kartu ATM pada saat pembayaran.

2. Memiliki Saldo yang Cukup

Syarat yang kedua yaitu pastikan Anda memiliki saldo BNI yang cukup untuk melakukan pembayaran angsuran FIF. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan sejumlah dana untuk membayar biaya lainnya. Jadi, pastikan saldo Anda lebih dari nominal angsuran FIF yang akan dibayar.

3. Mengetahui Kode Pembayaran

Syarat yang terakhir yaitu pastikan Anda sudah mengetahui kode pembayaran FIF. Kode pembayaran ini akan digunakan sebagai rekening tujuan pembayaran angsuran FIF.

Kode pembayaran ini biasanya terdiri dari kode perusahaan (1004) ditambahkan dengan nomor kontrak FIF. Nomor kontrak FIF ini biasanya terdiri dari 11 sampai 12 digit angka.

Cara Bayar FIF Lewat ATM BNI

Setelah Anda mengetahui dan memenuhi semua syaratnya, Anda bisa melakukan cara bayar FIF lewat ATM BNI. Langkah-langkah bayar FIF lewat ATM BNI sangatlah sederhana, sehingga Anda akan bisa melakukannya dengan mudah.

Untuk lebih jelasnya simaklah beberapa penjelasan mengenai langkah-langkah bayar FIF lewat ATM BNI yang ada di bawah ini.

1. Kunjungi ATM BNI Terdekat

Langkah pertama untuk membayar angsuran FIF lewat ATM BNI yaitu Anda harus mengunjungi ATM BNI terdekat, agar proses pembayaran bisa segera dilakukan. Pastikan Anda sudah membawa kartu ATM BNI yang Anda miliki ke gerai ATM BNI.

2. Masukkan Kartu ATM BNI

Jika sudah sampai ke gerai ATM BNI, silahkan Anda masukkan kartu ATM BNI yang Anda bawa. Kemudian Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang digunakan, misalnya Anda memilih “Bahasa Indonesia”. Lalu silahkan masukkan PIN kartu ATM BNI Anda.

3. Pilih Menu Lainnya

Setelah masuk ke halaman utama ATM BNI, akan ada beberapa pilihan menu transaksi yang bisa digunakan. Untuk membayar angsuran FIF pilih “Menu Lainnya”. Kemudian akan muncul kembali beberapa menu silahkan Anda pilih menu “Pembayaran”.

4. Pilih Menu Angsuran Kredit

Setelah Anda masuk ke halaman Pembayaran pilih menu “Angsuran Kredit”. Selanjutnya pilih pembayaran angsuran kredit yang akan digunakan, silahkan Anda tekan menu “Pembiayaan Lainnya” untuk membayar angsuran FIF.

5. Masukkan Kode Pembayaran

Kemudian Anda akan diminta untuk memasukkan kode pembayaran. Seperti yang dikatakan sebelumnya, kode pembayaran ini berupa kode perusahaan dan nomor kontrak. Contohnya 1004102345678968.

Pastikan Anda memasukkan kode pembayaran nya dengan benar. Jika sudah selesai dimasukkan tekan “Benar”.

6. Konfirmasi Pembayaran

Selanjutnya ATM BNI akan memunculkan halaman konfirmasi pembayaran. Silahkan Anda periksa kembali data yang Anda masukkan sebelumnya apakah sudah benar atau belum. Jika data tersebut sudah benar silahkan tekan “YA” untuk melanjutkan pembayaran.

7. Pembayaran Selesai

Setelah itu mesin ATM akan mengeluarkan struk pembayaran. Silahkan Anda simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran FIF yang sah. Cara bayar FIF lewat ATM BNI pun selesai.

Nah, itulah beberapa langkah yang harus Anda ikuti jika ingin melakukan cara bayar FIF lewat ATM BNI. Langkah-langkah yang disebutkan di atas sangatlah sederhana dan akan mudah diikuti oleh Anda yang baru pertama kali akan melakukan pembayaran angsuran FIF di ATM BNI.

Biaya Bayar FIF Lewat ATM BNI

Setelah mengetahui syarat dan cara bayar FIF lewat ATM BNI, mungkin Anda juga penasaran dengan nominal biaya lain yang harus dibayar karena memang sudah disinggung sebelumnya.

Biaya ini harus Anda ketahui agar tidak ada kesalahpahaman ketika di struk pembayaran tertera nominal pembayaran yang berbeda.

Pihak BNI sudah menerapkan biaya dalam pembayaran angsuran FIF. Biaya ini bisa dibilang cukup rendah yaitu hanya sekitar Rp. 4.000 per transaksinya. Biaya ini berlaku di semua fasilitas yang disediakan BNI, baik itu di ATM, SMS Banking BNI, BNI Mobile, Internet Banking BNI dan juga Agen 46.

Keuntungan Bayar FIF Lewat ATM BNI

Jika Anda menggunakan cara bayar FIF lewat ATM BNI, akan ada beberapa keuntungan yang akan didapat. Keuntungannya beragam, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Proses pembayaran yang mudah dan cepat karena langkah-langkah yang sederhana, sehingga akan mudah untuk dilakukan, apalagi jika gerai ATM BNI dekat dengan lokasi Anda
  • Pembayaran FIF lewat ATM BNI terjamin aman, karena pembayaran akan langsung diterima oleh FIF
  • Pembayaran FIF bisa dilakukan di semua ATM BNI yang tersedia di Indonesia
  • Biaya yang diterapkan pihak BNI untuk membayar angsuran FIF cukup rendah

FAQ | Pertanyaan Tentang Cara Bayar FIF Lewat ATM BNI

Berapa biaya yang harus dikeluarkan ketika membayar angsuran FIF lewat ATM BNI?

Biaya yang harus dikeluarkan adalah jumlah dari nominal angsuran FIF ditambah dengan biaya lainnya yang sudah disebutkan sebelumnya.

Apa yang harus dilakukan jika salah memasukkan kode pembayaran?

Pada halaman konfirmasi silahkan Anda pilih kembali, dan perbaiki kode pembayaran tersebut.

Ah hanya seorang penulis pemula saja yang suka berbagi hal-hal kecil. Konten bisnis suka saya bagikan karena relate dengan kehidupan sehari-hari saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: