Kenapa Aktivasi DANA Paylater Gagal? Ini Solusinya?

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Aktivasi DANA Paylater gagal, apa penyebabnya? Hal ini sering kali menjadi pertanyaan dari sebagian besar pengguna DANA yang ingin mengajukan fitur paylater. Mengingat DANA ini tak hanya bisa digunakan untuk melakukan transaksi tunai saja, tapi juga bisa untuk paylater.

Dengan adanya layanan DANA Paylater, tentunya kamu bisa melakukan pembayaran secara mudah, yang menarik adalah kamu bisa mencicilnya sampai 12 bulan. Tapi, meskipun dikenal mudah pada beberapa kondisi terkadang aktivasinya bisa gagal dilakukan dan tentunya menjadi masalah.

Penyebab Aktivasi DANA Paylater Gagal

Terjadinya kegagalan pada aktivasi DANA Paylater tentunya disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin saja terjadi. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa penyebab mengapa aktivasi DANA Paylater bisa mengalami kegagalan:

1. Adanya Gangguan Sistem

Aktivasi DANA Paylater yang gagal bisa disebabkan oleh adanya gangguan sistem. Hal itu bisa terjadi jika memang layanannya sedang mengalami perbaikan, jadi sejumlah fitur diaktifkan. Jika memang hal tersebut terjadi tentunya proses dalam mengaktifkan fitur paylater pasti akan terganggu.

2. Swafoto yang Kurang Jelas

Untuk bisa mengaktifkan fitur dari DANA Paylater tentunyaakan terganggu jika data yang kamu unggah kurang lengkap. Salah satu penyebabnya adalah jika swafoto yang kamu lakukan tidak jelas. Oleh karena itu, kamu harus memastikan kembali data diri, foto dan KTP benar-benar jelas.

3. Aplikasi DANA yang Belum Update

Aplikasi DANA yang mana belum kamu perbarui atau update juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa aktivasi DANA Paylater gagal. Jadi, jika kamu ingin menggunakan fitur tersebut, tentu saja harus memastikan jika aplikasinya kamu perbarui terlebih dulu agar saat penggunaan bisa lancar.

4. Punya Riwayat Slik OJK Kurang Baik

Setiap kali akan mengaktifkan kredit atau pinjaman online, tentu saja sistem akan memeriksa data para pengguna, begitupun dengan riwayat kredit pada OJK.

Terlebih lagi DANA sudah bekerja sama dengan Akulaku dan beberapa aplikasi pinjaman online lainnya. Jika kamu punya riwayat kredit yang buruk tentunya bisa dipastikan jika aktivasi DANA Paylater kamu akan gagal.

5. Masih Punya Tunggakan Pada Pinjaman Online Lain

Hal ini juga bisa menjadi penyebab aktivasi paylater gagal, oleh karena itu, kamu harus memastikan tidak punya tunggakan pada aplikasi kredit lain. Kamu harus melunasi dulu semua tunggakan ataupun tagihan tepat waktu untuk bisa menghindari denda dan juga memulihkan BI Checking.

6. Baru Langganan E-Wallet DANA

Selain itu, jika kamu baru saja bergabung dan punya akun DANA belum ada 1 tahun tidak akan bisa melakukan aktivasi DANA Paylater.

Karena layanan satu ini memang dipercayakan untuk para pengguna DANA yang sudah aktif lebih dari satu tahun dan juga nilai transaksinya tercatat tinggi. Jika kamu baru saja daftar tentunya layanan atau fitur paylater tersebut tidak akan muncul.

Cara Atasi Aktivasi DANA Paylater Gagal

Setelah kamu tahu apa saja penyebab mengapa aktivasi DANA Paylater bisa gagal, tentunya kamu juga perlu tahu bagaimana cara mengataisnya. Tak perlu bingung-bingung lagi, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menghubungi Call Center

Yang pertama kamu bisa menghubungi call center resmi dari DANA, untuk mulai membuat pengadua. Jangan lupa untuk mempersiapkan pulsa ataupun paket menelpon, sehingga nantinya bisa lebih hemat.

Jika sudah tersambung, kamu bisa menjelaskan masalah jika aktivasi DANA Paylater tersebut gagal. Dengan demikian, customer service DANA akan memberikan solusi yang tepat.

2. Langsung Datang ke Kantor DANA

Jika memang kamu ada di lokasi yang mana dekat dengan kantor resmi dari DANA, tentunya bisa kesana kemudian menghubungi customer service. Kamu bisa segera mendapatkan bantuan informasi ataupun solusi untuk berbagai masalah kamu.

3. Mengajukan Komplain via Email

Kamu juga bisa mencoba untuk meminta bantuan via email resmi DANA, yaitu help@dana.id. Kamu busa menjelaskan semua data lengkap dan kendala yang sedang dialami. Setelah itu tunggu balasan tanggapannya dalam 1×24 jam dari pihak customer service DANA.

4. Membuat Pengaduan via Sosial Media

Untuk mengatasi masalah aktivasi DANA Paylater yang gagal, kamu juga bisa mencoba untuk membuat pengaduan masalah melalui sosial media dari DANA, misalnya saja di Instagram ataupun Twitter.

5. Perbarui Aplikasi atau Hapus Cache

Selain itu kamu bisa memperbarui aplikasi DANA ataupun menghapus cache, terutama untuk kamu yang tidak pernah melakukan update pada aplikasi.

Jika memang terjadi gangguan karena aplikasi, kamu bisa membuka App Store atau Play Store untuk mengupdate aplikasi tersebut. Selain itu kamu juga bisa mencoba untuk menghapus cache agar hasilnya lebih optimal.

Cara Atasi DANA Paylater Gagal / Tidak Muncul

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh DANA, tidak sedikit pula pengguna aktif DANA yang merasa jika semuanya sudah sesuai kualifikasi. Tapi, tetap saja DANA Paylater kamu tidak muncul. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Kamu harus mengupgrade aplikasi DANA ke Premium terlebih dulu.
  • Meskipun akun kamu sudah premium tetapi jarang melakukan transaksi juga bisa tidak muncul aktivasinya. Oleh karena itu, kamu bisa transaksi yang leng banyak.
  • Salah satu hal yang bisa saja terjadi adalah kamu belum mendapatkan undangan.
  • Selain itu kamu juga perlu memastikan jika aku DANA sudah lama dan sering kamu gunakan untuk transaksi.
  • Selain itu kamu juga perlu mengupdate aplikasinya.

Cara Aktivasi DANA Paylater

Kamu tidak perlu khawatir jika aktivasi DANA Paylater tersebut mengalamikegagalan. Setelah kamu tahu apa penyebab dan solusinya, kamu bisa mengaktifkan kembali. Inilah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Memahami Syarat dan ketentuan

Untuk yang pertama harus kamu lakukan adalah memenuhi semua syarat dan ketentuannya terlebih dulu. Terutama untuk syarat administrasiya, berikut adalah beberapa syarat yang perlu kamu persiapkan agar fitur paylater dari DANA bisa diaktifkan:

  • KTP
  • Memberikan kontak darurat
  • Layanan aplikasi DANA sudah upgrade ke Premium
  • Nomor ponsel aktif serta terdaftar pada akun DANA
  • Punya penghasilan bulanan

2. Cara Aktifkan Fitur DANA Paylater

Jika kamu sudah memenuhi semua persyaratan administrasinya, tentu saja kamu bisa mengaktikan fitur paylater pada DANA. Berikut, adalah langkah-langkahnya:

  • Kamu harus melakukan login ke dalam aplikasi terlebih dulu.
  • Kemudian membuka menu “Saya”. Dan pilih fitur “Paylater”.
  • Setelah itu kamu bisa mengeklik “Lanjutkan”.
  • Kamu juga perlu melengkapi data diri m
  • Lakukan menggunakan E-KTP, data pekerjaan dan darurat.
  • Lakukan swafoto dengan kamu memegang KTP tersebut.
  • Masukkan PINK Aplikasi.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai hanya dalam beberapa menit saja.

Setelah kamu mengaktifkan fitur DANA Paylater, tentu saja kamu bisa membayarkan berbagai kebutuhan, misalnya saja perjalanan, mencicil kebutuhan mendadak sampai KTA.

Jadi, itulah penyebab serta cara mengatasi permasalahan dari aktivasi DANA Paylater gagal yang bisa kamu lakukan. Jadi, dengan adanya hal tersebut akan membuat aktivasi DANA Paylater yang gagal bisa segera diselesaikan dengan baik.

FAQ | Pertanyaan Tentang Aktivasi DANA Paylater Gagal

Berapa lama proses aktivasi DANA Paylater yang gagal?

Biasanya hanya membutuhkan waktu yang tidak lama, tetapi untuk proses pencairanya antara 15 sampai 30 hari kerja.

Berapa nomor call center DANA untuk mengatasi aktivasi DANA Paylater yang gagal?

Untuk nomor call center resmi dari DANA adalah 1500445.

.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: