7 Cara Jualan di Tokopedia Tanpa Modal Tapi Untung Banyak

bagaimana cara jualan di Tokopedia tanpa modal

Siapa bilang jualan di Tokopedia harus punya modal, harus punya produk? Kamu yang gak punya modal dan gak punya produk pun bisa lho. Di sini akan saya jelaskan bagaimana cara jualan di Tokopedia tanpa modal yang besar atau bahkan benar-benar tanpa modal.

Selama kamu punya koneksi internet, kamu bisa mulai jualan di Tokopedia tanpa modal sama sekali. Bisnis ini cocok banget dijalankan oleh kamu yang saat ini berprofesi sebagai:

  1. Pelajar yang ingin punya penghasilan
  2. Karyawan kantor yang butuh tambahan pemasukan
  3. Ibu rumah tangga yang cari tambahan uang dapur
  4. Kamu yang ingin jualan tapi tidak punya modal

Pelajari trik ini, kamu akan punya 1 peluang menarik untuk hasilkan uang di Tokopedia tanpa modal sama sekali.

Emang Bisa Jualan di Tokopedia Tanpa Modal?

Jawaban untuk pertanyaan di atas ini, tentu bisa. Mengapa demikian? Seperti yang kamu ketahui, bahwa pada aplikasi Tokopedia terdapat fitur untuk menjadi dropship. Dengan adanya dropship ini, kamu bisa memulai bisnis berjualan pada aplikasi jual beli online Tokopedia tanpa harus mengeluarkan modal.

Berbisnis online pada jaman saat ini bisa kamu lakukan dengan mudah. Bahkan seperti yang dikatakan di atas tadi, bahwa kamu dapat memulai bisnis pada marketplace Tokopedia tanpa harus mengeluarkan modal di awal. Model bisnis dropship tanpa modal terbilang cukup praktis untuk menjual produk online.

Bagaimana Cara Jualan di Tokopedia Tanpa Modal?

Cara dalam berjualan di Tokopedia tanpa modal ini bisa kamu lakukan dan dijalani dengan menjadi seorang dropshipper. Dropshipper atau bisa dikatakan sebagai middle-man ini, bertugas untuk menjual suatu jenis produk atau barang online. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan uang dari hasil jual itu.

Untuk menjalankan bisnis tanpa modal awal pada aplikasi Tokopedia ini. Kamu harus mencari supplier yang dapat diajak kerjasama untuk mengirimkan suatu barang atau produk dari supplier langsung terus ke pelanggan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa perhatikan beberapa poin cara uraian di bawah ini yaa:

1. Riset Produk yang Paling Laris

Salah satu cara atau metode agar jualan suatu produk bisa mudah terjual atau laku adalah dengan cara melakukan suatu riset produk yang akan dijual. Dengan begitu, kamu dapat mengetahui seberapa laku barang atau produk yang kamu jual. Dan juga bisa memberitahu seberapa banyak kompetitor bisnis ini.

2. Pilih Marketplace yang Paling Populer

Setelah cara diatas dengan melakukan riset produk terlebih dulu. Maka cara kedua dari berjualan tanpa modal pada Tokopedia ini dengan cara mencari serta memilih marketplace atau toko yang paling populer. Untuk cara ini cukup mudah, kamu bisa melihat produk atau toko yang populer pada halaman utama.

Biasanya akan terlihat pada kolom produk terlaris dan pencarian populer. Jika yang muncul pada kolom tersebut berupa pakaian semisal jaket, maka jaket menjadi salah satu produk yang banyak dicari dan juga dibeli. Namun toko populer ini biasanya berubah-ubah, jadi kamu harus selalu update dari toko populer.

3. Cari Supplier Produk Tangan Pertama yang Murah

Dengan mencari serta mengambil barang atau produk yang akan dijual dari supplier tangan pertama. Ini menjadi solusi untuk dapat menjual suatu jenis produk atau barang yang berkualitas dengan harga yang masih terjangkau. Namun tetap dengan margin keuntungan yang masih masuk akal.

Kamu bisa mencari supplier produk tangan pertama secara online pada toko di aplikasi maupun secara offline yang biasa terdapat di beberapa workshop atau toko produksi. Contohnya seperti mendatangi toko atau pabrik UMKM yang bisa kamu mengajukan kerjasama dengan menjadi dropshipper produk mereka.

4. Buat Toko Online di Marketplace dengan Nama yang Unik

Selanjutnya kamu bisa membuat toko online pada marketplace dengan nama yang unik serta menarik. Karena pada dasarnya nama toko yang unik dan menarik akan mudah diingiat konsumen atau pelanggan. Gunakanlah kata kunci sesuai dengan produk yang dijual, gunakan 3 kata maksimal untuk nama toko.

5. Pasang Foto Produk dari Supplier & Deskripsinya

Lalu kamu juga diharuskan untuk memasang foto sesuai produk yang kamu jual lengkap tentu dengan deskripsi dari produk tersebut. Lakukan sesi foto untuk produk yang akan dijual dengan pencahayaan yang cukup agar jelas dan bagus. Masukkan juga deskripsi produk yang lengkap, seperti varian ukuran.

6. Saat Ada yang Beli, Lanjutkan ke Supplier

Kemudian cara berikutnya ini, ketika ada orderan produk dari customer atau pembeli. Pelanggan tersebut akan mengorder melalui toko yang sudah kamu buat. Namun kamu harus sesegera mungkin untuk melakukan konfirmasi pengiriman produk pada supplier tentu beserta detail barang yang diorder juga.

7. Masukkan Kode Resi Pengiriman

Dan cara terakhir ini yaitu dengan memasukkan kode resi pengiriman pada customer. Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, bahwa kamu hanya sebagai perantara saja dan tidak mengurusi pengiriman barang. Maka dari itu, kamu hanya perlu mencatat konfirmasi rincian produk serta kode resi pengiriman.

Tips Jualan di Tokopedia Tanpa Modal Agar Laris

Nahh setalah saya menguraikan serta menjelaskan tentang cara jualan di tokopedia tanpa modal diatas tadi. Selanjutnya saya akan memberikan beberapa tips jualan di Tokopedia tanpa modal yang tentunya bisa kamu gunakan atau coba. Langsung saja perhatikan beberapa poin tips berikut di bawah ini:

1. Buat Nama Toko yang Unik

Tips yang pertama adalah dengan memberikan nama yang unik pada toko. Mengapa demikian? Karena toko yang memiliki nama unik atau menarik, cenderung lebih mudah diingat oleh pada customer. Dengan begitu, nama toko yang unik maka secara tidak langsung sudah merepresentasikan produk yang dijual.

2. Edit Foto Produk dari Supplier Tambahkan Tulisan Premium atau Asli

Lanjut ke tips berikutnya, yaitu mengedit foto produk dari supplier dan menambahkan tulisan “Premium” atau “Asli”. Dengan menggunakan foto yang telah diedit sedemikian rupa maka akan jadi bagus dan menarik. Ditambah terdapat logo “Premium” atau “Asli” yang akan mengundang banyak pembeli.

3. Promosikan di Facebook dan IG

Kemudian dengan kamu mempromosikannya diberbagai akun media sosial, ini menjadi salah satu faktor yang dapat membuat produk kamu bisa lebih laku terjual. Kamu bisa memasang iklan dan promosi pada beberapa fitur di media sosial. Seperti contohnya pada Facebook dan Instagram yang banyak digunakan.

4. Promosikan di Grup yang Relevan dengan Produk yang Dijual

Mempromosikan di grup yang relevan di sini maksudnya adalah dengan mempromosikan produk atau barang yang kamu jual pada grup yang sesuai atau seharusnya. Contohnya kamu menjual beberapa jenis jaket, kemudian kamu melakukan promosi pada grup “Jual Beli Jaket Bandung”.

5. Jika Punya Modal, Iklankan Produk

Dan tips yang terakhir adalah dengan menggunakan jasa endorsement. Jika kamu memiliki modal lebih dan ingin meningkatkan promosi serta iklan dari produk yang kamu jual. Maka kamu bisa membayar seorang selebgram di Instagram ataupun artis TikTok untuk membuat konten dan mengiklankannya.

Kesimpulan

Nahh itulah beberapa cara jualan di tokopedia tanpa modal yang bisa kamu lakukan. Atau isitilahnya menjadi perantara sebagai dropshipper disuatu marketplace di aplikasi jual beli online Tokopedia. Semoga informasi seputar jualan tanpa modal di Tokopedia tadi bisa bermanfaat untuk kita semua.

Seorang penulis konten bisnis dan financial yang sudah aktif sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: