Penyebab Kartu ATM BRI Disable dan Cara Mengatasinya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Pernah mengalami kendala Kartu ATM BRI Disable ? Temukan cara mengatasinya dalam pembahasan kali ini. Ketika mengalami kondisi kartu ATM dari bank BRI yang Disable, tentu akan menjadi masalah karena tidak bisa melakukan aktivitas transaksi menggunakan kartu tersebut.

Kondisi ATM dari BRI yang tiba – tiba disable atau tidak bisa Anda gunakan bisa saja terjadi karena berbagai penyebab dan alasannya. Penjelasan detail terkait penyebab maupun cara untuk bisa mengatasi kondisi ATM dari BRI yang Disable tersebut bisa Anda perhatikan di bawah ini.

Penyebab Kartu ATM BRI Disable

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dengan baik berkaitan dengan kondisi di mana kartu ATM tiba – tiba dalam kondisi disable yakni terkait penyebabnya. Ada beberapa kondisi penyebab yang perlu Anda perhatikan dengan baik dan benar agar bisa memahaminya, seperti :

1. Salah PIN Sebanyak Tiga Kali

Penyebab pertama yang dapat menjadi alasan mengapa kartu ATM BRI Anda mengalami kondisi Disable yakni terkait dengan kesalahan ketika menggunakan PIN. Kartu secara otomatis tidak bisa digunakan kembali ketika Anda salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali ke mesin ATM.

2. Indikasi Transaksi yang Mencurigakan

Penyebab kedua yang dapat menjadi alasan di mana kartu ATM BRI jadi Disable dan tidak bisa Anda gunakan karena indikasi transaksi mencurigakan. Indikasi transaksi mencurigakan ini sepenuhnya menjadi pertimbangan bank BRI untuk melakukan proses disable transaksi di kartu ATM.

3. Pemblokiran Kartu ATM

Penyebab ketiga yang juga menjadi pertimbangan mengapa kartu ATM BRI tidak dapat Anda gunakan atau disable yakni pemblokiran. Kondisi pemblokiran dari bank BRI tersebut terhadap kartu ATM dapat terjadi atas permintaan sendiri maupun karena adanya pelaporan orang lain sesuai hukum.

Penyebab terjadinya kondisi di mana kartu ATM dari BRI mengalami disable dan tidak bisa Anda gunakan tersebut harus dipahami. Dengan memahami penyebabnya, Anda bisa melakukan proses mengatasi masalah tersebut secara mudah.

Cara Mengatasi Kondisi Kartu ATM BRI Disable

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil agar bisa mengatasi masalah dari kondisi kartu ATM bank BRI yang mengalami Disable. Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini sehingga dapat mengatasinya dengan mudah.

1. Melakukan Aktivasi Kartu Lewat BRImo

Anda bisa memanfaatkan BRImo untuk melakukan aktivasi kartu ketika kondisi disable tersebut bukan terjadi karena pemblokiran bank atau lupa PIN. Anda bisa melakukan aktivasi kartu tersebut dengan beberapa langkah di bawah ini.

  • Masuk ke dalam BRImo
  • Temukan menu Layanan Nasabah
  • Pilih menu Layanan Lain
  • Tekan tulisan Disable/Enable kartu
  • Pastikan posisi tulisan ada pada Enable untuk mengaktifkan kartu
  • Masukkan kode PIN BRImo Anda
  • Tekan Kirim

2. Menghubungi Customer Service

Jika kondisi kendala kartu Anda disable bukan karena penonaktifan pribadi maka coba hubungi customer service. Sampaikan kondisi kendala yang dihadapi untuk mendapatkan penyelesaian dari customer service BRI sesuai dengan penyebabnya.

3. Datang ke Kantor Cabang Terdekat

Ada banyak penyebab yang jadi kendala munculnya kondisi kartu dari ATM BRI yang mengalami kondisi disable. Anda tentu harus memperhatikan penyebabnya dan jika terjadi akibat kesalah sendiri seperti memasukkan pin yang salah maka Anda harus datang langsung ke kantor cabang.

Temui customer service BRI yang tersedia di setiap kantor cabang untuk mengatasi masalah kartu yang disable. Ikuti prosedur yang ada dan sampaikan keinginan secara tepat agar bisa mendapatkan kartu penganti yang bisa Anda gunakan untuk aktivitas transaksi perbankan di ATM.

Cara Mencegah Terjadinya Kartu ATM BRI dalam Kondisi Disable

Selain kondisi cara mengatasi masalah kartu yang disable di atas, Anda juga perlu memperhatikan dengan baik pencegahannya. Ada beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda jalani agar tidak mengalami kondisi kartu disable.

1. Memastikan PIN Sudah Benar

Anda perlu memastikan bahwa PIN yang Anda masukkan sudah benar dan tepat agar kartu tidak terblokir. Pastikan Anda hanya mencoba sebanyak 2 kali memasukkan PIN ketika lupa agar tidak melakukannya untuk ketiga kalinya.

Sistem Bank dari BRI akan melakukan pemblokiran secara langsung terhadap kartu ATM Anda ketika salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali. Simpan data PIN Anda dengan aman untuk setiap kartu ATM agar bisa mengingatnya dengan mudah.

2. Tidak Melakukan Aktivitas Perbankan Mencurigakan

Cara pencegahan kedua yang bisa Anda lakukan agar kartu ATM dari BRI tidak mengalami kondisi disable adalah menghindari transaksi mencurigakan. Beberapa transaksi yang mencurigakan dapat langsung menjadikan kartu ATM terblokir oleh sistem.

Tindakan penipuan atas laporan korban juga dapat menyebabkan kartu menjadi disable. Hindari aktivitas yang melanggar hukum termasuk penipuan tersebut agar kartu Anda tidak mengalami pemblokir langsung dari pihak bank atas dugaan transaksi mencurigakan maupun pelaporan.

FAQ | Pertanyaan Tentang Kartu ATM BRI Disable

Apakah jika kartu ATM Disable, rekening BRI masih bisa digunakan untuk aktivitas transaksi ?

Bisa, kondisi kartu ATM yang disable hanya berlaku untuk aktivitas transaksi di mana prosesnya berjalan lewat ATM saja dan Anda masih bisa menggunakan layanan perbankan lain dengan rekening Anda kecuali jika terblokir adalah rekening BRI.

Jika lupa PIN dan ATM BRI terblokir, apa harus datang ke kantor cabang untuk membuat kartu baru ?

Iya, Anda perlu memperbarui kartu ketika sudah mengalami kondisi terblokir yang dapat dilakukan lewat kantor cabang terdekat maupun perwakilan yang sekarang ada di Mall.

Web developer dan content writer yang suka menulis seputar dunia bisnis. Aktif menulis sejak 2005 di berbagai media lokal dan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: