Cara Beli Tiket Bus di Bukalapak, Shopee dan Traveloka

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Mengenai cara beli tiket bus di Bukalapak sangatlah mudah, bahkan metode ini memudahkan kamu untuk bepergian dengan pemesanan tiket online.

Namun dalam kesempatan kali ini yang dibahas tidak hanya sekadar pembelian tiket lewat Bukalapak saja. Alternatif lain yang bisa dilakukan, kamu bisa menggunakan Shopee hingga menggunakan Traveloka.

Cara Beli Tiket Bus di Bukalapak dengan Mudah

Lebih dari 50 perusahaan oto bus yang menyediakan tiketnya di Bukalapak. Mulai dari Harum Prima, Kramat Djati, bahkan Putra Agung hingga Sugeng Rahayu juga disediakan. Nah, untuk mendapatkan dan menggunakan armada tersebut. Tiketnya bisa didapatkan di Bukalapak, dengan cara:

  1. Cara beli tiket bus di Bukalapak pertama adalah dengan masuk langsung ke halaman Bukalapak versi desktopnya via website
  2. Kemudian masuk ke halaman fitur layanan Beli Tiket Bus
  3. Di sana akan terdapat pilihan pemesanan Sekali Jalan hingga Pulang Pergi. Lalu bisa langsung memilih Kota Asal, Kota Tujuan, Waktu Keberangkatan. Mulai dari Tanggal, Bulan, serta Tahun. Jangan lupa cantumkan juga Jumlah Penumpang, jika sudah tinggal klik opsi Cari untuk melanjutkan
  4. Dengan filter atau pencarian tersebut, maka akan dimunculkan beberapa daftar pilihan jam keberangkatan bus dengan beberapa tipe
  5. Kamu dapat memilih jam keberangkatan bus yang diinginkan, lalu tinggal klik tombol Lihat Kursi
  6. Dari perintah tersebut, Pilih Kursi sejumlah yang dipesan dan klik Lanjut untuk masuk ke proses selanjutnya
  7. Proses cara beli tiket bus di Bukalapak selanjutnya kamu tinggal mengisi formulir Kontak yang Dapat Dihubungi, mulai dari Nama hingga Email serta Nomor HP. Data Penumpang juga jangan diisi, harus lengkap beserta dengan Umur
  8. Jika sudah, tinggal klik menu Lanjut ke Pembayaran
  9. Pilih Metode Pembayaran yang ingin digunakan, masukkan Kode Voucher jika ada dan klik Bayar untuk melakukan pembayaran
  10. Jika pembayaran sudah dilakukan, kamu akan mendapatkan e tiket atau tiket elektronik yang dikirimkan ke alamat email secara langsung.

Catatan penting saat kamu mengaplikasikan bagaimana cara beli tiket bus di Bukalapak, pastikan nanti untuk dapat membawa kartu identitas asli. Disarankan agar bisa datang lebih cepat, 30 menit sebelum keberangkatan.

Keuntungan Beli Tiket Bus di Bukalapak

Bukalapak menjadi salah satu eCommerce yang multi fungsi, tidak hanya sekadar menyediakan barang-barang yang diinginkan pengguna. Namun juga menjadi penyedia pihak ketiga untuk mendapatkan tiket hingga beberapa layanan lainnya. Nah, apa saja keuntungannya?

  1. Pengguna dapat melakukan pencarian jadwal keberangkatan yang tersedia, serta memilih kota asal hingga tujuan sesuai waktu yang diinginkan
  2. Kemudian pengguna juga dapat melakukan pemesanan tiket secara langsung, dengan memilih kursi hingga mendapatkan tiket setelah pembayaran. Namun pemesanan tiket bus ini hanya bisa dilihat dalam versi desktop atau website saja
  3. Lalu keuntungan lainnya, pengguna bisa menentukan metode bayar sendiri sesuai kebutuhan. Mulai dari bayar di minimarket, kartu kredit, hingga bank transfer.

Nah, jika kamu berhalangan menggunakan aplikasi Bukalapak untuk melakukan pemesanan tiket. Maka pemesanan tiket bus bisa dilakukan menggunakan beberapa cara lainnya, yakni Traveloka serta menggunakan Shopee.

Cara Beli Tiket Bus dengan Metode Lain

Di bawah ini terdapat dua metode atau dua cara lain yang bisa jadi alternatif, jika website Bukalapak sedang dalam gangguan atau error.

1. Traveloka

Ya, cara beli tiket alternatif selain dari Bukalapak adalah menggunakan Traveloka. Dengan cara:

  • Pertama, langsung buka aplikasi Traveloka atau bisa juga buka via mode desktop
  • Kemudian tinggal cari layanan menu Tiket Bus dan Travel
  • Di menu tersebut kamu tinggal memasukkan lokasi keberangkatan serta tujuannya mau kemana
  • Lanjutkan dengan memilih tanggal keberangkatan, jumlah kursi yang akan dipesan juga berapa
  • Tentukan jenis bus yang tersedia sesuai keinginan kamu
  • Periksa terkait dengan rincian busnya. Mulai dari ulasan penumpang lain, fasilitas layanannya, rute hingga harga tiketnya berapa
  • Jika sudah, tinggal lengkapi detail pemesanan dan memilih kursi jika opsi pemilihan kurinya disediakan
  • Pastikan langkah-langkah di atas telah dilakukan dengan benar, maka kamu bisa menyelesaikan proses pembelian dengan melakukan pembayaran sesuai metode yang dipilih.

Nanti sistem aplikasi dari Traveloka akan otomatis mengirimkan kamu eTiket ke email, asalkan pembayarannya berhasil dilakukan.

2. Shopee

Jika kamu tidak memiliki aplikasi Traveloka, maka menggunakan Shopee bisa jadi alternatif paling baik. Nah, bagaimana caranya?

  • Pertama, masuk ke aplikasi Shopee dan cari layanan menu Pulsa, Tagihan dan Hiburan
  • Dari menu Layanan tersebut, tinggal pilih Tiket Bus dan Travel
  • Tentukan Lokasi keberangkatan juga Tujuannya mau kemana
  • Tentukan Tanggal Keberangkatan, lalu masukkan jumlah kursi yang nanti akan dipesan
  • Pilih opsi cari, maka kamu pun tinggal memilih Titik Keberangkatan serta Titik Kedatangannya mau dimana
  • Jika sudah, langsung pilih jadwal bus yang diinginkan lalu periksa kembali rincian atau detail pesanannya
  • Lengkapi data yang telah disediakan, dan isi informasi penumpang secara lengkap
  • Kemudian simpan, terakhir kamu tinggal memilih lokasi tempat duduk jika disediakan
  • Terakhir, klik Bayar Sekarang sesuai dengan metode pembayaran yang sudah dipilih.

Nah, untuk eTicketnya. Bisa kamu lihat dibagian Rincian Pesanan atau email yang sudah terdaftar di akun Shopee kamu. Dan pembelian tiket ini dapat dilakukan untuk 90 hari akan datang, bahkan beberapa jam sebelum keberangkatan.

FAQ │Pertanyaan Seputar Cara Beli Tiket Bus di Bukalapak

Apakah Beli Tiket di Bukalapak Aman?

Jelas aman, karena perusahaan armada Bus memang sudah banyak bekerja sama dengan Bukalapak.

Apakah Metode Bayar di Bukalapak Bisa Dilakukan di Alfamart?

Bisa, tergantung dari metode pembayaran apa yang kamu pilih dan tentukan.

Walau tidak lulus dengan predikat cumlaude, gini-gini saya adalah lulusan manajemen bisnis. Walau pada akhirnya hanya saya curahkan ke dalam tulisan saja pengetahuannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: