Fasilitas Kantor Sewa yang Harus Ada Agar Karyawan Semakin Betah

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Mendapatkan kantor sewa yang nyaman bagi semua pihak memang tidak mudah, namun sebagai pemilik bisnis Anda perlu menyediakan ruang kerja yang nyaman karena berkaitan dengan kinerja karyawan. Karyawan yang nyaman dalam bekerja bisa terdorong untuk lebih produktif dan banyak berkontribusi bagi perusahaan.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan kantor sewa representatif dan mempunyai banyak fasilitas bisa memilih Wisma Sudirman. Gedung yang terletak di pusat perkantoran ini sesuai untuk mendukung perkembangan bisnis Anda dan memberikan value lebih terhadap usaha yang Anda kelola. 

Fasilitas yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Menyewa Kantor

Sebagai penyewa tentu Anda ingin mendapatkan banyak fasilitas sehingga semua karyawan semakin betah bekerja. Namun Anda juga harus mempertimbangkan budget dan kebutuhan serta skala prioritas yang harus diutamakan. 

Kenyamanan karyawan sangat penting karena selain mendukung pekerjaan juga bisa membuat mereka betah dalam bekerja. Beberapa jenis fasilitas yang sebaiknya Anda pertimbangkan saat menyewa gedung kantor diantaranya: 

1. Jaringan internet

Ketersediaan internet yang memadai, bukan hanya dalam jumlah jaringan tetapi juga kecepatan akses merupakan kebutuhan yang sangat penting. banyak pekerjaan yang tergantung dengan internet. Anda tidak bisa menuntut karyawan untuk bekerja dengan cepat jika fasilitas ini tidak tersedia. 

Sebaiknya Anda mengecek kapasitas jaringan yang tersedia dan jumlah pengguna sehingga mencukupi kebutuhan. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan provider lain untuk memenuhi kebutuhan dan sebagai antisipasi jika jaringan utama sedang bermasalah. Dengan demikian semua pekerjaan tidak terganggu. 

2. Ruang meeting yang lega

Fasilitas berikutnya yang tidak kalah penting adalah ruang meeting, kapasitasnya harus memenuhi kebutuhan. Ruang meeting yang terlalu sempit menjadikan sirkulasi udara tidak dapat berjalan lancar. 

Untuk hal ini Anda bisa menyesuaikan dengan jumlah karyawan yang akan sering terlibat dalam berbagai meeting. Infrastruktur yang ada dalam ruang tersebut juga harus mendapat perhatian.

Ketersediaan pendingin, meja dan kursi, proyektor, peredam suara dan fasilitas lain akan sangat berpengaruh pada karyawan yang menggunakan fasilitas tersebut. 

3. Ruang istirahat

Selama bekerja, karyawan tentu membutuhkan jeda atau istirahat.  Istirahat ini bisa jadi tidak harus pada jam tertentu dan waktu lama sehingga mereka bisa meninggalkan kantor, namun kadang mereka hanya perlu jeda beberapa menit untuk menghilangkan kepenatan kemudian bekerja kembali. 

Ketersediaan ruang istirahat yang bisa digunakan sejenak untuk rileks bisa mengembalikan semangat kerja dan produktivitas mereka. Dalam ruangan ini Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa fasilitas, seperti kursi untuk duduk dan meja kecil sebagai tempat kopi atau teh selama mereka jeda. 

Anda juga perlu mempertimbangkan apakah perlu membuat ruang khusus dengan fasilitas untuk perokok sehingga mereka tidak perlu meninggalkan kantor ketika ingin merokok dalam waktu beberapa menit. Salah satu gedung yang mempunyai banyak fasilitas adalah Wisma Sudirman yang ada di Jakarta Selatan. 

4. Resepsionis

Bagian penerima tamu atau resepsionis termasuk hal penting. Jika bagian ini tidak ada maka dapat mengganggu aktivitas dan konsentrasi semua karyawan sebab adanya tamu yang datang dan pergi. Dengan adanya penerima tamu semua karyawan di bagian lain dapat lebih fokus ke pekerjaan masing-masing.

5. Pantry

Selama bekerja, karyawan membutuhkan minum seperti teh, kopi atau air putih. Di area ini karyawan bisa beristirahat setelah sibuk dengan pekerjaannya, minum atau menikmati cemilan.

Meski tidak luas, manfaat pantry bagi aktivitas karyawan sangat penting. Dengan demikian ketika membutuhkan minum karyawan tidak perlu keluar kantor untuk membelinya.

Pengelola gedung yang profesional, seperti Wisma Sudirman sangat memperhatikan kebutuhan dari penyewanya, salah satunya dengan menyediakan pantry yang nyaman. 

6. Keamanan

Keamanan yang terjamin sangat penting di area public seperti kantor. Dengan adanya sistem keamanan yang baik dapat meminimalkan aksi kejahatan dan kemungkinan terjadinya musibah.

Anda bisa mempertimbangkan apakah fasilitas ini ada di gedung atau kantor yang akan disewa. Sistem keamanan yang dimaksud bisa berupa ketersediaan security dan kamera pengintai yang sangat penting untuk memberikan rasa tenang bagi semua orang yang ada di kantor tersebut.

7. Area parkir

Fasilitas umum ini sangat penting karena berkaitan dengan kebutuhan Anda, semua karyawan dan kolega yang datang ke kantor. Sebelum menyewa kantor, tanyakan kepada pengelola bagaimana sistem parkir yang diberlakukan, apakah termasuk dalam akad sewa gedung sehingga tidak bayar lagi. 

Beberapa pengelola menawarkan sewa kantor tanpa area parkir sehingga karyawan yang membawa kendaraan harus mengeluarkan budget sendiri untuk kebutuhan tersebut. 

Jika demikian untuk kenyamanan karyawan ada bisa mengambil kebijakan tertentu, misal memberikan subsidi pembayaran parkir yang di kota besar cukup mahal. Selain itu bisa menyediakan area parkir khusus karyawan sehingga mereka bisa menggunakan secara free

8. Layanan kebersihan

Layanan kebersihan sangat berpengaruh pada kenyamanan karyawan selama bekerja. Anda tentu tidak mau jika banyak karyawan yang potensial resign karena kurang nyaman dengan kondisi kantor yang kotor.

Sebelum menyewa, tanyakan apakah selama dalam persewaan pengelola menyediakan tenaga kebersihan, jika iya bagaimana sistem pembayarannya, apa termasuk dalam kontrak sewa atau Anda harus membayar sendiri. 

Apabila ternyata pengelola tidak menyediakan, apakah ada rekomendasi jasa cleaning service yang bisa diajak bekerja sama.  Alternatif lain Anda juga bisa menyediakan petugas kebersihan sendiri dan merekrutnya sebagai karyawan di perusahaan Anda. 

Kenyamanan karyawan perlu mendapat perhatian sebelum Anda menyewa sebuah gedung untuk kantor karena mereka setiap hari akan menggunakan fasilitas tersebut.

saat ini di kawasan Jakarta dan kota besar lainnya sudah banyak developer yang melengkapi gedung yang disewakan dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan karyawan, termasuk di Wisma Sudirman.

Seorang penulis konten bisnis dan financial yang sudah aktif sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: