Ebisnis.co.id
Beranda Keuangan Penyebab BRI Mobile Error 114 dan Cara Mengatasinya

Penyebab BRI Mobile Error 114 dan Cara Mengatasinya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

BRI Mobile merupakan aplikasi mobile banking dari Bank BRI yang dapat memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi. Walaupun BRI Mobile menggunakan sistem yang canggih, ternyata BRI Mobile juga bisa mengalami error pada sistem nya.

Nah, ternyata saat ini juga ada beberapa orang yang mengeluhkan jika BRI Mobile error 114. Nah, apa maksudnya dan kenapa hal tersebut bisa terjadi? Pada artikel ini sudah kami tuliskan maksud, penyebab dan cara mengatasi BRI Mobile error 114.

Jika Anda sedang mengalami masalah tersebut, silahkan baca artikel ini sampai selesai agar Anda bisa mengatasi masalah BRI Mobile error 114.

Penyebab BRI Mobile Error 114

Dengan adanya BRI Mobile sebagai aplikasi mobile banking dari Bank BRI, tentu hal ini akan memudahkan nasabah nya untuk melakukan transaksi tanpa harus mendatangi ATM maupun teller Bank.

Namun, kemudahan tersebut ternyata tidak selalu bisa dijalankan dengan lancar karena suatu masalah. Nah, masah yang akhir-akhir ini sering dikeluhkan oleh orang-orang yaitu masalah BRI Mobile error 114.

Maksud dari kode error 114 mengindikasikan bahwa sedang terjadi masalah pada koneksi antara Aplikasi BRI Mobile dan server Bank BRI.

Berikut ini merupakan beberapa hal umum yang bisa menyebabkan munculnya BRI Mobile error 114, diantaranya yaitu:

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab pertama yang bisa menyebabkan munculnya BRI Mobile error 114 yaitu karena koneksi internet tidak stabil. Jika koneksi internet tidak stabil atau putus-putus, maka akan menghambat aplikasi BRI Mobile untuk terhubung ke server Bank BRI.

2. Versi Aplikasi yang Tidak Kompatibel

Penyebab kedua yang bisa menyebabkan munculnya BRI Mobile error 114 yaitu karena versi aplikasi yang tidak kompatibel. Jika Anda masih menggunakan aplikasi BRI Mobile pada versi lama yang tidak kompatibel dengan sistem atau perangkat Anda, akan ada kemungkinan Anda menghadapi error 114.

3. Masalah Server Bank

Selain penyebab dari pengguna BRI Mobile, BRI Mobile error 114 juga bisa muncul karena ada masalah pada server Bank.

Biasanya hal tersebut bisa terjadi jika server Bank sedang melakukan pemeliharaan atau gangguan teknis lainnya. Sehingga hal tersebut mempengaruhi kinerja BRI Mobile dan mengakibatkan munculnya error 114.

Cara Mengatasi BRI Mobile Error 114

Setelah Anda mengetahui penyebabnya dari munculnya BRI Mobile error 114, tentunya Anda harus mengetahui cara mengatasinya. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi BRI Mobile error 114, diantaranya yaitu:

1. Periksa Koneksi Internet

Salah satu hal yang bisa menyebabkan BRI Mobile error 114 adalah masalah pada koneksi internet yang tidak stabil. Sehingga untuk mengatasinya Anda bisa menghubungkan ponsel Anda ke WiFi atau paket data yang lebih baik, agar aplikasi BRI Mobile bisa digunakan dengan lancar.

Jika koneksi internet masih tidak stabil Anda bisa matikan ponsel terlebih dahulu beberapa saat, lalu hidupkan kembali dan cek koneksi internet lagi.

2. Perbarui Aplikasi

Jika BRI Mobile error 114 muncul karena aplikasi BRI Mobile masih versi lama, Anda bisa melakukan pengecekan di Play Store atau App Store apakah ada pembaruan yang tersedia atau tidak.

Jika ada, segera lakukan pembaruan aplikasi BRI Mobile agar bisa berfungsi dengan baik dan Anda juga bisa menikmati fitur terbaru aplikasi BRI Mobile.

3. Periksa Status Server Bank

Kemudian Anda juga harus memeriksa status server Bank, apakah sedang melakukan pemeliharaan atau sedang ada gangguan teknis lainnya. Jika memang server Bank sedang bermasalah Anda bisa menunggu saat hingga server Bank tersebut diperbaiki oleh pihak Bank.

Nantinya jika sudah selesai diperbaiki Anda bisa kembali mengakses BRI Mobile dan periksa apakah BRI Mobile error 114 masih muncul atau tidak.

4. Bersihkan Cache Aplikasi

Cache aplikasi yang menumpuk juga bisa menyebabkan kinerja BRI Mobile menjadi lambat. Oleh karena itu, pastikan Anda menghapus cache aplikasi tersebut melalui pengaturan atau setelan yang ada di ponsel Anda.

Setelah cache di hapus, silahkan akses kembali BRI Mobile dan periksa apakah error 114 muncul atau tidak.

5. Gunakan Fasilitas Lain

Jika cara di atas belum bisa mengatasi BRI Mobile error 114, Anda bisa menggunakan fasilitas lainnya yang disediakan oleh Bank BRI. Anda bisa menggunakan Internet Banking BRI, SMS Banking, ATM atau BRILink untuk melakukan transaksi yang diinginkan.

6. Hubungi Call Center BRI

Jika BRI Mobile error 114 masih muncul, tapi Anda tetap ingin menggunakan BRI mobile untuk melakukan transaksi, Anda bisa menghubungi call center BRI untuk menyampaikan keluhan mengenai masalah tersebut. Nantinya Anda akan mendapatkan bantuan lebih lanjut mengenai masalah yang Anda alami.

Cara mengatasi BRI Mobile error 114 bisa dilakukan sesuai dengan penyebab munculnya BRI Mobile error 114. Jadi, pastikan Anda mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, agar Anda bisa menangani masalah tersebut dengan tepat.

FAQ | Pertanyaan Tentang BRI Mobile Error 114

Apakah keamanan data akan terganggu jika muncul BRI Mobile 114?

Tidak. Karena error 114 biasanya akan muncul ketika ada masalah dengan koneksi atau server BRI. Namun, Anda harus tetap waspada dan jangan memasukkan data penting ketika BRI Mobile sedang error.

Berapa lama proses perbaikan BRI Mobile error 114?

Proses perbaikan BRI Mobile error 114 bervariasi tergantung penyebab dari masalah tersebut. Jika sedang ada pemeliharaan server, biasanya masalah tersebut akan terselesaikan dalam waktu singkat. Namun, jika ada masalah teknis yang cukup rumit proses perbaikan pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Bagikan:

Iklan