Pembiayaan Pensiun Berkah Bank Syariah Indonesia dan Syaratnya

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Kebutuhan akan biaya yang mendesak kerap kali muncul untuk semua orang termasuk yang sudah masa pensiun. Pensiun berkah Bank Syariah Indonesia atau BSI merupakan salah satu bentuk layanan yang diberikan untuk para pensiunan dari PNS atau ASN serta BUMD maupun BUMD.

Pilihan Pembiayaan Pensiun Berkah Bank Syariah Indonesia

Mereka yang sudah mau masuk maupun sudah masuk masa pensiun dapat mengajukan pembiayaan dalam bentuk pensiun berkah dari BSI. Ada beberapa hal yang perlu dipahami dari pembiayaan yang tepat untuk masa tua ini, seperti :

1. Pembiayaan Pra Pensiun

Pembiayaan ini diberikan untuk PNS maupun ASN dan pensiunan BUMD serta BUMN yang akan memasuki masa pensiun 5 tahun mendatang. Pemohon harus sudah menginjak usia kerja lima tahun sebelum pensiun saat mengajukan.

2. Pembiayaan Pra Pensiun Berkah

Pembiayaan ini diberikan untuk PNS maupun ASN dan juga pensiunan dari BUMD maupun BUMN untuk membantu kebutuhan biaya yang akan masuk pensiun. Pemohon harus sudah memasuki masa 2 tahun sebelum pensiun untuk mengajukan pembiayaan tersebut.

3. Pembiayaan Pensiun Berkah

Pembiayaan ini diberikan untuk mereka yang sudah memasuki masa pensiunnya bagi PNS, ASN, atau BUMD dan BUMN namun belum tepat di TMTnya. TMT sendiri merupakan terhitung mulai tanggal atau tanggal di mana pertama kali diangkat sebagai Pegawai.

Dalam proses pengajuan pembiayaan pensiun tersebut, Anda tentu dapat mempertimbangkan pilihan jenis yang tepat sesuai dengan masa kerja Anda. pembiayaan pensiun paling awal bisa diperoleh 5 tahun sebelum masa pensiun.

Syarat Pengajuan BSI Pensiun Berkah

Agar Anda bisa mendapatkan pembiayaan ketika sudah masuk masa pensiun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik, salah satunya syarat. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan pembiayaan tersebut, seperti

  • KTP bagi pemohon maupun pasangannya
  • NPWP untuk pinjaman yang nilainya di atas 50 juta
  • Bukti Pensiun
  • Payroll gaji atau manfaat pensiunnya melalui BSI
  • Dokumen untuk penghasilan bulanan
  • Mutasi rekening terakhir

Untuk bukti pensiun, Anda perlu melampirkan sesuai dengan pilihan pembiayaan. Pensiun berkah Bank Syariah Indonesia membutuhkan bukti pensiun berupa SK pensiun otomatis atau SK Janda. Sedangkan untuk Pra Pensiun dapat menggunakan SK PNS/ SK Pengangkatan Terakhir.

Cara Pengajuan Pensiun Berkah Bank Syariah Indonesia

Setelah mengetahui syarat yang perlu Anda persiapkan dalam pengajuan pembiayaan pensiun berkah dari BSI, ada beberapa proses pengajuan yang harus Anda perhatikan dengan baik. Cara Pengajuan tersebut dapat Anda perhatikan dalam ulasan berikut ini.

1. Menyiapkan Berkas

Langkah awal yang perlu Anda lakukan dalam proses pengajuan pensiun berkah yakni mempersiapkan berkas. Anda perlu mempersiapkan berkas yang sesuai dengan kebutuhan agar dapat mengajukan permohonan pembiayaan pensiun berkah seperti dijelaskan di atas.

2. Datang ke Kantor Cabang BSI untuk Pemberkasan

Setelah data syarat dan dokumen Anda siapkan, langkah selanjutnya yakni dengan datang ke kantor cabang BSI. Pada saat datang ke kantor BSI, Anda bisa menyampaikan untuk mengajukan permohonan pembiayaan pensiun berkah dan akan dilakukan pemberkasan.

Petugas akan menanyakan kelengkapan setiap data satu persatu. Setelah data tersedia maka petugas bank BSI akan memindahkan data fisik tersebut untuk diinput ke sistem bank agar bisa diproses pengajuan pembiayaannya.

3. Proses Verifikasi

Jika pengajuan dan dokumen sudah Anda lakukan, langkah selanjutnya yakni menjalani proses verifikasi data. Anda butuh melakukan tahapan verifikasi tersebut sesuai dengan ketentuan dari bank. Proses verifikasi berlangsung secara online maupun datang langsung ke rumah.

Proses verifikasi ini membutuhkan waktu yang perlu Anda tunggu sesuai dengan banyaknya permohonan. Setelah proses verifikasi, akan ada keputusan apakah pembiayaan disetujui atau ada catatan untuk memenuhi syarat lainnya serta keputusan tidak bisa terpenuhi.

Proses pengajuan atau permohonan yang disebutkan di atas harus dilakukan sendiri oleh nasabah bersangkutan dan tidak bisa diwakilkan. Pastikan Anda merupakan nasabah payroll manfaat pensiun di BSI untuk bisa mendapatkan pembiayaan pensiun berkah Bank Syariah Indonesia.

Keuntungan Pembiayaan Pensiun Berkah dari BSI

Ada beberapa bentuk keuntungan pembiayaan pensiun berkah dari BSI yang bisa Anda manfaatkan. Bentuk keuntungan tersebut tentu harus Anda pertimbangkan sebagai bagian dari pilihan untuk mengajukan pembiayaan di BSI.

1. Proses Pengajuan yang Mudah

Keuntungan pertama yang bisa Anda peroleh dari pembiayaan pensiun berkah BSI yakni proses pengajuan yang mudah. Tahapan pengajuan dapat berlangsung dengan cepat dan mudah asalkan semua syarat dan dokumen sudah Anda lengkap.

2. Bunga Kompetitif dan Tanpa Agunan

Anda juga bisa mendapatkan manfaatkan berkaitan dengan nilai bunga pinjaman yang kompetitif. Dengan sistem syariah, proses pembiayaan tentu tidak akan menggunakan nilai bunga konvensional yang besar angkanya dan sudah diketahui pasti sejak awal.

Selain bunga, Anda juga bisa mendapatkan pembiayaan untuk nasabah pensiunan tersebut tanpa menggunakan agunan. Proses pembiayaan hanya menjaminkan kepastian tunjangan pensiun setiap bulannya selama masa pensiun.

FAQ | Pertanyaan Tentang Pensiun Berkah Bank Syariah Indonesia

Apakah semua orang bisa mengajukan pembiayaan pensiun berkah dari Bank Syariah Indonesia ?

Tidak, pensiun berkah hanya bisa diperoleh para pensiunan dari PNS, ASN, maupun BUMN dan BUMD yang sistem payroll manfaat pensiunnya di bank BSI.

Apakah bisa mengajukan pembiayaan pensiun pada saat belum memasuki masa pensiun ?

Bisa, Anda dapat mengajukan pembiayaan pra pensiun yang dapat diperoleh mulai dari 5 tahun sebelum pensiun maupun 2 tahun sebelum pensiun sesuai dengan syarat dan ketentuannya.

Web developer dan content writer yang suka menulis seputar dunia bisnis. Aktif menulis sejak 2005 di berbagai media lokal dan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: