Ebisnis.co.id
Beranda e-Wallet Mengapa OVO Tidak Bisa Transfer?

Mengapa OVO Tidak Bisa Transfer?

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Mengapa OVO tidak bisa transfer? OVO adalah sebuah platform pembayaran yang menyederhanakan proses transaksi dan pembayaran beragam kebutuhan (OVO Cash), sambil memberikan kesempatan untuk pengguna untuk mengakumulasi poin sebagai imbalan loyalitas (OVO Points).

Kesulitan umum yang sering dijumpai dalam penggunaan layanan e-wallet adalah kegagalan dalam melakukan transfer dana. Situasi ini juga sering terjadi pada OVO, baik secara serentak maupun hanya dialami oleh sebagian pengguna.

Secara keseluruhan, ada tujuh alasan mengapa transfer dana dengan OVO mungkin tidak berhasil. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Mengapa OVO Tidak Bisa Transfer?

Transaksi elektronik makin populer, tapi terdapat beberapa kendala yang sering dihadapi pengguna saat menggunakan layanan seperti OVO. Salah satu masalah yang umum terjadi adalah kesulitan dalam melakukan transfer saldo.

Berikut ini akan menjelaskan beberapa faktor yang jadi penyebab utama mengapa pengguna tidak dapat melakukan transfer menggunakan aplikasi OVO.

1. Status Akun OVO

Salah satu faktor terpenting mengapa OVO tidak bisa transfer? adalah status akun OVO yang masih berada dalam kategori dasar. Fitur transfer saldo hanya dapat diakses oleh pemilik akun OVO Premier.

Oleh karena itu, sebelum mencoba untuk melakukan transfer, penting untuk pengguna untuk meng-upgrade status akun mereka jadi OVO Premier.

Proses upgrade akun jadi OVO Premier relatif mudah dilakukan. Pengguna hanya perlu melakukan verifikasi Know Your Customer (KYC) dengan mengunggah foto KTP serta foto diri dan KTP.

2. Saldo Tidak Cukup

Kurangnya saldo pada akun OVO juga jadi kendala utama yang menghambat proses transfer. Penting untuk dicatat bahwa jumlah saldo yang ingin ditransfer akan ditambahkan dengan biaya administrasi sebesar Rp2.500.

Minimum transfer antar pengguna OVO adalah Rp10 ribu. Sehingga, pastikan saldo yang dimiliki mencukupi atau melebihi Rp10 ribu sebelum mencoba melakukan transfer.

3. Kesalahan pada Nomor Penerima

Sekalipun terkesan sepele, kesalahan penulisan nomor telepon penerima dapat menghambat proses transfer saldo melalui OVO. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa nomor telepon yang dimasukkan sebagai penerima transfer saldo sudah benar dan tepat.

4. Akun OVO Mencapai Limit

OVO mengklasifikasikan keanggotaannya jadi dua, yakni OVO Club dan OVO Premier. Pengguna dengan keanggotaan OVO Club mempunyai batas top up saldo sebesar Rp2 juta dengan batas maksimum total saldo Rp20 juta per bulan.

Sementara itu, untuk pengguna OVO Premier, batas saldo adalah Rp10 juta dengan batas maksimum total saldo Rp20 juta per bulan.

Keanggotaan Premier ini lebih eksklusif karena memungkinkan pengguna untuk mentransfer dana ke semua bank dan antar pengguna tanpa dikenakan biaya.

Tapi, penting untuk dicatat bahwa transfer saldo dari OVO ke akun bank akan dikenakan biaya admin sebesar Rp2.500 per transaksi. Biaya ini secara otomatis akan dikurangkan dari saldo OVO pengguna.

5. Koneksi Internet Terputus

Karena OVO beroperasi secara digital, koneksi internet yang stabil sangatlah penting. Gangguan pada koneksi internet dapat mengakibatkan proses transfer jadi tertunda atau bahkan gagal.

Selain itu, data riwayat saldo yang tidak berhasil terkirim dengan baik ke server OVO juga dapat jadi penyebab utama mengapa pengguna mengalami kesulitan dalam melakukan transfer.

Dengan memahami faktor-faktor di atas, pengguna OVO dapat lebih siap menghadapi dan mengatasi kendala-kendala yang mungkin timbul saat melakukan transfer saldo menggunakan aplikasi ini.

6. Perbaikan atau Pembaruan Server

Salah satu alasan umum mengapa OVO tidak bisa transfer? adalah karena adanya perbaikan atau pembaruan pada server atau sistem OVO.

Hal ini sering terjadi dalam aplikasi keuangan dan perbankan di mana pembaruan sistem dilakukan secara berkala untuk meningkatkan fitur serta meminimalkan kemungkinan terjadinya bug.

Saat proses perbaikan atau pembaruan sedang berlangsung, beberapa fitur dalam aplikasi OVO mungkin akan dinonaktifkan untuk sementara waktu, termasuk fitur transfer saldo. Ini bisa mengakibatkan pengguna mengalami kegagalan saat mencoba melakukan transfer.

7. Aplikasi OVO Belum Diperbarui

Faktor lain yang dapat mengakibatkan kendala dalam transfer melalui OVO terkait dengan pembaruan aplikasi. Setelah proses pembaruan atau perbaikan server selesai dilakukan, penting untuk pengguna untuk memastikan bahwa aplikasi OVO sudah diperbarui.

Dengan memperbarui aplikasi OVO ke versi terbaru, pengguna dapat meminimalkan kemungkinan terjadi bug yang mungkin ada dalam versi sebelumnya.

Ini penting karena bug-bug tersebut dapat mengakibatkan gangguan dalam proses transfer atau bahkan kesalahan dalam pengelolaan saldo.

Dengan memahami beragam faktor mengapa OVO tidak bisa transfer, pengguna dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat dan mengatasi masalah dengan lebih efektif.

Dengan demikian, pengguna dapat memanfaatkan layanan OVO dengan lebih baik dan lebih nyaman dalam menjalankan aktivitas keuangan mereka sehari-hari.

FAQ | Pertanyaan Seputar Mengapa OVO Tidak Bisa Transfer?

Apa yang mengakibatkan OVO muncul notifikasi General Error saat melakukan transfer?

OVO dapat muncul notifikasi General Error saat masalah koneksi internet yang buruk terjadi. Pastikan koneksi internet stabil saat menggunakan OVO.

Bagaimana cara mengatasi OVO yang tidak bisa transfer dengan notifikasi General Error?

Pastikan menggunakan versi terbaru aplikasi OVO dan perbarui aplikasi untuk memperbaiki kesalahan atau bug. Bersihkan cache dan data aplikasi OVO juga dapat membantu.

Bagaimana langkah membersihkan cache dan data aplikasi OVO?

Buka pengaturan di ponsel, pilih aplikasi OVO, lalu pilih Clear Data dan Clear Cache. Setelah itu, coba jalankan aplikasi OVO kembali untuk melakukan transfer.

Bagikan:

Iklan