Ebisnis.co.id

Kumpulan Ide & Peluang Usaha Rumahan

September 25, 2022
Advertisement

Banyaknya usaha ternak yang menjanjikan di masa depan yang tentunya dapat kamu lakukan dengan modal kecil. Dengan begitu, kamu bisa memperoleh penghasilan yang cukup besar atau menjanjikan sebagai bekal untuk kehidupan masa depan maupun mengembangkan lagi usaha ternak tersebut.

Seperti pada kesempatan kali ini, saya akan coba membahas beberapa jenis usaha atau bisnis ternak hewan yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang yang cukup menjanjikan. Agar lebih jelasnya, kamu dapat membaca artikel ini sebagai referensi usaha jika kamu ingin mendirikan bisnis ternak hewan.

Yuuk langsung saja ke pembahasannya, mari perhatikan penjelesan pada uraian dibawah berikut ini.

Usaha Ternak yang Menjanjikan di Masa Depan

Usaha ternak dengan hasil yang menjanjikan tidak melulu harus mengeluarkan modal yang ekstra besar. Menghitung seluruh rincian modal awal dengan detail dan memanfaatkan beberapa kebutuhan usaha. Itu dapat meminimalisir pengeluaran modal yang besar pada saat awal mendirikan usaha ternak tersebut.

Namun wajib diingat juga, bahwa pada dasarnya bisnis pada bidang atau sektor peternakan ini harus dibekali pengetahuan yang kuat untuk jenis hewan yang akan diternakan. Dengan begitu, saya memiliki beberapa referensi ternak hewan yang dapat kamu lakukan. Mari simak poin-poin dibawah ini:

1. Ternak Ikan Lele

Yang pertama adalah ternak ikan lele atau budidaya ikan lele. Ternak ikan air tawar ini selalu saja ada pelaku bisnisnya. Karena usaha ternak ikan lele ini terbilang murah dan mudah untuk dijalani. Dengan begitu, kamu cukup menyediakan kolam dengan kain plastik terpal serta pakan berupa pelet dari dedak.

2. Ternak Ikan Nila

Kemudian ada ternak ikan nila, ternak ikan ini banyak dilakukan karena banyak permintaan pasokan ikan nila untuk menu diberbagai rumah makan ataupun restoran. Dengan modal, dibawah 400ribu kamu sudah bisa mulai menjalani usaha budidaya ikan nila. Cukup membeli bibit nila yang berumur 2 minggu.

3. Budidaya Ikan Mujair

Selanjutnya ternak ikan mujair pun bisa kamu lakukan looh. Terlebih jika kamu memiliki halaman belakang rumah yang cukup luas bisa dijadikan penempatan kolam budidaya. Kamu cukup membeli bibit jenis ikan tawar mujair ini yang berumur 1 minggu agar mudah untuk diberi pakan pelet yang berukuran kecil.

4. Ternak Belut

Ada juga belut yang sering ditemui disawah, jenis ikan air tawar atau payau ini sangatlah potensial untuk dibudidaya serta dijual. Karena belut mengandung vitamin A yang tinggi dan juga protein. Untuk ternak belut, kamu membutuhkan kolam permanen dengan banyak lumpur seperti pada habitat aslinya disawah.

5. Budidaya Ikan Mas

Masih dengan spesies ikan air tawar, selanjutnya adalah ikan mas. Ikan mas juga banyak dibutuhkan oleh beberapa rumah makan serta restoran yang memiliki menu ikan mas. Untuk membudidayakan ikan mas, kamu cukup menyediakan kolam plastik terpal, pompa udara, serta pakan berupa pelet berukuran kecil.

6. Ternak Ikan Hias Cupang

Untuk membudidayakan ikan hias jenis cupang ini cukup mudah. Karena pada dasarnya ikan hias cupang tidaklah rumit dalam mengurusnya. Kamu hanya butuh aquarium atau wadah kecil sebagai tempatnya dan juga pakannya berupa cacing sutra, jentik, kutu air. Kamu harus memperdalam teknik pemijahannya.

7. Budidaya Ikan Hias Channa

Selanjutnya adalah membudidayakan ikan hias jenis Channa murah. Sama halnya dengan ikan hias diatas tadi, jika ikan hias Channa kamu cukup menyediakan beberapa aquarium berukuran sedang. Sedangkan untuk pakannya berupa cacing tanah, cacing sutra, jangkrik, kutu air, hingga ikan ukuran kecil.

8. Ternak Lebah Trigona

Sama halnya dengan lebah madu, namun untuk lebah jenis Trigona ini masih sulit didapatkan. Karena koloni lebah ini sulit ditemukan dan masih jarang petani lebah Trigona. Yang menjadi kelebihannya adalah khasiat dari hasil madunya yang dipercaya lebih tinggi dan lebih mahal dari madu lebah biasa.

9. Budidaya Kroto

Jenis budidaya kroto saat ini banyak dilakukan, karena banyaknya perburuan sarang semut rangrang dialam liar tidak terkontrol. Maka dari itu budidaya kroto menjadi jalan keluar, agar kroto yang bisa dihasilkan banyak dan berkelanjutan. Karena kroto merupakan pakan untuk ikan, burung atau unggas.

Advertisement

10. Ternak Ulat Sutra

Kemudian ternak ulat sutra yang kamu dapat dilakukan dengan cukup mudah. Namun biasanya untuk budidaya ulat sutra ini lebih baik pada kawasan daerah dengan suhu udara yang dingin. Dengan modal yang cukup kecil namun proses budidaya yang baik. Maka akan menghasilkan prospek bisnis yang bagus.

11. Ternak Jangkrik

Nahh selanjutnya adalah jangkrik, karena jangkrik ini bisa kamu budidayakan untuk kemudian dipasarkan ke toko pakan burung. Dengan memiliki kotak kayu dan didalamnya terdapat kardus telur sebagai tempat budidayanya. Serta pakannya berupa daun-daunan (kangkung, bayam, dll).

12. Ternak Lebah Madu

Untuk perlengkapan ternak lebah madu diperlukan kotak atau papan sebagai tempat lebah menyimpan madunya. Namun kamu harus menyimpan kotak tersebut jauh dari akses masuk rumah seperti di rooftop. Pastikan disekitaran kotak lebah, tersedia jenis tanaman yang mengandung nektar.

13. Ternak Jentik Nyamuk

Memang terdengar sedikit aneh, namun jangan salah tanggap dulu. Karena tujuan dari ternak jentik nyamuk ini adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam pakan nyamuk. Seperti yang kamu tahu, jika jentik nyamuk adalah salah satu pakan terbaik untuk pakan ikan hias cupang dan ikan hias kecil lainnya.

14. Budidaya Cacing Tanah

Tujuan dari jenis budidaya cacing tanah ini bertujuan sebagai olahan obat-obatan ataupun sebagai pakan burung maupun ikan. Media budidayanya pun cukup mudah, seperti kotak sterofoam ataupun kotak kayu berisikan tanah humus serta jerami lembab. Cacing tanah dapat kamu jual dengan harga 90ribu per Kg.

15. Budidaya Ulat Hongkong

Usaha ternak yang menjanjikan di masa depan selanjutnya adalah budidaya ulat hongkong. Ulat hongkong biasanya digunakan sebagai pakan ikan hias Arwana, Louhan, Channa Barca, dan jenis ikan hias lainnya. Untuk budidayanya pun cukup mudah dengan wadah plastik dan pakan berupa buah atau sayur.

16. Ternak Ulat Jerman

Hampir sama seperti halnya ulat hongkong, namun ulat jerman ini memiliki ukuran yang lebih besar daripada ulat hongkong sebelumnya. Untuk kebutuhan ternaknya pun tidak jauh berbeda dengan ulat honkong diatas tadi ya. Cukup mudah bukan? Karena ulat ini banyak dicari untuk kebutuhan pakan.

17. Budidaya Love Bird

Kemudian ada budidaya love bird atau jenis burung parkit. Kamu bisa mendapatkan 1 pasang jodoh love bird seharga 150ribu saja serta pakan yang cukup murah berupa biji-bijian, buah serta sayuran. Teknik pemijahan love bird harus kamu dalami agar berhasil membudidayakannya.

18. Ternak Kelinci

Ada juga ternak kelinci looh, kamu pasti jarang mendengarnya. sebenarnya ternak kelinci ini bertujuan untuk menyuplai kebutuhan daging kelinci guna kebutuhan menu restoran. Ataupun dapat kamu jual sebagai hewan peliharaan biasa. Mengurus mudah serta pakan yang murah seperti jenis-jenis sayuran.

19. Ternak Ayam Kampung

Dalam melakukan ternak ayam kampung sebenarnya sangat mudah. Kamu cukup menyiapkan kandang serta pakan dari dedak dan campuran nasi bekas sudah cukup. Ayam kampung juga biasanya didistribusikan pada rumah makan atau resto Sunda yang menyajikan menu ayam kampung ini.

20. Ternak Ayam Broiler

Sedangkan ternak ayam broiler ini siklus hidupnya terbilang cepat, karena memang tujuannya untuk dijual sebagai kebutuhan daging ayam siap olah. Seperti didistribusikan pada penjual ayam potong ataupun ke setiap rumah makan dan lainnya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan beberapa referensi dari usaha ternak yang menjanjikan di masa depan yang dapat kamu coba. Namun kamu juga harus menyesuaikan dengan keahlian serta modal untuk memulai bisnis atau usaha tersebut dengan penuh perhitungan. Mohon maaf apabila ada salah tulis. Terimakasih.

Advertisement