5 Tips Memilih Produk Reksadana yang Tepat

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Sebelum memutuskan untuk membeli produk investasi, Anda perlu mencari tahu mengenai potensi keuntungan dan kerugiannya. Reksadana merupakan instrumen investasi yang banyak menjadi pilihan karena cuan. Untuk mendapatkan produk reksadana terbaik juga mudah sebab bisa membelinya di platform yang terpercaya, seperti Makmur.id.

Platform yang menyediakan berbagai produk investasi ini memudahkan Anda mendapatkan keuntungan dari berbagai jenis instrumen investasi. Sebagai pilihan, bagi Anda yang mempunyai karakter progresif atau berani mengambil resiko bisa memilih instrumen reksadana pasar uang di Makmur.id. Selain itu, masih banyak jenis pilihan lainnya. 

Cara Tepat Memilih Produk Reksadana

Sebagaimana produk investasi lain, selain potensi keuntungan investor yang memilih instrumen reksadana juga harus siap dengan resiko kerugian. Namun sebenarnya resiko tersebut bisa dikendalikan dengan cara memilih produk reksadana yang tepat sehingga bisa menekan potensi kerugian seperti yang tersedia di Makmur.id.

Untuk memulai berinvestasi dalam bentuk reksadana cukup mudah, baik investor profesional maupun pemula berpotensi mendapatkan banyak keuntungan. Investor juga tidak perlu mempunyai pengalaman dan pengetahuan karena bisa mempercayakan asetnya pada manajer investasi terpercaya. Cara memilih produk reksadana yang tepat adalah:

1. Tentukan tujuan investasi

Tujuan investasi dapat menjadi acuan utama untuk menentukan jenis reksadana dan jangka waktu yang tepat dalam memulai berinvestasi. Anda bisa memilih produk yang mempunyai jangka sesuai dengan waktu penggunaan dana tersebut. 

Selain itu, dengan mempunyai tujuan yang jelas dalam berinvestasi juga akan mendorong Anda untuk semangat mengalokasikan dan untuk membeli reksadana pilihan. Cara ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan cuan yang maksimal dari dana yang dimiliki. 

Bagi yang mempunyai tujuan keuangan jangka pendek, dapat membeli reksadana yang mempunyai waktu jatuh tempo cepat. Sebaliknya jika tujuan keuangan masih lama, bisa membeli produk dengan waktu jatuh tempo panjang yang berpotensi menghasilkan lebih banyak keuntungan. 

2. Pelajari prospectus

Meskipun tidak harus menjalankan investasi sendiri, tetapi mempercayakan pada manajer investasi, namun Anda tetap harus memahami prospektus dari produk pilihan. Hal ini bisa membantu Anda untuk menentukan pilihan fitur reksadana terbaik yang menjadi pilihan dan dapat mengantisipasi potensi kerugian yang mungkin terjadi.

Tidak sedikit orang yang kecewa karena mengalami kerugian setelah berinvestasi reksadana yang disebabkan tidak mau mempelajari prospectus dari produk yang menjadi pilihan.

Sebagai pemilik dana, Anda adalah penentu keputusan akan membeli reksadana jenis apa agar cuan. Sedangkan manajer investasi bertugas untuk memberikan masukan dan menjalankan investasi sesuai dengan keinginan pemilik dana.  

3. Perhatian dengan detail biaya investasi

Tidak sedikit investor yang merasa kecewa karena pendapatan dari investasi reksadana tidak sebesar proyeksi, sedangkan pemasukan yang diterima banyak. Hal ini bisa disebabkan karena sebelumnya tidak memperhitungkan beban biaya yang harus dibayar untuk investasi tersebut. 

Investor pemilik reksadana perlu membayar fee untuk pengelola atau manajer investasi. Beberapa biaya dari produk reksa dana adalah management fee atau biaya layanan, subscription fee atau biaya pembelian, biaya penjualan atau redemption fee, serta biaya pengalihan atau switching fee. 

Besar biaya investasi untuk setiap periode dan untuk masing-masing manajer investasi berbeda. Jadi sangat penting bagi investor untuk mempelajari dan mempertimbangkan biaya-biaya tersebut untuk bisa memproyeksikan passive income dari investasi reksadana yang dimiliki. 

Semua biaya tersebut dapat Anda cek pada fund factsheet produk reksa dananya. Investor perlu mencari tahu terlebih dulu besaran biaya tersebut agar mampu mendapatkan produk reksa dana yang terbaik dan dapat mempertimbangkan apakah akan memilih instrumen investasi tersebut. 

4. Tentukan kapan waktu yang tepat untuk berinvestasi

Pada prinsipnya, semakin cepat dalam berinvestasi maka kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan akan bertambah besar. Namun Anda perlu mempertimbangkan beberapa poin agar tidak salah waktu dalam membeli produk investasi. 

Waktu yang tepat untuk berinvestasi adalah saat harga produk tersebut murah dan tidak menjualnya sampai mencapai angka yang diharapkan. Namun tidak salah juga jika Anda langsung membeli reksadana begitu mempunyai uang sehingga uang tersebut tidak cepat habis dan bisa menghasilkan passive income

5. Pelajari performa manajer investasi

Manajer investasi merupakan lembaga atau perorangan yang bertugas untuk mengelola aset investor sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal. performa dari manajer investasi atau MI berbeda-beda. 

Karena itu Anda perlu mengetahui progresnya untuk bisa memastikan bahwa MI tersebut bisa dipercaya dalam mengelola modal investasi sehingga dapat menghasilkan banyak keuntungan. 

Sebagai pilihan tepat, Anda dapat membeli produk reksadana yang cuan melalui aplikasi Makmur. Aplikasi ini merupakan penyedia berbagai produk investasi yang tepat bagi investor pemula maupun profesional. 

Makmur hanya bekerja sama dengan manajer investasi ternama dan terpercaya yang mempunyai reputasi dan rekam jejak baik. Sebagai penyedia beragam pilihan investasi reksa dana, Makmur telah mendapatkan izin Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Bagi Anda yang ingin memulai keberuntungan dengan berinvestasi dalam bentuk reksadana bisa segera mengunduh aplikasi Makmur.id kemudian membuat akun dan menginvestasikan dana yang dimiliki di reksadana pasar uang di Makmur.id.  Anda bisa dengan mudah memantau perkembangan nilai investasi melalui aplikasi yang mudah diakses ini. 

Seorang penulis konten bisnis dan financial yang sudah aktif sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: