8 Resiko Jika ShopeePay Later Telat Bayar

Jika ShopeePay Later telat bayar, maka akan ada beberapa resiko yang diterima oleh peminjam yang telat membayar tersebut. Seperti pada pinjaman online lain, ShopeePay Later juga menerapkan syarat dan ketentuan apabila peminjam telat melakukan pembayaran tagihan.

Sehingga mau tidak mau peminjam yang telat membayar tagihan ShopeePay Later akan menerima sejumlah resiko yang pastinya merugikan. Nah, apa saja resiko ShopeePay Later telat bayar? Pada artikel ini sudah kami tuliskan beberapa resiko ShopeePay Later telat bayar.

Silahkan Anda baca artikel ini sampai selesai, agar Anda bisa lebih berhati-hati dalam melakukan pinjaman menggunakan ShopeePay Later.

Resiko ShopeePay Later Telat Bayar

Shopee merupakan salah satu e-commerce atau online shop yang sangat populer di Indonesia. Selain menyediakan suatu produk, Shopee juga sudah memiliki dompet digital nya sendiri yang dinamakan ShopeePay.

Dengan menggunakan ShopeePay, pengguna Shopee bisa melakukan pembayaran pesanan dengan lebih mudah dan aman. Bukan hanya di Shopee saja, namun beberapa e-commerce lain juga sudah menyediakan metode pembayaran ShopeePay.

Selain ShopeePay, Shopee juga menyediakan layanan lain yang bisa sangat membantu penggunanya jika ingin membeli produk namun belum memiliki dana yang cukup.

Layanan tersebut bernama ShopeePay Later. ShopeePay Later sendiri bisa digunakan oleh pengguna nya untuk membeli barang saat ini dan bayar nanti.

Jika Anda sudah melakukan pinjaman dengan menggunakan ShopeePay Later, maka akan ada tagihan biaya yang harus Anda bayar sesuai dengan tenggat waktu yang sudah ditentukan.

Namun seperti pinjaman online lainnya, ShopeePay Later juga sudah memiliki syarat dan ketentuan pinjaman, termasuk syarat dan ketentuan mengenai keterlambatan pembayaran ShopeePay Later.

Dimana jika ShopeePay Later telat bayar, maka akan ada sejumlah resiko yang akan Anda dapatkan karena keterlambatan pembayaran tersebut.

Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan mengenai beberapa resiko yang akan Anda dapatkan ketika ShopeePay Later telat bayar.

1. Terkena Denda Keterlambatan Pembayaran

Resiko pertama yang akan Anda dapatkan jika ShopeePay Later telat bayar yaitu terkena denda keterlambatan pembayaran. Denda keterlambatan pembayaran ShopeePay Later adalah sebesar 5% dari total tagihan setiap bulannya.

Misalnya jika Anda memiliki tagihan Rp. 100.000 dan telat membayar, maka total pembayaran ShopeePay Later nya yaitu 5% x Rp. 100.000 = Rp. 105.000. Jadi total tagihan ShopeePay Later telat bayar yang harus Anda bayar yaitu Rp. 105.000.

2. Tercatat Dalam Laporan SLIK OJK

Resiko kedua yang mungkin akan Anda dapatkan yaitu tercatat dalam laporan SLIK OJK. Mengingat jika ShopeePay Later merupakan salah satu pinjaman online yang sudah di awasi langsung oleh OJK.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami keterlambatan pembayaran ShopeePay Later, maka nama Anda akan tercatat dalam laporan SLIK OJK.

Jika nama Anda sudah tercatat dalam laporan SLIK OJK, maka Anda akan kesulitan untuk mengajukan pinjaman kembali baik di ShopeePay Later maupun platfrom pinjaman lainnya.

3. Pembatasan Akses Aplikasi

Resiko selanjutnya yang akan Anda dapatkan ketika ShopeePay Later telat bayar yaitu pembatasan akses aplikasi. Artinya Anda tidak dapat menggunakan aplikasi Shopee seperti biasanya serta Anda akan menerima pembatasan dalam menggunakan voucher Shopee.

4. Bisa Mencegah Pembiayaan dari Bank Lain

Jika Anda telat membayar ShopeePay Later, maka nama Anda bisa saja di blacklist dari SLIK OJK. Jika nama Anda sudah di blacklist dari SLIK OJK maka hal tersebut bisa mencegah pembiayaan dari platfrom pinjaman lain baik itu dari Bank maupun perusahaan lainnya.

Maksudnya Anda tidak dapat mengajukan pinjaman kembali di platfrom resmi yang sudah diawasi oleh OJK atau instansi terkait.

5. Ditagih Lewat Telepon

Jika Anda tidak membayar tagihan ShopeePay Later setelah sekian lama, maka Anda akan di tagih oleh pihak Shopee untuk segera membayar tagihan yang belum dibayar. Biasanya pihak Shopee akan melakukan penagihan tersebut lewat telepon, SMS, email, bahkan lewat WhatsApp.

Tak jarang juga pihak Shopee mengirimkan pesan kepada kontak darurat yang terdaftar agar mengingatkan Anda supaya membayar tagihan. Sehingga mau tidak mau Anda harus segera membayar tagihan ShopeePay Later yang belum dibayar beserta dengan denda keterlambatan pembayarannya.

6. Peringatan dari Pihak Ketiga

Jika Anda sudah menunggak tagihan ShopeePay later begitu lama, maka tak jarang pihak Shopee juga akan melakukan penagihan secara offline atau secara langsung kepada peminjam yang bermasalah.

Nantinya pihak Shopee akan mengirimkan pihak ketiga atau Debt Collector untuk datang ke alamat yang didaftarkan dan akan menagih ShopePay Later yang belum dibayar.

7. Fitur ShopeePay Later Akan Terhenti

Jika peminjam masih belum juga membayar tagihan ShopeePay Later, maka batas-batas kredit ShopeePay Later akan diberhentikan oleh pihak Shopee. Dengan pemberhentian ini, maka Anda tidak bisa menggunakan ShopeePay Later lagi, sampai Anda bisa membayar tagihan yang menunggak.

8. Akun Diblokir

Resiko terakhir yang mungkin akan Anda terima jika ShopeePay Later telat bayar yaitu akun Shopee Anda akan diblokir dan Anda tidak bisa lagi menggunakan Shopee untuk melakukan transaksi, baik itu untuk berbelanja maupun untuk menggunakan ShopeePay Later kembali.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki tagihan ShopeePay Later pastikan Anda selalu membayar tagihan tersebut tepat waktu untuk menghindari resiko-resiko yang sudah dijelaskan di atas.

FAQ | Pertanyaan Tentang ShopeePay Later Telat Bayar

Apakah kita bisa mengajukan ShopeePay Later lagi jika semua tagihan sudah lunas?

Bisa. Anda hanya tinggal menggunakan sisa limit yang tersedia di ShopeePay Later untuk berbelanja produk yang diinginkan.

Berapa denda keterlambatan pembayaran ShopeePay Later?

Denda keterlambatan pembayaran ShopeePay Later adalah sebesar 5% dari total tagihan per bulannya.

Ah hanya seorang penulis pemula saja yang suka berbagi hal-hal kecil. Konten bisnis suka saya bagikan karena relate dengan kehidupan sehari-hari saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: