Pinjaman BJB Jaminan Sertifikat Rumah dengan Plafon Besar

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Pinjaman BJB jaminan sertifikat rumah jadi salah satu layanan perbankan yang dapat memberikan pembiayaan untuk Anda dengan berbagai kebutuhan. Agunan sertifikat rumah biasanya dapat digunakan untuk berbagai jenis pembiayaan.

Agunan tersebut nilainya tentu lebih besar dibandingkan agunan lainnya seperti BPKB kendaraan tertentu. Ada beberapa fasilitas dan layanan yang bisa Anda pilih untuk mengajukan pinjaman dengan sertifikat rumah terutama para pemilik rekening BJB.

Jenis Pembiayaan Pinjaman BJB jaminan Sertifikat Rumah

Ada beberapa jenis pembiayaan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan ketika akan menjadikan agunan sertifikat rumah sebagai jaminannya. Ada beberapa jenis pembiayaan yang sebaiknya Anda perhatikan dengan baik, seperti penjelasan di bawah ini.

1. Kredit Mikro Utama

Pilihan pembiayaan ini menjadi salah satu layanan perbankan dari BJB yang bisa Anda dapatkan dengan sertifikat rumah. Kredit Mikro Utama merupakan pembiayaan untuk pelaku usaha perorangan maupun kelompok dan badan untuk sektor ekonomi produktif.

Jika Anda merupakan pengusaha kecil, wirausaha, pedagang, wiraswasta yang produktif dan sudah memiliki usaha minimal selama 2 tahun bisa mengajukan pembiayaan tersebut. Syarat usaha 2 tahun mutlak harus Anda penuhi meskipun punya sertifikat rumah sebagai agunannya.

2. KUR atau Kredit Usaha Rakyat Bank BJB

Pilihan pembiayaan KUR dari bank BJB ini juga bisa Anda manfaatkan dengan menggunakan jaminan sertifikat rumah. Pembiayaan KUR ini diperuntukkan bagi pemilik usaha perorangan maupun badan yang sekalanya mikro, kecil, dan menengah.

Pinjaman KUR kerap kali digunakan oleh para nasabahnya untuk modal kerja, investasi usahanya, serta penempatan TKI. Anda harus punya usaha yang sudah berjalan untuk bisa mendapatkan pembiayaan tersebut.

3. Kredit Multiguna BJB

Selain kredit untuk pengusaha atau wiraswasta, Anda juga bisa mendapatkan kredit dengan agunan sertifikat rumah tersebut dalam bentuk kredit multiguna BJB. Layanan kredit ini bisa digunakan untuk karyawan tetap.

Kredit multiguna berfungsi untuk pembelian produk atau baran mulai dari motor, mobil, dan lain sebagainya. Kredit Multiguna yang dimiliki oleh Bank Jawa Barat tersebut dikenal dengan nama Kredit Guna Bhakti atau KGB.

Ketentuan Pinjaman Bank BJB untuk Karyawan Maupun Pengusaha Agunan Sertifikat Rumah

Dari ketiga pilihan layanan perbankan dari BJB tersebut, Anda tentu harus memperhatikan dengan baik ketentuan yang perlu dipenuhi sebagai nasabah. Ada beberapa bentuk ketentuan yang diperlukan sesuai dengan jenis pembiayaannya, seperti penjelasan di bawah ini.

1. Ketentuan untuk KUR dan Kredit Usaha Mikro

Pembiayaan kredit dalam bentuk KUR dan Kredit Usaha Mikro dari BJB tersebut hanya bisa digunakan bagi pengusaha atau wiraswasta yang sudah menjalankan usahanya. Pengajuan kredit tersebut bisa dilakukan secara perorangan maupun kelompok.

Usaha yang bisa Anda ajukan untuk mendapatkan pembiayaan pinjaman BJB jaminan sertifikat rumah yakni harus berjalan selama minimal 2 tahun. Bisnis atau Usaha yang ada tersebut harus dibuktikan berdasarkan ketentuan yang ada.

2. Ketentuan untuk Pinjaman Multiguna dari BJB

Berbeda dengan ketentuan pinjaman untuk usaha yang disebutkan di atas, pemohon dalam pinjaman multiguna dari BJB tersebut merupakan perorangan. Pemohon merupakan perorangan yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil, PNS, karyawan tetap, Karyawan Kontrak, dan juga petugas negara.

Tabel Pinjaman Bank BJB 2023 untuk Agunan Sertifikat Tanah

Simulasi pinjaman dari BJB dengan menggunakan agunan sertifikat tanah bisa andal lihat lewat tabel di bawah ini. Simulasi tersebut merupakan bentuk gambaran perhitungan angsuran yang harus Anda bayarkan.

Jumlah PinjamanTenor 1 TahunTenor 2 TahunTenor 3 TahunTenor 4 Tahun
125.000.00010.925.6395.704.8593.969.1513.104.698
150.000.00013.110.7676.854.8314.762.9823.725.638
175.000.00015.295.8947.986.8035.556.8124.346.578
200.000.00017.481.0229.127.7746.350.6424.967.517

Tabel tersebut dapat menjadi acuan Anda untuk bisa mempertimbangkan pengajuan pembiayaan di bank BJB dengan sertifikat rumah. Dilihat dari perhitungan tabelnya, nilai bunga yang ditetapkan atau diterapkan oleh bank BJB relatif tidak besar.

Syarat Pengajuan Pinjaman BJB Jaminan Sertifikat Rumah

Anda bis mengajukan pembiayaan dari bank BJB tersebut dengan mendatangi langsung kantor cabang bank. Sebelum mendatangi kantor cabang, siapkan beberapa dokumen yang harus dilampirkan saat pengajuan, seperti berikut.

1. Dokumen untuk Karyawan

Untuk karyawan, ada beberapa dokumen yang Anda butuhkan dalam proses pengajuan pembiayaan dari bank BJB dengan jaminan sertifikat rumah, seperti :

  • Fotokopi KTP Pemohon dan juga Pasangan
  • Fotokopi buku nikah/surat cerai
  • Fotokopi NPWP untuk pinjaman di atas 50 juta
  • Fotokopi pemilik jaminan beserta pasangan
  • Surat keterangan kerja atau pengangkatan karyawan tetap
  • Slip Gaji terakhir
  • Sertifikat rumah

2. Dokumen untuk Pengusaha atau Wiraswasta

Bagi pengusaha dan wiraswasta, ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan untuk mengajukan pinjaman di bank BJB dengan jaminan sertifikat rumah, seperti :

  • Fotokopi KTP Pemohon dan juga Pasangan
  • Fotokopi buku nikah/surat cerai
  • Fotokopi NPWP untuk pinjaman di atas 50 juta
  • Fotokopi pemilik jaminan beserta pasangan
  • Sertifikat rumah
  • FC KTP Pengurus Badan Usaha
  • Dokumen perijinan atau legalitas dari usaha yang berjalan
  • NPWP atas nama badan usaha
  • Bukti pendaftaran badan usaha di pengadilan setempat
  • AD dan ART untuk badan usaha

FAQ | Pertanyaan Tentang Pinjaman BJB Jaminan Sertifikat Rumah

Apakah setiap pengajuan pinjaman di bank BJB dengan sertifikat rumah pasti disetujui ?

Belum tentu, setiap pemohon akan mendapatkan verifikasi dan validasi sebelum memperoleh pembiayaan dari BJB sehingga kepastiannya tidak bisa prediksi.

Apakah cukup hanya menggunakan sertifikat rumah saja untuk mendapatkan pinjaman dari BJB ?

Tidak, Anda juga perlu melampirkan beberapa dokumen lainnya agar bisa mendapatkan pembiayaan dari BJB.

Web developer dan content writer yang suka menulis seputar dunia bisnis. Aktif menulis sejak 2005 di berbagai media lokal dan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: