Perbedaan GoPay dan Dana yang Perlu Anda Ketahui

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Ada banyak E-Wallet yang saat ini beroperasi di Indonesia termasuk GoPay dan Dana. Perbedaan GoPay dan Dana tentu harus Anda pertimbangkan dengan baik sebelum membuat akun E-Wallet tersebut. Setiap layanan E-Wallet memang berbeda satu sama lain sehingga perlu Anda perhatikan.

Pastikan Anda mempertimbangkan perbedaan tersebut sebagai bagian dari cara untuk bisa menikmati fitur dan fasilitasnya. Dana dan GoPay bisa dikatakan sebagai dua pilihan E-Wallet paling populer di Indonesia saat ini.

Perbedaan GoPay dan Dana Berdasarkan Detailnya

Ada beberapa perbedaan antar GoPay dan Dana yang bisa Anda perhatikan dalam ulasan artikel kali ini. Penjelasan perbedaan tersebut dapat Anda perhatikan dengan memahami satu persatu. Berikut penjelasan perbedaan keduanya dengan pemahaman di bawah ini.

1. Apa Itu GoPay

Hal pertama yang bisa menjadi pembeda antara GoPay dan Dana yakni dengan memahami penjelasan umunya. GoPay sendiri merupakan aplikasi yang lahir dari dompet digital miliki Gojek. Saat ini GoPay sudah punya aplikasi terpisah sehingga berdiri sendiri sebagai E-Wallet.

GoPay sekarang bukan hanya bisa digunaikan di Gojek saja melainkan juga untuk pembayaran E-Commerce. GoPay sudah bisa Anda gunakan sebagai pilihan pembayaran saat melakukan transaksi yang ada di Tokopedia.

2. Apa itu Dana

Setelah memahami GoPay tentu Anda juga harus mengerti berkaitan dengan apa itu Dana. Secara fungsi dan kegunaan Dana dan GoPay sama saja yakni sebagai layanan penyedia dompet digital. Dana sejak dulu bisa digunakan dibanyak merchat baik online maupun offline.

Dana sendiri jadi salah satu E-Wallet besar yang ada di Indonesia karena sudah digunakan oleh banyak penggunanya untuk berbagai kebutuhan transaksi. Dana menjadi satu pilihan layanan dompet elektronik yang bisa digunakan secara mobile lewat aplikasi di Smartphone.

Secara fungsi dan penjelasan mengenai keduanya mirip hanya berbeda platfom saja. GoPay dan Dana merupakan E-Wallet atau dompet digital. Perbedaan GoPay dan Dana hanya ada pada asal awal aplikasi tersebut ada.

Perbedaan Antara GoPay dan Dana Berdasarkan Kelebihannya

Anda juga bisa memperhatikan perbedaan kedua E-wallet tersebut berdasarkan kelebihan masing-masing. Penjelasan mengenai kelebihan setiap E-wallet tersebu bisa Anda perhatikan melalui beberapa penjelasan di bawah ini.

1. Kelebihan GoPay

Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda temukan dari aplikasi GoPay sebagai Dompet Digital. Bentuk kelebihan GoPay tersebut bisa Anda pahami dan perhatikan melalui penjelasan di bawah ini secara lengkap.

1.1. Fitur Riwayat Transaksi

Anda bisa mendapatkan fitur riwayat transaksi yang lengkap saat menggunakan GoPay. Dengan fitur tersebut, Anda bisa melakukan proses pencatatan transaksi yang sudah pernah dilakukan. Evaluasi pengeluaran bisa Anda lakukan dengan fitur GoPay ini.

1.2. Promo dalam Ekosistem GoPay

GoPay punya beberapa ekosistem yang bisa Anda manfaatkan yakni layanan di Gojek dan Tokopedia. Dengan ekosistem tersebut, Anda bisa menemukan adanya promo yang lebih menarik dan tentunya beragam untuk Anda manfaatkan dengan mudah.

1.3. Layanan GoPay Later

Kelebihan ketiga yang juga bisa Anda temukan dari layanan GoPay yakni berkaitan dengan fitur GoPay Later. Anda bisa memanfaatkan fitur Paylater tersebut untuk transaksi di GoPay, GoJek, maupun aplikasi Tokopedia secara mudah dan praktis.

1.4. Layanan GoPay Pinjam

Fitur lain yang juga jadi kelebihan GoPay yakni layanan GoPay Pinjam. Anda bisa mendapatkan pinjaman online dengan tenor yang panjang dan bunga renda. Pengguna GoPay berkesempatan untuk bisa memperoleh pilihan pinjaman online tersebut.

2. Keuntungan Dana

Selain membahas keuntungan GoPay, perbedaan GoPay dan Dana juga bisa terlebih dalam ulasan terkait keuntungan Dana. Penjelasan mengenai keuntungan dari Dana tersebut bisa Anda perhatikan lewat ulasan di bawah ini.

2.1. Fitur Pembayaran yang Lengkap

Salah satu bentuk keuntungan yang bisa Anda temukan dari aplikasi Dana yakni pilihan pembayaran yang lengkap. Anda bisa melakukan berbagai menu pembayaran lewat Dana mulai dari tagihan, pembayaran rutin, pulsa, dan lainnya.

2.2. Minimal Top Up yang Kecil

Anda juga punya kesempatan untuk bisa melakukan proses Top Up dengan nilai yang kecil. Rp. 10.000 merupakan batas minimal Anda bisa melakukan proses top up ke dalam akun Dana sehingga tentunya lebih menguntungkan.

2.3. Kerja Sama Banyak Merchant

Dana juga bekerja sama dengan banyak Merchant untuk memberikan kemudahan dalam proses pembayaran. Dengan kerja sama tersebut ada bisa membayar lewat saldo Dana di berbagai pilihan merchat baik offline maupun online.

2.4. Dana Paylater

Fitur paylater dari Dana ini juga bisa Anda manfaatkan dengan mudah dalam berbagai kebutuhan. Anda bisa memanfaatkan fitur ini di aplikasi Dana maupun beberapa merchat yang bekerja sama sehingga lebih memudahkan dan menguntungkan.

Dengan memperhatikan beberapa keuntungan di atas, Anda bisa memilih dompet digital mana yang akan digunakan. Daripada bingung memilih, Anda bisa memanfaatkan keduanya sebagai layanan dompet digital.

FAQ | Pertanyaan Tentang Perbedaan GoPay dan Dana

Apakah bisa memiliki dua akun premium di GoPay dan Dana dengan satu KTP?

Bisa, keduanya memiliki induk perusahaan yang berbeda sehingga Anda bisa punya dua akun premium di aplikasi tersebut.

Apakah bisa mengirimkan saldo dari GoPay ke Dana dan begitu sebaliknya?

Bisa, Anda tidak bisa langsung mengirim saldo tersebut melainkan lewat perantara rekening bank di mana salah satunya yakni PermataBank.

Web developer dan content writer yang suka menulis seputar dunia bisnis. Aktif menulis sejak 2005 di berbagai media lokal dan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: