Pengajuan Home Credit Ditolak: Penyebab & Solusinya

Pengajuan Home Credit ditolak menjadi salah satu permasalahan untuk pengguna Home Credit yang sedang ingin mengajukan pinjaman ataupun membayarkan belanjaan menggunakan Home Credit. Untuk mengajukan pinjaman ke Home Credit memang harus memenuhi syarat dan akan kita bahas.

Untuk mengajukan pinjaman ke Home Credit sebenarnya hanya membutuhkan KTP, nomor ponsel dan beberapa dokumen pendukung seperti STNK Kendaraan Bermotor atas nama pribadi ataupun Kartu Keluarga.

Terkadang yang menjadi pertanyaan adalah semua syarat sudah lengkap tapi masih mendapat penolakan dari Home Credit.

Penyebab Pengajuan Home Credit Ditolak

Jika kamu mengajukan pinjaman ke Home Credit tapi mendapat penolakan, tentu saja kamu perlu tahu apa saja yang menjadi penyebab pengajuan Home Credit ditolak. Sehingga nantinya bisa mendapatkan solusi yang tepat. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

1. Usia yang Belum Cukup

Salah satu penyebab penolakan ketika mengajukan Home Credit adalah usia yangtidak memeuhi kriteria atau persyaratan. Yang mana minimal harus 19 tahun jika sudah menikah atau 21 tahun jika masih lajang. Jika memang usia kamu masih di bawah 19 tahun tentunya pengajuan akan mendapat penolakan.

2. Pendapatan Kurang Dari Rp 1,5 Juta Perbulan

Pendapatan juga bisa mempengaruhi pengajuan mendapat penolakan atau tidak. Jika kamu punya pendapatan kurang dari Rp 1,5 juta perbulan tentu saja akan mendapatkan penolakan. Karena untuk persyaratan pengajuan Home Credit pendapatan minimal Rp 1,5 juta perbulannya.

3. Punya Riwayat Kredit yang Buruk

Selain itu, jika kamu punya riwayat kredit buruk tentu saja secara otomatis pengajuan kredit kamu akan mendapat penolakan. Kalau untuk hal ini memang berlaku untuk semua pinjaman online dan menjadi hal yang mutlak. Oleh karena itu ditolak atau tidaknya tergantung dari riwayat kredit kamu.

4. Domisili Di Luar Jangkauan Coverage Area

Calon peminjam berdomisili luar wilayah operasional dari Home Credit juga bisa menjadi salah satu penyebab pengajuan yang mendapat penolakan. Ketentuan mengenai coverage area ini biasanya Home Credit akan menjelaskan dari awal.

Oleh karena itu, kamu bisa mengecek dulu apakah domisili wilayah kamu masuk ke dalam area coverage atau tidak.

5. Tidak Memberikan Akses Data Pribadi Pada Ponsel

Aplikasi Home Credit nantinya akan meminta akses data pribadi ke ponsel kamu. Tujuannya sendiri adalah agar aplikasi bisa menganalisa data dari ponsel kamu untuk melakukan credit scoring.

Untuk bisa melakukan akses, aplikasi akan meminta izin dari pengguna. Jika izin tersebut tidak kamu berikan, tentu saja proses pengajuan pinjamannya tidak bisa lanjut ke proses yang berikutnya.

Ketentuan dari OJK sendiri adalah jika akses data pribadi pada ponsel diperbolehkan dengan wajib meminta persetujuan dari penggunanya. Jadi, prosesnya akan lebih lancar.

6. Foto KTP dan Selfie Buram

Salah satu syarat untuk mengajukan Home Credit adalah foto KTP dan selfie memegangKTP. Beberapa orang mungkin mengunggah foto yang buram sehingga data tidak terbaca jelas., kemudian bisa juga foto yang kamu ambil tidak lengkap atau foto tidak kamu ambil dengan kamera ponsel.

Cara Mengatasi Pengajuan Home Credit Ditolak

Jika kamu sudah tahu apa saja penyebab dari pengajuan Home Credit mendapat penolakan, tentu saja kamu bisa memperbaiki dan memenuhi semua persyaratan yang sudah menjadi ketentuan dari Home Credit. Untuk cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

1. Melengkapi Semua Persyaratan

Jika kamu ingin pengajuan Home Credit mendapat persetujuan, tentu saja harus memenuhi semua persyaratannya terlebih dulu. Untuk persyaratannya sendiri adalah usia harus cukup serta penghasilan harus sesuai.

Jika memang semua syarat tersebut sudah kamu penuhi kemungkinan besar pengajuan akan mendapat persetujuan.

2. Memperbaiki Riwayat Kredit

Selain melengkapi semua persyaratan tersebut, kamu juga harus memperbaiki riwayat kredit. Dalam artian ketika kamu punya pinjaman ataupun hutang di tempat lain yang masih belum kamu bayarkan atau tertunggak, sebaiknya segera bayarkan tagihannya.

Jika perlu kamu juga bisa melakukan pelunasan agar nantinya skor kredit kamu kembali naik dan juga sudah bagus.

Cara Mengajukan Pinjaman Home Credit Kembali Setelah Ditolak

Jika memang semua solusi tersebut sudah kamu ketahui, tentunya bisa kembali mencoba untuk melakukan pengajuan Home Credit kembali setelah mendapat penolakan. Untuk pengajuan kredit kembali ini pada dasarnya sama dengan saat kamu mengajukan kredit pertama kali.

Kamu hanya perlu untuk mempersiapkan semua persyaratan, menjawab pertanyaan survey pihak HCI dan juga memastikan riwayat kredit kamu sudah baik. Kemudian untuk langkah-langkah pengajuan Home Credit kembali setelah penolakan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kamu bisa mengajukan kredit melalui sales Home Credit ataupun pergi ke gerai maupun toko furniture, elektronik rekanan dari HCI.
  • Kemudian kamu bisa menyampaikan kepada sales tersebut jika kamu sudah menentukan barang yang ingin kamu beli menggunakan sistem kredit. Jangan lupa juga untuk memberikan syarat-syarat kepada sales HCI tersebut.
  • Nantinya sales akan melakukan evaluasi serta verifikasi dari data tersebut.
  • Jika memang pengajuan kamu mendpat persetujua, tentu saja kamu bisa langsung melakukan tanda tangan kontrak pada lokasi tersebut serta bawa pulang barang belanjaan kamu.
  • Pastikan juga jangan lupa untuk selalu rutin membayarkan tagihan Home Credit sesuai dengan kontraknya. Selain itu, usahakan juga untuk tidak melewati batas tempo dari pembayaran kredit tersebut. Sehingga riwayat kredit kamu juga semakin membaik.

Itulah beberapa penyebab dan solusi yang bisa kamu lakukan ketika mengajukan pinjaman ke Home Credit namun mendapat penolakan. Untuk pengajuan Home Credit ditolak, sebenarnya bisa kamu antisipasi dengan beberapa solusinya. Setelah itu, kamu bisa langsung mengajukan kredit ulang.

FAQ | Pertanyaan Tentang Pengajuan Home Credit Ditolak

Bagaimana cara untuk mengecek skor kredit?

Kamu bisa menghubungi Akulaku, lembaga terkait ataupun BI Checking.

Apakah bisa mengajukan kredit kembali ke Akulaku setelah mendapat penolakan?

Tentunya bisa, tapi setelah memenuhi semua persyaratan dan kamu mengajukannya setelah 3 bulan mendapat penolakan.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: