Kredito Apakah Ada DC Lapangan? Ini Fakta dan Penjelasannya! 

Kredito Apakah Ada DC Lapangan? Ini Fakta dan Penjelasannya! 

Didatangi oleh Debt Collector seringkali menghantui kamu saat gagal membayar tagihan pinjaman online. Hal semacam itu memang menjadi momok yang menakutkan bagi para debitur di aplikasi pinjol. Lalu, Kredito apakah ada DC lapangan

Sebelum kamu mengajukan pinjaman di aplikasi Kredito, lebih baik kamu cari tahu dulu informasi mengenai adanya Debt Collector. Bila kamu ingin mengetahui informasi selengkapnya, kamu bisa mengecek fakta tentang ada atau tidaknya DC lapangan pada aplikasi Kredito berikut ini! 

Mengenal Apa Itu Kredito

Secara umum, Kredito adalah aplikasi fintech yang menawarkan program pinjaman online kepada para penggunanya. Aplikasi ini hampir mirip seperti aplikasi fintech lainnya yang memberikan penawaran limit dan tenor cicilan dengan iming-iming menggiurkan. 

Aplikasi ini bisa menjadi pilihan alternatif buat kamu yang sedang mencari pinjaman uang dalam waktu cepat. Proses pencairan dananya yang instan pasti akan disukai oleh nasabah yang butuh pinjaman uang. 

Untuk mengoptimalkan layanan finansialnya, Kredito telah memakai teknologi canggih dengan akses server yang lancar. Sehingga, pemberian layanannya akan memudahkan kamu saat mengajukan pinjaman online. 

Fakta Kredito Apakah Ada DC Lapangan?

Di balik penawarannya yang variatif, ternyata ada beberapa fakta menarik tentang aplikasi Kredito yang belum banyak diketahui orang, termasuk kamu. Salah satu fakta menariknya adalah terkait DC (Debt Collector). 

Rata-rata aplikasi pemberi pinjaman online memiliki DC yang bertugas untuk menagih cicilan nasabah yang menunggak. Lantas, bagaimana dengan Kredito? Apakah platform kredit online ini juga menerapkan hal yang sama? 

Bagi kamu yang penasaran dengan fakta Kredito apakah ada DC lapangan, maka jawabannya adalah tidak ada. Menurut informasi yang beredar, sampai saat ini Kredito belum memiliki DC untuk menagih tunggakan cicilan ke rumah. 

Sebab, Kredito termasuk salah satu aplikasi pinjol semi legal. Artinya, Kredito sudah terdaftar dan berada di bawah naungan OJK, namun dalam menjalankan prakteknya belum sesuai dengan aturan OJK. 

Aplikasi ini masih sering melanggar aturan-aturan dari OJk, utamanya dalam hal penagihan cicilan. Ketika menagih cicilan para nasabah yang menunggak, pihak Kredito sering menggunakan cara yang kasar dan tidak sopan. 

Maka dari itu, Kredito dianggap masih belum sesuai dengan ketentuan OJK dan dianggap semi legal. Namun, bukan hal yang mustahil bila cara penagihan Kredito kedepannya akan semakin baik. 

Cara Menghindari DC Palsu Kredito 

Walaupun tidak ada DC yang bertugas untuk menagih para nasabah Kredito, tapi tetap ada oknum tidak bertanggung jawab yang menyamar sebagai DC Kredito. Padahal, DC tersebut adalah DC palsu. 

Agar kamu tidak terjebak oleh tagihan dari oknum semacam ini, ada tips jitu yang bisa kamu pakai untuk menghindarinya. Nah, beberapa cara di bawah ini bisa kamu jadikan referensi untuk mencegah tagihan dari DC palsu. 

Tanyakan Bukti Identitas Penagih 

Ketika ada orang asing yang datang ke rumahmu dan mengaku sebagai DC dari Kredito, sebaiknya kamu jangan langsung percaya. Coba selidiki dulu kredibilitasnya dengan cara menanyakan bukti identitasnya. 

Biasanya, seorang pengahi atau DC akan memiliki identitas resmi yang bisa dipercaya keasliannya. Misalnya punya kartu nama pegawai Kredito. Dengan begitu, hal ini bisa menjadi bukti bahwa orang tersebut benar-benar petugas DC dari Kredito. 

Punya Surat Tugas Resmi

Selanjutnya, kamu bisa memastikan dari kepemilikan surat tugasnya. Apabila orang yang datang ke rumahmu memiliki surat tugas resmi dari Kredito, maka kamu bisa mempercayai orang tersebut sebagai seorang Debt Collector. 

Namun, bila orang tersebut tidak mampu menunjukkan surat tugas resmi dari Kredito, sebaiknya kamu tidak perlu takut. Sebab, orang semacam ini biasanya suka menipu dan bukan petugas DC lapangan. 

Bawa Bukti Dokumen Tagihan 

Kamu juga bisa menghindari penipuan tagihan DC dengan cara memastikan bukti dokumen penagihan dari Kredito. Coba tanyakan pada orang asing yang mengaku sebagai DC tersebut apakah membawa dokumen tagihan dari Kredito? 

JIka jawabannya tidak, maka kamu patut curiga. Sebab dalam prosedur penagihan aplikasi pinjol apapun pasti ada bukti dokumen tagihan yang menyertainya. Sehingga, tidak adanya bukti dokumen tagihan bisa menjadi alasan kuat bahwa petugas DC tersebut palsu. 

Ada Salinan Sertifikat Fidusia

Nah, cara terakhir untuk menghindari tagihan dari oknum DC palsu adalah dengan menunjukkan bukti salinan sertifikat fidusia. Salinan sertifikat ini bisa menjadi perlindungan buat para debitur. 

Sertifikat ini mampu menjamin dan memberikan perlindungan buat kamu sebagai peminjam agar tidak merasa yang dirugikan. Sehingga, tidak adanya salinan sertifikat fidusia bisa menjadi bukti kuat kalau kamu tidak perlu membayar tagihan ke orang tersebut. 

Akhir Kata 

Secara keseluruhan, fakta Kredito apakah ada DC lapangan tidak benar. Sampai sekarang, aplikasi Kredito tidak memiliki petugas Debt Collector untuk menagih tunggakan cicilan para nasabahnya. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk tetap waspada ketika ada orang yang mengaku sebagai DC dari Kredito. 

Ah hanya seorang penulis pemula saja yang suka berbagi hal-hal kecil. Konten bisnis suka saya bagikan karena relate dengan kehidupan sehari-hari saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: