
Kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan? ShopeePay merupakan dompet digital yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi baik di Shopee maupun merchant lain yang telah bekerja sama. ShopeePay sendiri sudah sering digunakan oleh banyak orang.
Namun tidak jarang ada beberapa orang yang tidak bisa menggunakan ShopeePay. Nah, kenapa hal itu bisa terjadi? Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah tersebut. Oleh karena itu, pada artikel ini sudah kami tuliskan penyebab dan cara mengatasi ShopeePay yang tidak bisa digunakan.
Silahkan Anda baca artikel ini sampai selesai agar Anda menemukan solusi terbaik untuk masalah ShopeePay yang tidak bisa digunakan.
Pada saat Anda melakukan check out suatu produk pastinya Anda akan memilih metode pembayaran yang diinginkan misalnya menggunakan ShopeePay.
Namun tak jarang ada beberapa orang yang tidak bisa memakai metode pembayaran dikarenakan ShopeePay yang sedang error atau karena masalah lain.
Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hal tersebut, entah itu karena salah memasukkan PIN, sado yang tidak cukup atau hal lainnya yang menyebabkan kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan.
Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak penjelasan mengenai penyebab ShopeePay tidak bisa digunakan yang ada di bawah ini.
Penyebab pertama yang bisa menyebabkan ShopeePay Tidak Bisa digunakan ialah salah memasukkan PIN ShopeePay. Biasanya jika akan melakukan transaksi menggunakan ShopeePay Anda akan diminta untuk memasukkan PIN ShopeePay untuk keamanan transaksi.
Jadi, jika Anda salah memasukkan PIN, ShopeePay akan otomatis tidak bisa dibuka atau tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi. Jika Anda salah memasukkan PIN ShopeePay tiga kali berturut-turut, ShopeePay Anda akan otomatis di blokir.
Saldo ShopeePay yang tidak cukup bisa menjadi penyebab kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan. Misalkan Anda belanja di Shopee Rp. 100.000, namun Anda hanya memiliki saldo ShopeePay Rp. 70.000, maka metode pembayaran menggunakan ShopeePay pun otomatis tidak bisa dilakukan.
Pada saat ini belum tersedia metode pembayaran dua kali untuk satu pesanan. Jadi, jika akan menggunakan ShopeePay untuk metode pembayaran, pastikan saldonya cukup.
Pada saat ini masih ada beberapa seller yang tidak menerima pembayaran menggunakan ShopeePay dengan alasan tertentu.
Misalnya pada saat check out suatu produk di suatu toko yang ada di Shopee, Anda akan memilih metode pembayaran ShopeePay, namun tidak bisa. Hal itu bisa terjadi karena pihak seller yang tidak menerima metode pembayaran ShopeePay.
Server Shopee yang sedang error juga bisa menyebabkan ShopeePay tidak bisa digunakan. Ada kalanya Shopee mengalami error mungkin karena sistem Shopee yang sedang diperbaiki atau sedang diperbaharui sehingga akan berpengaruh terhadap ShopeePay tidak bisa digunakan.
Penyebab selanjutnya adalah jaringan internet yang Anda pakai tidak stabil sehingga Anda harus mengulang proses transaksi atau bahkan tidak bisa melakukan transaksi menggunakan ShopeePay.
Jaringan internet tentu sangat berpengaruh terhadap aplikasi yang menggunakan jaringan internet agar bisa dijalankan salah satunya yaitu Shopee. Sehingga pada saat check out suatu produk, Anda akan mengalami proses loading yang lama.
Proses verifikasi data juga sangat penting dilakukan. Jika belum melakukan verifikasi data maka ShopeePay pun tidak bisa digunakan untuk menjadi salah satu metode pembayaran. Verifikasi data ini sangat penting untuk keamanan data ShopeePay Anda.
Misalnya Anda melakukan check out suatu produk dengan nominal Rp. 150.000 dan memiliki koin 15.000, sehingga Anda hanya perlu membayar Rp. 135.000 menggunakan ShopeePay.
Namun, jika saldo ShopeePay Anda hanya Rp. 135.000 maka ShopeePay tidak bisa digunakan untuk bayar produk tersebut, karena minimal saldo yang harus Anda miliki adalah sebesar Rp. 150.000.
Ongkos kirim yang tidak dihitung juga menjadi penyebab ShopeePay tidak bisa digunakan. Misalnya Anda melakukan chcek out suatu barang Rp. 50.000 dengan ongkos kirim Rp. 20.000, maka saldo yang harus Anda siapkan di ShopeePay sebesar Rp. 70.000.
Namun, setelah Anda menggunakan voucher ternyata gratis ongkir dan total pembayaran yang harus Anda lakukan adalah Rp. 50.000.
Tapi jika Anda hanya memiliki saldo ShopeePay Rp. 50.000, Anda tidak bisa memilih metode pembayaran ShopeePay karena Anda harus menyiapkan saldo untuk produk dan ongkir yaitu sebesar Rp. 70.000.
Jika pihak Shopee mendeteksi adanya pelanggaran, maka bisa saja ShopeePay Anda tidak bisa digunakan karena telah melakukan suatu pelanggaran. Lebih parahnya lagi akun Shopee atau ShopeePay yang Anda miliki akan dinonaktifkan oleh pihak Shopee.
Bukan hanya saat melakukan transaksi di Shopee saja, Anda juga bisa saja mendapatkan gangguan pada saat melakukan transaksi menggunakan ShopeePay di merchant lainnya.
Misalnya Anda akan melakukan pembayaran di Alfamart menggunakan ShopeePay, namun tidak bisa. Biasanya masalah tersebut bisa terjadi pada pihak merchant yang sedang mengalami gangguan.
Setelah Anda mengetahui penyebab kenapa ShopeePay tidak bisa digunakan, berikut ini merupakan cara mengatasi ShopeePay yang tidak bisa digunakan, diantaranya yaitu:
Hal itu bisa terjadi karena pihak Shopee yang sedang memperbaharui atau memperbaiki ShopeePay.
Anda bisa menghubungi customer service Shopee di nomor 021-39500300 atau bisa menghubnginya lewat live chat.
Ah hanya seorang penulis pemula saja yang suka berbagi hal-hal kecil. Konten bisnis suka saya bagikan karena relate dengan kehidupan sehari-hari saya.