Kenapa Lazada Paylater Tidak Bisa Digunakan? Ini Solusinya!

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Kenapa Lazada Paylater tidak bisa digunakan? Lazada Paylater merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh Lazada. Lazada Paylater ini memungkinkan pengguna Lazada untuk melakukan pembelian terlebih dahulu dan membayarnya di lain hari.

Namun, terkadang pengguna Lazada Paylater mengalami masalah seperti Lazada Paylater tidak bisa digunakan sehingga barang yang ingin dibeli tidak bisa di kredit. Nah, apa penyebab dari masalah tersebut dan bagaimana cara menatasinya?

Pada artikel ini sudah kami tuliskan mengenai penyebab dan cara mengatasi Lazada Paylater tidak bisa digunakan. Silahkan Anda baca artikel ini sampai selesai.

Penyebab Lazada Paylater Tidak Bisa Digunakan

Lazada Paylater merupakan fasilitas atau metode pembayaran yang bisa digunakan pengguna untuk belanja di Lazada dan membayarnya di lain hari. Lazada Paylater ini bekerja sama dengan Akulaku yang pembayarannya bisa dicicil dalam jangka waktu tertentu.

Namun, akhir-akhir ini ada sebagian orang yang mengeluhkan jika Lazada Paylater tidak bisa digunakan. Sehingga pengguna tidak bisa mendapatkan produk yang diinginkan dengan membayar secara Paylater atau cicilan.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Lazada tidak bisa digunakan seperti aplikasi Lazada yang belum di update, Lazada Paylater belum di verifikasi dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya simaklah beberapa penyebab Lazada tidak bisa digunakan yang ada di bawah ini.

1. Aplikasi Lazada Belum di Update

Hal pertama yang bisa menyebabkan Lazada tidak bisa digunakan adalah aplikasi Lazada yang belum di update. Biasanya Lazada akan melakukan pembaharuan aplikasi sehingga penggunanya bisa menggunakan fitur terbaru.

Jadi jika Anda belum mengupdate aplikasi Lazada salah satu fitur baru yang disediakan Lazada tidak bisa Anda gunakan, seperti halnya Lazada Paylater.

2. Lazada Paylater Belum Terverifikasi

Sistem lazada Paylater hampir sama dengan pengajuan kartu kredit. Ketika Anda ingin mengaktifkan Lazada Paylater Anda harus mengupload foto KTP asli Anda. Nah, biasanya proses verifikasi ini membutuhkan waktu 2×24 jam kerja.

Sehingga jika Lazada Paylater Anda belum terverifikasi, maka otomatis Lazada Paylater tidak bisa digunakan sebagai metode pembayaran.

3. Ada Cicilan yang Belum Lunas

Ada cicilan yang belum lunas juga bisa menjadi salah satu penyebab Lazada Paylater tidak bisa digunakan. Pasalnya, Lazada Paylater hanya bisa digunakan jika Anda sudah tidak memiliki cicilan lain di Lazada.

4. Telat Bayar Cicilan

Selain ada cicilan yang belum lunas, telat bayar cicilan juga bisa menjadi salah satu penyebab Lazada Paylater tidak bisa digunakan. Jika Anda telat membayar cicilan Lazada Paylater, maka otomatis Anda akan tercatat sebagai peminjam yang bermasalah baik di Lazada atau lembaga terkait.

Sehingga bisa saja Anda masuk daftar hitam peminjam yang bermasalah, jika Anda sudah masuk ke daftar hitam maka Anda tidak bisa menggunakan Lazada Paylater kembali.

5. Cicilan Akulaku di Lazada Belum Lunas

Anda harus ingat jika Lazada Paylater ini bekerja sama dengan pihak Akulaku. Jadi, walaupun Anda sudah tidak memiliki cicilan di Lazada Paylater, tapi Anda masih mempunyai cicilan di Akulaku, maka Lazada Paylater juga tidak bisa digunakan.

Hal ini dapat terjadi karena Lazada dan Akulaku menjadi satu pinjaman yang terikat, mengingat keduanya yang telah bekerja sama untuk menyediakan layanan pinjaman atau Paylater.

6. Aplikasi Lazada Error

Selain penyebab yang berasal dari pengguna Lazada, penyeba Lazada Paylater tidak bisa digunakan juga bisa disebabkan oleh pihak Lazada. Biasanya ketika Lazada melakukan perbaikan, akan ada masalah singkat yang terjadi seperti fitur Lazada Paylater yang hilang.

Jadi, jika fitur Lazada Paylater hilang, otomatis Anda tidak bisa menggunakannya sebagai metode pembayaran produk yang diinginkan.

7. Limit Lazada Paylater Tidak Cukup

Limit Lazada Paylater adalah nominal atau jumlah dana cicilan yang bisa Anda gunakan untuk berbelanja di Lazada. Nah, limit Lazada Paylater di setiap pengguna Lazada akan berbeda-beda.

Jadi, jika nominal pesanan lebih dari limit Lazada Paylater, maka Lazada Paylater tidak bisa digunakan sebagai metode pembayaran karena kurangnya limit Lazada Paylater yang Anda miliki.

Cara Mengatasi Lazada Paylater Tidak Bisa Digunakan

Setelah Anda mengetahui penyebabnya, selanjutnya akan dibahas mengenai cara mengatasi Lazada Paylater tidak bisa digunakan. Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Lazada Paylater yang tidak bisa digunakan, diantaranya yaitu:

1. Update Aplikasi Lazada

Jika belum mengupdate aplikasi Lazada, Anda bisa update aplikasi Lazada terlebih dahulu ke versi paling baru yang telah disediakan oleh pihak Lazada. Anda bisa update aplikasi Lazada di Play Store atau App Store yang ada di ponsel Anda.

2. Verifikasi Lazada Paylater

Lalu jika Anda belum melakukan verifikasi Lazada Paylater, silahkan Anda verifikasi terlebih dahulu dengan menggunakan KTP asli Anda. Selain itu, pastikan Anda mengisi formulir informasi tambahan dan isi kontak darurat dengan benar agar proses verifikasi bisa berhasil.

3. Bayar dan Lunasi Tagihan Lazada Paylater

Jika Anda ingin menggunakan Lazada Paylater kembali, pastikan cicilan Lazada Paylater dan Akulaku Anda sudah dibayar dan dilunasi, Pastikan Anda membayar sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan agar Anda tidak terdaftar sebagai peminjam yang bermasalah.

4. Hubungi Call Center Lazada

Jika cara-cara di atas masih belum bisa mengatasi Lazada Paylater yang tidak bisa digunakan, Anda bisa menghubungi Call Center Lazada melalui live chat di aplikasi Lazada, mengisi formulir pertanyaan (untuk penjual), atau melalui telepon.

FAQ | Pertanyaan Tentang Lazada Paylater Tidak Bisa Digunakan

Apa yang harus dilakukan jika Lazada Paylater tetap tidak bisa digunakan?

Anda bisa langsung bertanya kepada pihak Lazada dengan menghubungi Call Center Lazada. Anda bisa cek Call Center Lazada di laman resmi nya atau di aplikasi.

Apakah metode pembayaran Lazada Paylater aman?

Aman. Karena Lazada Paylater dikeluarkan oleh perusahaan yang sudah terdaftar dan diberi izin secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ah hanya seorang penulis pemula saja yang suka berbagi hal-hal kecil. Konten bisnis suka saya bagikan karena relate dengan kehidupan sehari-hari saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: