Kenapa GoPay Paylater Dibekukan Sementara?

Gambar dibuat dengan Canva Pro (Premium)

Fitur GoPay Paylater dibekukan sementara berarti ada kondisi yang menyebabkan sistem tidak bisa memberikan ijin Anda mengakses fitur tersebut. GoPayLater merupakan fitur pasca bayar yang dapat Anda manfaatkan untuk menunda pembayaran.

Layanan GoPayLater tersebut diberikan untuk pemilik akun Gopay yang memang memenuhi syarat mendapatkannya. Beberapa pengguna bisa jadi mendapati kondisi di mana tiba – tiba layanan GoPayLater tidak bisa digunakan yang artinya ada pembekuan dari Gopay.

Penyebab GoPay Paylater Dibekukan Sementara

Kondisi layanan GoPayLater yang dibekukan tentu tidak terjadi karena alasan tidak jelas. Pasti ada keadaan yang menyebabkan sistem membekukan layanan GoPayLater tersebut. Berikut beberapa penjelasan mengenai penyebab layanan GoPayLater tidak bisa Anda gunakan.

1. Pembayaran yang Terlambat

Penyebab pertama mengapa sistem membekukan fitur GoPayLater yang ada di aplikasi Gopay Anda yakni disebabkan oleh karena pembayaran terlambat. Ketika Anda tidak membayar sesuai jatuh tempo makan akan ada pembekuan yang dilakukan oleh pihak penyedia layanan Paylater di Gopay tersebut.

Proses pembekuan diharapkan agar pengguna yang belum membayar tanggungan tersebut bisa bayar terlebih dahulu. Pengguna yang belum bayar juga tidak akan menggunakan fitur lagi sehingga jumlah tanggung tidak akan bertambah.

2. GoPayLater Tidak Pernah Digunakan Lagi

Penyebab lain yang juga dapat menjadi bagian dari alasan mengapa GoPay Paylater dibekukan yakni karena sudah tidak pernah digunakan lagi. Beberapa pengguna GoPayLater memang terkadang ragu untuk menggunakan layanan tersebut lagi kecuali ada promo.

Bagi pengguna yang tidak pernah lagi menggunakan GoPayLater biasanya dapat menyebabkan pembekuan atau kembali tidak aktif lagi. Keadaan tersebut perlu Anda perhatikan sebagai pengguna GoPayLater agar tetap menggunakannya meskipun dalam jumlah kecil.

3. Skor Kredit yang Buruk

Alasan lain mengapa GoPayLater dibekukan yakni karena adalah skor kredit dari pengguna yang buruk. Kondisi tersebut bisa jadi pertimbangan sistem untuk melakukan validasi ulang terhadap akun GoPayLater sehingga muncul aktivitas pembekuan.

Skor kredit seseorang yang tergambarkan dalam SLIK OJK tersebut memang jadi pertimbangan untuk semua jenis kredit. Dalam data tersebut akan ada riwayat pinjaman hingga status pembayaran apakah lancar atau tidak.

Dengan ketiga kondisi tersebut, Anda tentu tidak bisa menggunakan lagi. Pembekuan GoPayLater bisa terjadi karena berbagai penyebabnya tergantung aktivitas dari pengguna. Pastikan Anda menggunakan dan membayar tagihan GoPayLater secara tepat.

Akibat Gopay Paylater Dibekukan Sementara

Ada beberapa akibat yang dapat terjadi ketika layanan GoPayLater dibekukan oleh Gopay. Bentuk akibat tersebut terbagi menjadi dua yang bisa Anda perhatikan lewat ulasan berikut ini secara lengkap dan detail.

1. Layanan GoPayLater Tidak Bisa Digunakan sementara

Akibat pertama pastinya yakni layanan GoPayLater tidak akan dapat Anda gunakan untuk sementara waktu. Anda hanya tidak bisa menggunakan sementara waktu namun ketika diatasi maka layanan GoPayLater bisa Anda gunakan kembali.

2. Layanan GoPayLater Tidak Bisa Digunakan Permanen

Akibat kedua yang dapat terjadi ketika layanan GoPayLater dibekukan yakni tidak bisa digunakan selamanya. Akibat tersebut menjadikan Anda tidak bisa lagi memanfaatkan fasilitas atau layanan dari GoPayLater tersebut.

3. Akun GoPay Tetap Bisa Digunakan

Meskipun layanan GoPayLater dibekukan, Anda tetap bisa memanfaatkan layanan Gopay. Saldo Gopay yang Anda miliki tetap bisa digunakan dengan mudah. Anda harus tetap bisa memanfaatkan beberapa layanan lainnya.

Dengan akibat yang ada tersebut, Anda tetap punya kesempatan untuk bisa memanfaatkan layanan Gopay maupun GoPayLater kecuali pembekuan sepenuhnya. Perhatikan penggunaan GoPayLater agar tidak mengalami pembekuan.

Cara Mengatasi Layanan GoPayLater yang Dibekukan

Ada beberapa langkah yang dapat Anda jalani agar layanan GoPayLater tetap bisa Anda gunakan. Berikut ini penjelasan mengenai cara yang tepat untuk bisa mengatasi kendala di mana layanan GoPayLater dibekukan.

1. Membayar Tagihan

Anda harus membayar tagihan yang telat sebelumnya. Selesaikan semua tagihan yang masih menjadi tanggungan dan belum dibayar agar sistem dapat menilai lagi apakah pengguna yang telat melakukan pembayaran Paylater masih bisa memperoleh fasilitas GopayLater lagi.

2. Menghubungi Customer Service

Anda dapat menghubungi customer service Gopay untuk mengetahui penyebab dari layanan GoPayLater. Dengan mengetahui penyebab tersebut, Anda bisa mencari solusi dan menanyakan apa yang harus dilakukan agar layanan GoPayLater bisa digunakan kembali.

FAQ | Pertanyaan Tentang Gopay Paylater Dibekukan Sementara

Apakah kondisi GoPaylater yang dibekukan sementara masih bisa digunakan lagi ?

Belum tentu, layanan GoPayLater yang sudah dibekukan bisa jadi dapat digunakan dan bisa jadi tidak tergantung dari sistem Gopay.

Apakah fitur Gopay Pinjam tetap bisa dimanfaatkan ketika layanan GoPayLater dibekukan ?

Bisa jadi dapat digunakan dan bisa jadi tidak tergantung alasan mengapa layanan GoPayLater tersebut mengalami pembekuan sementara.

Apakah saldo Gopay masih bisa digunakan seperti biasa ?

Bisa, layanan yang dibekukan hanya GoPayLater saja dan tidak untuk fitur lainnya.

Web developer dan content writer yang suka menulis seputar dunia bisnis. Aktif menulis sejak 2005 di berbagai media lokal dan nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: