Ebisnis.co.id

Kumpulan Ide & Peluang Usaha Rumahan

September 25, 2022
Advertisement

Tidak sedikit nasabah mengalami kartu ATM BNI tidak valid sat di masukkan ke mesin ATM. Kenapa kartu ATM BNI tidak valid?

Kita akan bahas beberapa faktor penyebab dan cara mengatasi kartu ATM BNI tidak valid dengan mudah.

Silahkan baca dan eksplor artikel ini sampai selesai. Kamu akan tahu solusi terbaiknya di sini.

5 Penyebab Kenapa Kartu ATM BNI Tidak Valid

Seperti yang dijelaskan secara singkat diatas tadi. Ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kartu ATM BNI menjadi tidak valid dan tidak dapat digunakan di ATM.

Tentu hal ini membuat beberapa nasabah kebingungan, atas tidak dapat digunakannya kartu ATM BNI tersebut. Dan sebenarnya, bisa dipicu dari kelalaian nasabah BNI.

Selain faktor kelalaian nasabah, ada beberapa faktor atau penyebab lain dari tidak validnya kartu ATM BNI tersebut. Dibawah ini beberapa penyebab dari tidak validnya kartu:

1. Masa Berlaku Kartu Sudah Habis

Penyebab pertama yang mungkin saja dapat terjadi pada kartu ATM BNI kamu adalah kartu ATM Expired. Karena pada dasarnya setiap kartu ATM memiliki masa waktu tertentu.

Dengan masa waktu tertentu tersebut kartu dapat kamu gunakan sebagaimana mestinya. Contohnya melakukan berbagai transaksi layanan keuangan pada ATM.

Nahh jadi, mungkin saja jika kartu ATM BNI tidak valid itu di karenakan masa aktif kartunya sudah habis. Dengan begitu, kamu harus mengaktifkannya kembali dikantor BNI.

2. Kartu ATM BNI Terblokir

Penyebab atau fakta kedua dari kasus kartu ATM BNI tidak valid yaitu terblokir. Tanpa di sadari, pihak BNI memberikan sistem proteksi pada setiap kartu ATM milik nasabahnya.

Maksud dari memberikan proteksi diatas adalah setiap kartu ATM BNI sudah disetting berdasarkan sistem. Yang mana, kartu akan terblokir secara otomatis oleh sistem.

Seperti contohnya, kartu ATM akan terblokir secara otomatis jika kamu salah memasukkan kode PIN sebanyak 3x dan salah. Dengan begitu, kartu akan otomatis terblokir.

3. Kartu ATM BNI Rusak

Kemudian ada penyebab lainnya pada saat kartu ATM BNI tidak valid. Yaitu kartu ATM BNI yang kamu miliki sudah rusak. Yang mana kartu tidak dapat diakses pada ATM.

Kerusakan pada kartu ATM, biasanya sering dikarenakan kondisi fisik kartu yg patah. Bahkan bagian logam cips yang terdapat pada kartu ATM tersebut sudah terkelupas.

Dengan begitu, kartu ATM yang kamu gunakan untuk mengakses ATM pun menjadi tidak valid. Kasus seperti ini, banyak dan sering sekali terjadi pada setiap nasabah BNI.

4. Kartu ATM Berstatus Dormant

Selanjutnya adalah penyebab karena kartu ATM BNI kamu telah berstatus Dormant. Dengan begitu, kamu tidak dapat melakukan transaksi menggunakan kartu ATM BNI milikmu.

Dormant ini merupakan salah satu kondisi pada kartu ATM yang sudah non aktif. Itu dikarenakan, kartu ATM BNI sudah tidak digunakan selama 6 bulan akan terblokir oleh sistem.

Maka dari itu, sebaiknya kamu harus selalu perhatikan kegiatan transaksi. Terlebih untuk melakukan transaksi setiap bulannya, meskipun pada jumlah yang kecil.

5. Transaksi Harian sudah Mencapai Limit atau Batas

Kemudian penyebab kartu atm bni tidak valid, karena akun rekening kamu sudah mencapai limit atau batas dari transaksi harian. Dengan begitu, kartu otomatis non aktif.

Kartu ATM akan di non aktifkan untuk sementara waktu. Dengan begitu, perhatikan dan pilihlah jenis rekening sesuai kebutuhanmu. Gunakan jenis rekening sesuai kebutuhan kamu.

Gunakan jenis rekening reguler untuk pemakaian sehari-hari. Dan gunakan jenis rekening bisnis, bagi pelaku usaha dalam melakukan berbagai transfer dengan konsumen.

Cara Mengatasi Kartu ATM BNI Tidak Valid

Banyaknya berbagai macam penyebab ataupun faktor yang membuat kartu ATM BNI jadi tidak valid. Pihak BNI telah menyiapkan beberapa alternatif berupa bantuan.

Seperti yang sudah disebutkan diatas tadi satu persatu. Dengan masalah tersebut, kamu juga bisa mendapat jawaban serta jalan keluar dari penyebab diatas tadi.

Kamu bisa meminta bantuan pada pihak BNI langsung ke kantor cabang ataupun melalui telepon yaitu Call Center BNI. Berikut adalah cara mengatasi kartu ATM tidak valid.

1. Hubungi Call Center BNI 1 500 046

Cara pertama dalam mengatasi permasalahan kartu ATM BNI yang tidak valid yaitu dengan menelepon pihak BNI. Bagaimana caranya? Cukup mudah dalam prosesnya.

  • Pertama-tama kamu buka menu telepon pada ponsel
  • masukkan nomor Call Center BNI, tunggu hingga tersambung
  • Jika sudah tersambung, maka jelaskan keperluan kamu. Yaitu untuk memperbaiki masalah kartu ATM yang tidak valid saat mengakses ATM
  • Kemudian petugas BNI pada telepon akan menanyakan beberapa hal terkait permasalahan kartu ATM tidak valid
  • Untuk selanjutnya kamu akan dimintai beberapa data diri, seperti Nomor Kartu ATM, Nomor Rekening BNI, Nomor KTP dan lainnya
  • Guna untuk mengecek penyebab dari permasalahan kartu ATM BNI kamu tidak valid
  • Jika petugas sudah memberi tahu penyebabnya, kamu bisa saja disuruh untuk mendatangi kantor cabang BNI terdekat untuk mengurus kartu tidak valid
  • Ataupun kamu tidak perlu datang ke kantornya. Seperti permasalahan kartu terblokir, kamu cukup meminta kartu agar dibuka kembali blokirnya
  • Selesai, itulah ringkasnya dalam meminta bantuan pada Call Center BNI 1 500 046

2. Datang Langsung ke Kantor Cabang BNI Terdekat

Cara selanjutnya adalah dengan mendatangi langsung ke kantor pusat BNI, kantor cabang BNI terdekat. Tujuannya untuk mempebaiki kartu ATM BNI yang tidak valid.

Karena ada beberapa faktor atau penyebab, membuat kartu ATM menjadi tidak valid. Dan memperbaikinya kamu diharuskan ke kantor BNI. Simak tata caranya dibawah ini.

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan beberapa data pendukung
  • Data pendukung terdiri dari, Kartu ATM yang rusak, Buku Tabungan, Nomor seri Kartu ATM, KTP Pemilik, Kode PIN Rekening BNI
  • Jika semuanya sudah terkumpul, selanjutnya kamu datangi kantor pusat, kantor cabang BNI terdekat
  • Nasabah datang ke Kantor secara langsung akan dimintai keterangan tujuan kedatangan oleh pihak Satpam. Selanjutnya disuruh ambil nomor antrian
  • Ambil nomor antrian untuk loket Customer Service
  • Jika sudah giliran kamu, selanjutnya kamu jelaskan tentang tujuan kamu memperbaiki kartu ATM yang tidak valid karena logam chips sudah rusak
  • Kemudian petugas Customer Service akan memberikan formulir untuk kamu isi data beserta keterangan lainnya
  • Jika semua data sudah diisi, maka petugas akan memprosesnya
  • Untuk kemudian kartu akan diganti dengan yang baru. Petugas akan memberi 2 opsi untuk pengambilan kartu yaitu hari itu juga atau seminggu kemudian
  • Kelebihannya hanya terdapat nama kamu yang dicetak pada kartu baru
  • Jika semua sudah selesai, kamu bisa membayar dengan uang tunai ataupun dengan dipotong saldo pada rekening BNI kamu

Biaya Penggantian Kartu ATM BNI

Nahh sedangkan biaya ganti kartu ATM BNI ini tergantung pada jenis rekening yang kamu gunakan.

  • Kartu BNI Taplus Rp.15.000,-
  • Kartu BNI Taplus Muda Rp.25.000,-

Akhir Kata

Itulah uraian informasi dari kartu ATM BNI tidak valid dan informasi lainnya seperti cara mengatasi serta biayanya. Semoga artikel ini dapat berguna serta bermanfaat ya.

Advertisement