Jenis Jenis Pinjaman KUR BRI Ada Asuransinya

Jenis Jenis Pinjaman KUR BRI Ada Asuransinya

Sekalipun KUR BRI menyajikan kemudahan dan cicilan yang ringan, ada kekurangan yang perlu kamu ketahui. Salah satunya adalah ketiadaan asuransi yang bisa menutupi pinjaman jika debitur meninggal dunia. Tapi, ada opsi lain, yaitu pinjaman KUR BRI ada asuransinya.

Pinjaman KUR BRI yang Ditawarkan

Bank BRI sudah menghadirkan tiga jenis layanan Pinjaman KUR BRI untuk memberikan kemudahan kepada nasabahnya. Hal ini memungkinkan nasabah untuk memilih jenis pinjaman yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan mereka.

Tapi, penting untuk diingat bahwa tiap jenis pinjaman KUR BRI mempunyai karakteristik yang berbeda, dan tidak semua dari mereka dilengkapi dengan asuransi. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai ketiga jenis pinjaman KUR BRI yang tersedia:

1. KUR Mikro

Jenis pinjaman ini ditujukan untuk nasabah yang memerlukan modal usaha dalam skala mikro. Batas maksimum pinjaman untuk layanan KUR Mikro adalah Rp 25.000.000. Jumlah pinjaman yang disetujui bisa berbeda-beda tergantung kebijakan bank BRI.

Untuk memenuhi syarat pinjaman KUR Mikro, nasabah harus mempunyai usaha yang sudah berjalan minimal selama 6 bulan dan tidak mempunyai kredit aktif dari lembaga keuangan lain yang bersifat konsumtif.

2. KUR Kecil

Layanan ini ditujukan untuk nasabah yang membutuhkan modal usaha dalam skala menengah. Batas maksimum pinjaman KUR Kecil adalah Rp 500 juta.

3. KUR TKI

Jenis pinjaman ini hanya tersedia untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan bekerja di luar negeri dan tidak mempunyai modal awal. Jumlah pinjaman yang bisa diajukan melalui KUR TKI adalah maksimum Rp 25 juta dengan jangka waktu pembayaran maksimal tiga tahun.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman KUR TKI termasuk surat keterangan domisili, surat keterangan kesehatan, Kartu Keluarga (KK), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Jenis Jenis Pinjaman KUR BRI Ada Asuransinya

Jika kamu sudah tidak sabar mengetahui apa saja layanan pinjaman KUR BRI ada asuransinya, maka simak ulasan yang akan disajikan di bawah ini hingga tuntas.

1. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

KPR adalah salah satu layanan pinjaman yang disediakan oleh KUR BRI yang dilengkapi dengan asuransi. Layanan ini ditujukan untuk nasabah yang ingin meminjam uang untuk pembelian atau pembiayaan rumah.

Persyaratan yang diperlukan antara lain: fotokopi KTP, KK, NPWP, surat keterangan penghasilan, usia minimal 21 tahun, dan mempunyai rekening BRItama.

2. Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

KKB adalah jenis pinjaman KUR BRI yang juga dilengkapi dengan asuransi, khususnya perlindungan terhadap kerusakan atau kecelakaan kendaraan.

Persyaratan untuk mengajukan KKB meliputi: KK, KTP, NPWP, surat keterangan gaji atau slip gaji, mengisi formulir aplikasi, dan mempunyai atau membuka rekening BRItama.

3. BRIguna

BRIguna adalah jenis pinjaman dalam layanan Pinjaman KUR BRI yang juga dilengkapi dengan asuransi. Dalam layanan BRIguna, terdapat beberapa jenis, seperti BRIguna Umum, BRIguna Krya, BRIguna Purna, dan BRIguna Pendidikan.

Layanan ini umumnya dipakai oleh peminjam atau debitur dengan penghasilan tetap, seperti ASN, TNI/Polri, karena pembayaran kredit bersumber dari penghasilan tetap. BRIguna bisa dipakai untuk beragam keperluan, seperti pendidikan, renovasi rumah, pengobatan, dan lainnya.

Persyaratan untuk mengajukan pinjaman BRIguna meliputi: fotokopi KTP, KK, pasfoto suami/istri, NPWP, slip gaji, fotokopi SK pengangkatan pertama dan terakhir.

Manfaat Mengajukan Pinjaman KUR BRI dengan Asuransi

Saat kamu memutuskan untuk mengajukan pinjaman melalui layanan KUR BRI yang dilengkapi dengan asuransi, kamu akan menikmati beragam keunggulan yang ditawarkan oleh bank BRI dalam layanan pinjaman tersebut.

Salah satu manfaatnya adalah kamu akan memperoleh beragam jenis asuransi yang melindungi debitur atau nasabah, sambil menikmati suku bunga yang rendah, yakni hanya 6% per tahun. Selain itu, kamu bisa memilih layanan pinjaman dengan plafon yang lebih tinggi.

Hal yang tak kalah penting adalah kamu tidak perlu memiliki jaminan apapun saat mengajukan pinjaman KUR BRI ada asuransinya, kecuali jika jumlah pinjamanmu melebihi 100 juta. Keuntungan lainnya adalah proses pengajuan yang cepat dan persyaratan yang tidak rumit.

FAQ | Pertanyaan Tentang Pinjaman KUR BRI Ada Asuransinya

Apakah asuransi pinjaman melindungi dari tidak mampu membayar?

Asuransi dalam layanan pinjaman bisa memberikan perlindungan jika kamu tidak mampu membayar cicilan. Tapi, hal ini tergantung pada jenis asuransi dan peraturan pinjamannya. Pastikan untuk memahami syarat dan ketentuan asuransi pinjaman sebelum mengambilnya.

Apa sajakah jenis asuransi yang tersedia dalam pinjaman?

Ada beragam jenis asuransi yang bisa tersedia dalam layanan pinjaman, termasuk Asuransi Kendaraan Motor, Asuransi Kecelakaan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Jiwa, Asuransi Kredit, dan lainnya.

Bagaimana ketentuan asuransi dalam layanan pinjaman?

Untuk memahami syarat dan ketentuan asuransi dalam layanan pinjaman, kamu perlu membaca dengan teliti dokumen perjanjian pinjaman dan berdiskusi dengan penyedia pinjaman.

Seorang content writer dan praktisi bisnis digital. Terimakasih sudah membaca artikel-artikel saya. Jangan lupa share setiap tulisan saya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: