Jelaskan Cara Dalam Menentukan Peluang Usaha! Begini Seharusnya!

Ketika akan mulai menjalankan usaha, kerap kali kita dipusingkan dengan ide usahanya. Bagaimana cara dalam menentukan peluang usaha agar benar-benar punya peluang yang bagus.

Selain itu, ketika dijalankan bisa menghasilkan cuan yang lumayan dengan analisa modal yang kecil.

Ini adalah pemikiran dasar yang kepar kali dipusingkan para pebisnis yang akan mulai bisnisnya. Tidak sedikti dari mereka yang tidak kunjung mulai karena bingung menentukan ide jualannya.

Buat kamu yang merasa demikian, ini adalah artikel yang tepat jadi bahan bacaan. Saya akan kupas tuntas bagaimana cara dalam menentukan peluang usaha yang tepat.

Jelaskan Cara Dalam Menentukan Peluang Usaha

Beberapa penjelasan cara untuk membuat bisnis yang akan kita jalani memiliki alur dan prospek kedepannya yang jelas memanglah membingungkan.

Namun tenang, banyak cara-cara yang mendasari dalam menentukan peluang usaha. Diantaranya adalah:

1. Mengenali Potensi Diri Sendiri

Ini merupakan cara yang paling mendasar untuk kita dalam mencari peluang bisnis atau usaha. Dikarenakan jika kita mengenali potensi yang ada pada diri kita secara tidak langsung kita telah memiliki bayangan untuk membuat peluang usaha dengan dasar potensi diri.

Setelah mengetahui dibidang apa potensi kita, maka mulai dapat dimanfaatkan kemampuan tersebut untuk memulai bisnis kita. Contohnya jika memiliki kemampuan dalam desain grafis, maka kita dapat membuka jasa desain.

2. Mengetahui yang Dibutuhkan Masyarakat

Dengan mengetahui atau mengamati kebutuhan masyarakat dan berniat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Itu bisa saja menjadi dasar untuk membangun bisnis atau usaha kita.

Karena pada dasarnya, cara termudah untuk memiliki bisnis yaitu dengan cara mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat. Seperti pemilik platform jasa pesan makanan online yang sukses karena dia berhasil memenuhi salah satu kebutuhan masyarakat.

3. Mempunyai Channel Supplier

Dengan memiliki channel supplier ini dapat memudahkan kita untuk kedepannya dalam melakukan kegiatan operasional usaha atau bisnis. Karena jika kita ingin memberikan produk terbaik maka kitapun perlu melakukan riset untuk menemukan supplier yang cocok.

Setelah memiliki supplier dan mengajaknya negosiasi untuk harga bahan baku dan kerja sama dengan supplier. Maka kegiatan operasional pun berjalan karena telah memiliki supplier bahan baku tetap serta membuat konsistensi dari produk yang dihasilkan.

4. Peluang Usaha Dilingkungan Lain

Mencari peluang usaha pun dapat dilakukan dengan mencari tahu atau melakukan riset dari potensi suatu daerah. Karena peluang usaha tidak semata-mata harus selalu usaha bidang jasa.

Dengan begitu peluang usaha kuliner pun dapat kita jalani seperti menjual ciri khas dari daerah tertentu baik berupa makanannya ataupun daerahnya. Contohnya menjual makanan khas Kota Padang yaitu Nasi Padang.

5. Ide Google

Perkembangan internet memudahkan kita untuk mempelajari dan mengetahui berbagai hal. Cukup dengan membuka Google dan ketikan apa yang ingin kita cari tahu maka hasilnya akan segera keluar dari berbagai sumber.

Mencari ide peluang usaha di Google pun tidak masalah karena sangat banyak hasil dan rekomendasi peluang usaha maupun kerjaan sampingan yang dapat dikerjakan dan tentunya menghasilkan uang.

6. Bertanya atau Diskusi dengan Orang Terdekat

Cara selanjutnya yaitu dengan berdiskusi atau meminta saran pada teman maupun saudara. Dengan mengajaknya berdiskusi maka ide-ide pun mudah keluar dan dapat saling bertukar ide juga.

Akan lebih baik jika teman ataupun saudara kita sudah berpengalaman dalam membangung usaha ataupun bisnis. Selain mendapatkan referensi, kita pun bisa memintai nasihat dan mendengarkan pengalaman untuk dijadikan pembelajaran.

7. Komunitas Bisnis

Apabila dengan berdiskusi dengan teman ataupun saudara dirasa kurang cukup. Maka kita dapat bergabung dengan komunitas bisnis yang lebih Expert dibidangnya. Saat ini, banyak sekali komunitas bisnis sehingga kita dapat menjangkau secara online maupun offline.

Tidak hanya mendapatkan jalinan pertemenan berkualitas, tetapi kita juga dapat memperoleh ilmu bisnis ataupun ide peluang usaha yang baru melalui komunitas bisnis ini.

8. Buku-Buku Peluang Usaha

Mendapatkan ide peluang usaha sudah mudah untuk didapatkan dimana saja. Termasuk dalam media tulis ataupun media cetak karena sudah banyak penulis yang memberikan rekomendasi peluang-peluang usaha untuk dijalani beserta cara-caranya.

Namun ide peluang-peluang yang dimuat pada media cetak sangatlah terbatas dalam memberikan contoh pengalaman dalam berbisnis. Akan tetapi masih layak untuk menjadi rekomendasi ide peluang usaha.

9. Mengikuti Seminar Bisnis

Mengikuti seminar bisnis merupakan salah satu kegiatan untuk mengembangkan pengetahuan kita mengenai usaha serta meminta masukan-masukan dalam menjalani bisnis dan dapat juga untuk mencari ide peluang usaha.

Acara-acara seminar saat ini bisa kita jumpai secara offline maupun online. Selain menghibur, datang ke acara-acara seperti ini dapat memberikan kita inspirasi bisnis atau usaha.

Pentingnya Membuat Analisa Peluang Usaha

Disaat kita akan membangun suatu bisnis, seorang pebisnis sangat perlu melakukan analisis peluang usaha. Ini sangat penting agar kita dapat memiliki bisnis yang menguntungkan serta memiliki prospek usaha yang panjang.

Tanpa melakukan riset atau analisis, setiap pebisnis pasti sangat kesulitan dalam membuat keputusan saat bisnisnya sudah berjalan. Berikut saya akan menguraikan beberapa hal terkait pentingnya membuat analisa peluang usaha.

1. Memahami Kelayakan Bisnis

Sebelum kita terjun ke pasar, baiknya jika kita perlu tahu ide bisnis yang dimiliki apakah layak untuk dijalankan. Hal ini pun dapat kita ketahui dengan cara analisis dari beberapa indikator diperhitungkan contohnya: banyak bisnis serupa, banyak peminat, seberapa siap kita.

2. Memahami Jelas Kompetitor

Selanjutnya yang kita bisa dapatkan adalah kita bisa lebih mengenal pesaing bisnis kita. Dengan membuat daftar siapa saja kompetitor, kemudian kita cari tahu kelebihan kompetitor dibandingkan dengan bisnis kita.

Dengan begitupun kita dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor kita. Dan kita akan tahu untuk standar persaingan pasar yang telah ditentukan serta kita dapat memberikan inovasi lebih untuk produk kita agar lebih unggul dari kompetitor lain.

3. Mengetahui dan Memahami Resiko yang Dihadapi

Saat menjalankan suatu bisnis, seorang pebisnis pasti akan dihadapkan berbagai dengan resiko. Melalui analisis pasar dan pesaing, maka kita bisa saja mengetahui beberapa resiko yang akan muncul serta kita bisa meminimalisir dan menghindar resiko tersebut.

4. Mengenal Calon Konsumen

Dengan membuat analisis bisnis dahulu, kita dapat mengenal calon konsumen kita serta melakukan riset siapa saja yang akan menjadi calon konsumen pada bisnis tersebut. Agar kita dapat melakukan marketing yang efektif dan efisien untuk menjangkau konsumen.

5. Mengetahui Prospek Bisnis

Melakukan analisa peluang usaha dapat membantu kita dalam mengetahui potensi bisnis kita untuk masa yang akan datang. Jika ada hambatan yang menghadang pun bisa kita antisipasi agar meminimalisir resiko pada masa yang akan datang.

Seorang penulis konten bisnis dan financial yang sudah aktif sejak tahun 2017. Terimakasih sudah membaca tulisan saya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: