Ebisnis.co.id

Kumpulan Ide & Peluang Usaha Rumahan

September 25, 2022
Advertisement

Mau buka usaha tapi bingung mau usaha apa? Ini ada 20 ide usaha makanan awetan yang mungkin cocok kamu coba.

Selain mudah dijalankan dan hanya butuh sedikit biaya operasional, bisnis ini juga terbilang cukup menggiurkan. Karena banyak bangat peminatnya.

Selain itu, bisnis ini juga merupakan salah satu ide usaha yang paling bagus di antara banyak jenis usaha makanan ringan. Mau nyoba?

Apa Itu Makanan Awetan?

Makanan awetan merupakan suatu produk, baik itu makanan maupun minuman yang sudah mengalami proses pendiaman lama dalam proses pengolahannya sehingga memiliki tingkat keawetan yang tinggi.

Maka dari itu, makanan awetan bukanlah berarti makanan atau minuman yang diberikan bahan pengawet. Namun makanan yang diawetakan dengan cara proses pendiaman yang cukup lama.

Nah biasanya makanan awetan ini terbuat atau berbahan dasar dari unsur nabati dan hewani. Berikut ini ada beberapa ide yang tentunya bisa kamu coba jadikan bisnis makanan awetan.

Ide Usaha Makanan Awetan Paling Laris

Bahan dasar dari unsur hewani dan nabati, merupakan makanan yang berasal dari hewan maupun tumbuhan. Dilakukannya pendiaman saat proses pengolahan bertujuan agar tahan lama.

Dengan begitu, makanan awetan ini bisa tahan lama dan tahan dari microorganisme yang membuat makanan jadi busuk. Yuuk langsung saja simak berikut adalah ide bisnis makanan awetan:

1. Dendeng Sapi

Makanan awetan yang pertama ini, merupakan makanan awetan berbahan dasar dari daging sapi yang berarti unsur hewani. Makanan ini bisa bertahan lama tanpa disimpan di freezer.

Berbentuk irisan tipis yang direbus kemudian dibaluri bumbu halus. Yang kemudian dijemur dibawah terik matahari, rasa dari dendeng ini gurih manis.

2. Dendeng Ikan

Berbeda dengan dendeng diatas yang dibuat dari daging sapi. Dendeng ikan ini dibuat dari jenis ikan tertentu yang kemudian dibaluri bumbu khusus untuk selanjutnya dijemur hingga kering.

Dengan begitu, makanan awetan dending ini bisa bertahan berbulan-bulan tidak akan membusuk. Dan yang pasti kuat tahan lama tanpa disimpan didalam frezzer pun.

3. Dendeng Kerbau

Dendeng berbahan dasar kerbau ini sama dengan dendeng pada umumnya. Yaitu difermentasi, dengan cara dijemur setelah dioles bumbu khasnya seperti bawang putih, ketumbar dan lainnya.

4. Dendeng Kambing

Olahan selanjutnya ini merupakan dendeng kambing, namun biasanya dendeng kambing ini hanya direbus dengan dicampur bumbu khasnya. Untuk kemudian dipanggang hingga kering.

5. Dendeng Paru

Dendeng paru, jika dendeng diatas tadi banyaknya berbahan dasar daging. Maka dendeng kali ini berbahan dasar paru-paru sapi maupun kerbau.

Untuk cara mengolahnya pun tidak jauh berbeda dengan dendeng kambing ataupun ikan.

6. Dendeng Jantung Pisang

Dendeng yang satu ini berbahan dasar unsur nabati. Berbeda dengan dendeng lain sebelumnya, dendeng ini terbuat dari jantung pisang.

Namun dendeng jantung pisang ini tidak kalah menarik, soal cita rasa pun dendeng ini memiliki rasa yang cukup unik. Dan pastinya nikmat untuk disantap sebagai lauk nasi.

7. Sale Pisang

Makanan awetan berikutnya ada sale pisang, yang biasa kita temukan pada toko oleh-oleh. Namun kamu bisa membuatnya sendiri dengan bahan dasar pisan ambon.

Proses pengolahannya, pisang ambon yang dibelang menjadi tiga bagian yang setelah itu dijemur terik matahari selama kurang lebih 2 hari dan kemudian digoreng hingga matang.

8. Asinan Betawi

Asinan merupakan makanan awetan yang terdiri dari berbagai macam sayuran sebagai bahan dasarnya. Seperti halnya asinan betawi ini yang disajikan dengan bumbu kacang dan cuka cabai.

Banyak macam dan jenis dari makanan awetan asinan ini. Dengan begitu, Banyak sekali ide usaha makanan awetan dari berbagai macam olahan nabati dan hewani.

9. Asinan Bogor

Berbeda dengan asinan betawi, asinan bogor ini lebih cenderung menggunakan bahan dasar buah seperti mangga, bengkuang, nanas dan lainnya.

Advertisement

Asinan bogor biasa disajikan dengan kuah cuka cabai dan kacang tanah yang digoreng kering sebagai taburannya.

10. Asinan Jagung Bakar

Jenis asinan ini memang jarang terdengar bukan? Namun jangan salah, cita rasa yang unik dan pastinya bisa memanjakan lidah kamu yang suka akan kuliner atau makanan bercita rasa unik.

Makanan awetan ini terdiri dari jagung bakar yang sudah diserut. Kemudian potongan mentimun dan kuah cuka pedas dan kacang tanah goreng pun menjadi topping yang unik.

11. Acar

Acar ini merupakan makanan awetan yang berbahan dasar unsur nabati. Biasanya acar terdiri dari timun, sawi yang direndam air asam cuka. Dan kemudian, difermentasi untuk beberapa hari.

12. Kimchi

Kimchi sebenarnya bukan makanan awetan asal Indonesia dan berasal dari negera Korea. Namun sangat banyak dipasarkan di Indonesia.

Kimchi berbahan dasar sayuran seperti sawi, lobak dan lainnya. Yang kemudian dibaluri bumbu khas, selanjutnya difermentasi untuk beberapa waktu yang lama.

13. Buah Kaleng

Contoh makanan awetan selanjutnya adalah buah kaleng. Makanan ini biasanya dibuat dengan cara fermentasi berbagai jenis buah yang dimasukkan pada toples kedap udara.

14. Sayuran Beku

Makanan awetan ini sangat banyak tersedia di supermarket. Makanan awetan yang terdiri dari sayuran beku, seperti wortel, brokoli, kacang polong, jagung, dan jenis sayuran lainnya.

15. Keripik Buah

Selanjutnya adalah keripik buah, keripik buah ini biasanya terbuat dari berbagai jenis buah. Seperti buah apel, mangga dan jenis buah lainnya.

Pengolahannya pun terbilang sederhana, hanya dengan menggoreng irisan buah tersebut hingga cukup kering. Untuk kemudian di tiriskan hingga tidak mengandung minyak.

16. Keripik Umbi-Umbian

Jika tadi berbahan buah-buahan, kini makanan awetan berupa keripik berbahan dasar umbi-umbian. Seperti ubi jalar, singkong, hingga kentang. Tentunya bisa dijadikan keripik tahan lama.

17. Selai

Makanan awetan selanjutnya yang berbahan dasar unsur nabati yaitu selai. Selai merupakan buah yang dihancurkan hingga bertekstur lembut dan biasanya disajikan bersama roti tawar.

Selai seringkali terbuat dari buah stroberi, nanas, anggur yang bercita rasa asam. Dengan ditambahkan gula dan dimasak hingga agak lengket sampai bisa dikonsumsi.

18. Ikan Asin

Kemudian ada ikan asin yang tentu berbahan dasar ikan. Ikan terlebih dulu dibersihkan hingga organ dalamnya serta sisiknya.

Untuk selanjutnya dibaluri dengan garam dan kemudian dijemur pada terik matahari hingga kering. Biasanya waktu penjemuran memakan waktu berhari-hari.

19. Telur Asin

Telur asin merupakan makanan awetan yang selanjutnya dan terdiri dari unsur hewani. Biasanya telur yang digunakan adalah telur bebek.

Telur yang sudah dibersihkan kemudian dimasukkan kedalam lumpur yang sudah dicampur dengan banyak garam. Kemudian telur akan disimpan dalam tungku hingga dalamnya matang.

20. Daging Asap

Makanan awetan terakhir dalam pembahasan kali ini adalah daging asap. Daging asap ini biasanya terbuat dari daging sapi maupun daging ikan. Jika ikan, biasanya jenis ikan cakalang.

Daging yang sudah dibersihkan, selanjutnya dilumuri bumbu dan dimasukan kedalam tong atau ruangan pembakaran. Kemudian akan diasapi dengan waktu yang lama hingga matang.

Dengan begitu, daging yang sudah diasap ini mampu kuat tanpa disimpan didalam frezzer selama berbulan-bulan looh.

Akhir Kata

Demikian yang dapat saya sebutkan dan jelaskan dari ide usaha makanan awetan. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan dan dijadikan referensi bisnis makanan awetan.

Advertisement