Kenapa Home Credit Bayar Nanti Tidak Bisa Digunakan?

Gambar dibuat dengan Canva Pro

Home Credit Bayar Nanti tidak bisa digunakan, apa penyebabnya? Hal ini sering kali menjadi pertanyaan masyarakat, khususnya para pengguna Home Credit yang ingin menggunakan pilihan pembayaran secara kredit, atau sekarang sering kali disebut beli sekarang bayar nanti.

Tapi, terkadang ketika menggunakan layanan Home Credit ini terkadang ada suatu masalah ataupun kendala seperti layanan yang tidak bisa kamu gunakan. Kendala tersebut tentu saja ada penyebabnya, oleh karena itu kali ini kita akan membahasnya.

Apa Itu Home Credit Bayar Nanti?

Home Credit merupakan sebuah aplikasi yang bisa kamu gunakan pada 19,3 juta merchant menggunakan pembayaran pembayaran QRIS dan juga Utilitas pada aplikasi. Sedangkan Home Credit Bayar Nanti ini akan melayani berbagai kebutuhan dengan metode beli sekarang bayar nanti.

Hal tersebut akan memungkinkan para pelanggan bisa belanja harian dengan limit yang sudah tersedia setiap saat pada aplikasi My Home Credit.

Semua proses pendaftarannya sendiri berbasis aplikasi digital 100%, kemudian tanpa uang mukan, tidak membutuhkan dokumen tambahan dan hanya dengan beberapa klik saja kamu bisa menyelesaikan pendaftaran.

Faktor Home Credit Bayar Nanti Tidak Bisa Digunakan

Kendala dalam menggunakan Home Credit memang bermacam-macam, oleh karena itu jika kamu ingin mengatasinya, pastikan tahu apa penyebabnya terlebih dulu. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan solusi yang tepat. Berikut adalah beberapa penyebab dari Home Credit yang tidak bisa kamu gunakan:

1. Sedang Ada Gangguan Sistem

Jika layanan tidak bisa kamu gunakan, bisa jadi salah satu penyebab dari kendala tersebut adalah adanya gangguan sistem. Terkadang terjadinya gangguan sistem tersebut saat ada perbaikan. Oleh karena itu, kamu bisa mencobanya kembali setelah beberapa saat.

2. Karena Lupa PIN

Selain karena adanya gangguan sistem, terkadang masalah tersebut juga bisa karena kamu lupa PIN. Kamu harus memasukkan PIN ketika ingin melakukan transaksi dengan layanan tersebut. Oleh karena itu, kamu harus selalu mengingat PIN kamu.

3. Merchant yang Belum Kerjasama Dengan Home Credit

Untuk kamu yang ingin belanja tapi tidak bisa menggunakan paylater bisa jadi merchant tersebut belum bisa menerima pembayaran menggunakan Home Credit. Oleh karena itu, sebelum kamu belanja online ataupun offline sebaiknya melakukan konfirmasi lebih dulu.

4. Tidak Cukup Saldo Limit

Kamu tidak perlu panik ketika Home Credit tidak bisa kamu gunakan, karena bisa jadi karena jumlah saldo yang ada pada Home Credit tersebut tidak cukup dengan barang yang ingin kamu beli. Oleh karena itu sebelum membeli pastikan kamu memeriksa nominal limitnya terlebih dulu.

5. Masih Menunggak Cicilan

Layanan bisa mengalami kendala pada saat akan kamu gunakan kembali jika penggunanya masih menunggak pembayaran. Jika melebihi tanggal jatuh tempo, biasanya untuk limit akan tertangguhkan dan terkena denda pembayaran.

6. Belum Update Aplikasi

Jika terjadi gangguan ketika ingin menggunakan fitur baya nanti dari Home Credit, bisa juga karena kamu belum mengupdate aplikasi. Agar layanan lancar ketika kamu gunakan, ada baiknya jika kamu mengupdate aplikasi Home Credit Tersebut.

Cara Atasi Home Credit Bayar Nanti Tak Bisa Digunakan

Jika kamu sudah tahu apa saja penyebab dari Home Credit Bayar Nanti tidak bisa digunakan, tentunya kamu bisa lanjut untuk tahu bagaimana cara mengatasinya. Untuk solusinya sendiri tentu saja perlu sesuai dengan penyebabnya, ini solusinya:

  • Kamu bisa mencoba untuk mengatur PIN Transaksi dari Home Credit Bayar Nanti terlebih dulu jika memang masalahnya ada pada PIN yang belum kamu atur.
  • Kemudian kamu juga bisa mengusahakan untuk mencari lokasi dari merchant ataupun took yang sudah terdapat scan QRIS.
  • Pastikan untuk mengecek kembali kesalahan dari dokumen yang kamu masukkan, misalnya nama, alamat dan yang lainnya pada akun Home Credit Bayar Nanti. Kemudian segera perbaiki ataupun melengkapi kekurangan datanya.
  • Lakukan pelunasan pada semua tunggakan pada kontrak Home Credit yang lainnya, baik itu untuk layanan modal usaha, kemudian cicilan tanpa kartu kredit dan yang lainnya.
  • Usahakan untuk melakukan transaksi pembelian dengan nominal di atas Rp 10.000,-.
  • Yang tak kalah penting adalah pastikan koneksi internet yang kamu gunakan stabil dan juga lancar.

Jika memang beberapa cara tersebut belum dapat mengatasi permasalahan tersebut, sebaiknya kamu menghubungi Call Center Home Credit pada nomor 021-29539600 atau juga bisa mengirimkan email ke alamat care@homecredit.co.id.

Cara Bayar Tagihan Home Credit Bayar Nanti

Salah satu penyebab mengapa Home Credit Bayar Nanti tidak bisa kamu gunakan adalah adanya tunggakan dalam pembayaran tagihannya. Oleh karena itu, kamu perlu membayarkan tagihan tersebut. Tak perlu bingung karena untuk cara pembayarannya cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Untuk hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka aplikasi My Home Credit kemudian klik pada menu Home Credit Bayar Nanti yang ada pada sebelah kanan atas.
  • Kemudian kamu bisa langsung klik opsi Bayar Tagihan untuk bisa melihat berapa jumlah tagihan pada bulan ini.
  • Pilih metode pembayarannya yang kamu inginkan, kemudian langsung saja klik Bayar Sekarang.
  • Untuk batas waktu pembayaran nantinya akan kamu dapatkan, kamu bisa menunggu sampai muncul pemberitahuan atau notifikasi jika pembayaran sudah berhasil.
  • Selesai, kamu bisa kembali menggunakan limit Home Credit Bayar Nanti untuk berbelanja berbagai kebutuhan lagi.

Demikian, beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Home Credit Bayar Nanti tidak bisa digunakan, mulai dari penyebab sampai solusinya. Oleh karena itu, ketika kamu menggunakan aplikasi ini pastikan kamu sudah siap untuk melunasi semua tagihan agar limitnya bisa kamu gunakan kembali.

FAQ | Pertanyaan Tentang Home Credit Bayar Nanti Tidak Bisa Digunakan

Kenapa harus bayar tagihan Home Credit Bayar Nanti tepat waktu?

Tentunya agar tidak terkena denda keterlambatan karena jika terlambat membayar akan terkena denda.

Berapa jumlah denda keterlambatan bayar Home Credit?

Untuk nominalnya sendiri tergantung dari masing-masing tempo saat kamu mengajukan pinjaman. Yaitu mulai dari Rp 10.000,- sampai Rp 90.000,-.

Saya ada seorang guru yang nyambi jadi penulis lepas. Blog ini adalah salah satu tempat terbaik saya untuk berbagi informasi dunia bisnis yang saya sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik: